5 Tim Sepakbola Korban Lemparan ke Dalam Pratama Arhan dalam Setahun Terakhir

"Ada klub. Tapi, mayoritas negara."

Feature | 10 June 2023, 05:15
5 Tim Sepakbola Korban Lemparan ke Dalam Pratama Arhan dalam Setahun Terakhir

Libero.id - Pratama Arhan menjadi salah satu pemain penting timnas Indonesia yang sangat diunggulkan. Kemampuan lemparan ke dalam gokil membuat pemain muda Tokyo Verdy selalu jadi tumpuan saat deadlock. Terbukti, sudah banyak tim sepakbola yang jadi korban lemparannya.

Pekan depan, pasukan Garuda memiliki agenda FIFA Matchday. Ada dua pertandingan internasional dijalani, melawan timnas Palestina dan timnas Argentina.

Ada banyak hal yang ditunggu dari pertandingan tersebut. Salah satunya keinginan melihat Pratama Arhan menciptakan assist lemparan ke dalam gokil. Pasalnya, di sepakbola internasional, tidak terdapat banyak pemain yang memiliki kemampuan melempar bola ala Rory Delap itu.

Kemampuan Pratama Arhan tak jarang membuahkan hasil manis. Gol kerap terjadi. Lemparan ke dalam Pratama Arhan sering menjadi pemecah kebuntuan tim. Contohnya, 5 pertandingan dalam setahin terakhir ini:

1. Timor Leste (FIFA Matchday)

Tempat di awal Tahun Baru 2022, Timor Leste jadi korban lemparan ke dalam Pratama Arhan. Itu terjadi pada FIFA Matchday edisi Januari 2022. Saat itu, Indonesia menang 4-1. Pratama Arhan turut mencetak gol. Tapi, dia juga memberi assist lemparan ke dalam untuk gol sundulan Fachrudin Aryanto.

2. Filipina (Piala AFF 2022)

Pada pertandingan di babak penyisihan Grup Grup A Piala AFF 2022, Indonesia menghadapi Filipina. Ketika itu, Pratama Arhan melakukan lemparan ke dalam yang mengarah tepat kepada Dendy Sulistyawan. Penyerang Bhayangkara FC itu menerima umpan manis, dan langsung mengonversinya menjadi gol.

Kemenangan 2-1 yang didapatkan membuat Indonesia melaju ke semifinal. Tapi, pada babak 4 besar, pasukan Garuda disingkirkan Vietnam asuhan Park Hang-seo.

3. Curacao (FIFA Matchday)

Pada September 2022, Indonesia menggelar pertandingan uji coba internasional dalam bendera FIFA melawan tim peringkat 88 FIFA, Curacao. Pada laga itu, Pratama Arhan melakukan lemparan ke dalam yang berhasil disundul Fachruddin Aryanto pada menit 22 untuk membawa Indonesia unggul 2-1.

Tidak tanggung-tanggung, Pratama Arhan juga memberikan assist dengan kaki. Dia melepaskan umpan mendatar yang dikonversi gol oleh Dimas Drajad. Timnas Indonesia menang 3-2.

4. Vietnam U-22 (SEA Games 2023)

Sebelum mendapatkan kartu merah di semifinal SEA Games 2023, Pratama Arhan membuat banyak orang berdecak kagum. Pertama, dia melepaskan lemparan ke dalam yang membuat Komang Teguh Trisnanda dengan mudah menjebol jala Vietnam melalui tandukan.

Lalu, lemparan ke dalam Pratama Arhan juga mampu membuat bola memantul ke luar kotak penalti Vietnam yang selanjutnya diselesaikan dengan tendangan keras Marselino Ferdinan. Bola sepakan keras pemain KMSK Deinze itu sempat berbelok arah setelah mengenai kaki Muhammad Ferarri.

5. Thespakusatsu Gunma (Emperors Cup 2023)

Thespakusatsu Gunma menjadi korban pertama Pratama Arhan di Jepang. Dalam pertandingan Putaran II Emperors Cup 2023, lemparan ke dalam Pratama Arhan membuat salah satu pemain Thespakusatsu Gunma terpaksa menyundul bola ke gawangnya sendiri.

Gol bunuh diri pada menit 83 itu menjadikan Tokyo Verdy menang skor 2-1, dan lolos ke putaran berikutnya.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network