Tak Mau Disaingi Indonesia? Timnas Vietnam juga Tantang Argentina di Uji coba

"Salah satu rival ASEAN yang selalu ingin di depan."

Feature | 14 June 2023, 14:31
Tak Mau Disaingi Indonesia? Timnas Vietnam juga Tantang Argentina di Uji coba

Libero.id - Pertandingan uji coba internasional dalam agenda FIFA yang digelar timnas Indonesiabulan ini tampaknya membuat Vietnam merasa tersaingi. Buktinya, pada saat yang hampir bersamaan, Asosiasi Sepakbola Vietnam (VFF) juga menantang timnas Argentina bertanding. Kok, bisa?

FIFA Matchday yang mempertemukan Indonesia dengan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023) malam.

Berita kedatangan La Albiceleste yang dibumbui sejumlah gimmick benar-benar membuat momen ini menjadi kosumsi global. Ini menjadikan beberapa Asosiasi Sepakbola tetangga PSSI pusing menjawab pertanyaan dari pers dan pendukung setempat terkait mengapa langkah Indonesia tidak ditiru.

Contohnya, di Malaysia. Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) sampai harus mengaku menolak ajakan uji coba Brasil dan Argentina dengan alasan Kim Pan-gon tidak berkenan. Penolakan itu sempat viral di media sosial Indonesia, dan dianggap banyak netizen +62 sebagai omong kosong.

Bukan hanya Malaysia, petinggi VFF juga mendapatkan pertanyaan yang sama dari pendukung timnas Vietnam. Bedanya, VFF tidak melakukan pembelaan diri yang terkesan mengada-ada.

Entah kebetulan atau memang sudah direncanalan lama, VFF ternyata juga menantang timnas Argentina bertanding. Tidak tanggung-tanggung, dua pertandingan berlangsung di Buenos Aires, Sabtu (10/6/2023), dan Rosario, Rabu (14/6/2023). Itu artinya bertepatan dengan FIFA Matchday edisi Juni 2023.

Kok, bisa? Bagaimana mungkin ada dua timnas yang sama bertanding di dua negara berbeda dalam waktu bersamaan? Ternyata, pertandingan ujicoba internasional yang dijalani Vietnam dengan Argentina adalah timnas futsal.

Timnas futsal Vietnam saat ini dilatih pria Argentina, Diego Giustozzi, dan dibantu asisten pelatih, Gulilzia Nicolas Gustavo. Sejak awal bulan ini, salah satu rival kuat timnas futsal Indonesia dan Thailand itu memang menggelar pemusatan latihan di Negeri Tango.

Sebelum dua kali bertemu Argentina, Vietnam melawan timnas futsal Paraguay tiga kali. Hasilnya, kalah 2-3 dan 0-2, serta imbang 4-4. Hasil minor itu didapatkan setelah Vietnam mengalahkan timnas futsal Kepulauan Solomon dua kali di Ho Chi Minh City pada 25 dan 26 Mei 2023. Hasilnya, Vietnam menang 5-0.

Lalu, bagaimana hasil melawan Argentina? Level Vietnam memang jauh di belakang tuan rumah. Pada pertandingan pertama, mereka menyerah 1-4. Kemudian, di pertarungan kedua kalah 0-3.

Setelah ini, Vietnam akan pulang ke kampung halaman. Tapi, pelatih mereka, Diego Giustozzi, harus terus melakukan evaluasi karena Vietnam akan menjalani Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024 pada 2-3 Oktober 2023. Piala Asia Futsal 2024 sekaligus jadi ajang Kualifikasi Piala Dunia Futsal 2024.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network