Termasuk Natxo Insa, Timnas Malaysia Panggil Banyak Pemain Naturalisasi di FIFA Matchday

"Naturalisasi sedang jadi tren di banyak negara."

Analisis | 10 June 2023, 00:33
Termasuk Natxo Insa, Timnas Malaysia Panggil Banyak Pemain Naturalisasi di FIFA Matchday

Libero.id - Pemain naturalisasi sedang menjadi tren di banyak negara. Selain Indonesia, timnas ASEAN lain yang cukup rajin menaturalisasi pemain asing maupun pemain keturunan adalah timnas Malaysia. Buktinya, pada FIFA Matchday edisi Juni 2023, Harimau Malaya diperkuat banyak pemain naturalisasi. Salah satunya Natxo Insa.

Kim Pan-gon telah mengumumkan daftar 27 pemain Malaysia untuk mengikuti pemusatan latihan di Kuala Terengganu sejak Sabtu (10/6/2023).

TC itu untuk dua pertandingan internasional melawan Kepulauan Salomon, Rabu (14/6/2023), dan Papua Nugini, Selasa (20/6/2023). Semua pertandingan diselanggaran di luar Kuala Lumpur, Shah Alam, atau Johor. Laga berlangsung di Stadion Sultan Mizan Zainal Abidin, Terengganu.

Berdasarkan daftar yang dirilis, Kim Pan-gon mempertahankan total 17 dari 27 pemain yang dipanggil di pemusatan latihan sebelumnya di Johor pada FIFA Matchday edisi Maret 2023. mayoritas yang dipanggil memiliki status naturalisasi atau keturunan yang memilih darah Malaysia, tapi lahir di luar negeri.

Dalam barisan ini ada Natxo Insa. Pemain naturalisasi asal Spanyol itu pernah bermain untuk sejumlag klub La Liga seperti Valencia, Real Zaragoza, dan Villareal. Ini adalah pemanggilan kedua setelah debutnya pada 22 Maret 2018 dalam pertandingan melawan Mongolia dalam usia 31 tahun.

Selain Natxo Insa, ada nama-nama lainnya yang juga berstatus naturalisasi. Sebut saja Junior Eldstal, Matthew Davies, Daniel Ting, Dominic Tan, La'Vere Corbin-Ong, Stuart Wilkin, Nooa Laine, Lee Tuck, Paulo Josue, serta Endrick.

Tapi, tidak semua pemain naturalisasi dipanggil Kim Pan-gon untuk FIFA Matchday melawan Kepulauan Solomon dan Papua Nugini. Nama-nama seperti Dion Cools, Quentin Cheng, Declan Lambert, Daid Rowley, Brendan Gan, Mohamadou Sumareh, Ezequiel Aguero, atau Darren Lok tidak masuk skuad.
 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network