10 Pemain dengan Nilai Kontrak Sepatu Termahal di Dunia

"Meskipun performanya menurun, Mario Balotelli menduduki peringkat kelima. Siapa paling tinggi? Salah, Messi, atau Cristiano Ronaldo? Bukan ketiganya!"

Feature | 23 September 2020, 09:16
10 Pemain dengan Nilai Kontrak Sepatu Termahal di Dunia

Libero.id - Sepakbola modern tidak saja menyajikan keindahan di atas lapangan hijau, dalam balutan industri para pemain sadar betul bahwa mereka adalah aktor, mereka adalah merk dagang, atau layaknya sebuah brand.

Karenanya, pendapatan seorang pesepakbola tidak saja bersumber dari gaji pokok, melainkan juga atas jalinan kerja sama sponsor, misal David Beckham diminta oleh produk pakaian dalam pria untuk menjadi brand ambassador, maka Beckham dalam banyak kesempatan tampil di depan media dengan menggunakan merk tersebut. Ia dibayar.

Lantas, siapa sajakah pemain dengan nilai kontrak tertinggi untuk urusan sponsor sepatu mereka, situs The Sun telah menerbitkan daftar pemain itu, dan Neymar keluar sebagai pemain dengan nilai kontrak termahal, menyusul kesepakatan dengan brand Puma. Bagaimana dengan 9 pemain lainnya, mari kita lihat lebih dekat :

10. Mohamed Salah, Liverpool |  2,5 juta pounds (Rp 47 miliar)

Libero.id

Kredit: instagram.com/mosalah

Mohamed Salah, punggawa Liverpool ini dijuluki sebagai 'Raja Mesir', dengan sebutannya itu, Salah dapat dikatakan sebagai salah satu pemain sepakbola paling populer saat ini, dan tentu saja karena itu mengundang sponsor berdatangan.
Mohamed Salah disponsori oleh Adidas dan ia mengantongi  2,5 juta pounds per tahun karena mengenakan sepatu bola tipe X18 dari perusahaan yang berkantor di

9. Marco Verratti, PSG | 2.5 juta pounds

Ini mungkin agak mengejutkan, urutan 9 dalam daftar ini adalah milik gelandang Paris Saint-Germain, Marco Verratti, ia menghasilkan 2,5 juta pounds selama 1 tahun dari kesepakatannya dengan Nike.

Pesepakbola Italia ini disebut sebagai salah satu master di lini tengah. Dalam daftar dia berada di tangga 9.

Sebelumnya ia adalah bagian dari Puma tetapi Verratti mulai dikontrak dan beralih   ke Nike pada tahun 2017, bahkan ia menandatangani kontrak untuk 10 tahun mendatang.

8. Paul Pogba: Man Utd |  3 juta pounds (Rp 56 miliar)

Nama Paul Pogba tidak dapat disangkal lagi. Pesepakbola 25 tahun yang membawa Prancis juara dunia pada 2018 ini sangat cocok dengan pangsa pasar apparel olahraga, dan Adidas membayar gelandang Manchester United itu sebesar 3 juta pounds setiap tahunnya.

Pogba mengenakan sepatu Adidas tipe Predator keluaran terbaru. Pogba bahkan telah bermitra dengan Adidas semenjak lama, pada tahun 2024 nanti terhitung 10 tahun.

7. Antoine Griezmann, Barcelona | 3,5 juta pounds

Libero.id

Kredit: instagram.com/antogriezmann

Pada tahun 2015, Puma mengambil keputusan yang tepat untuk 'mengikat' Antoine Griezmann dengan kontrak jangka panjang baru. Tak lama berselang Griezmann menjadi bintang global bersama Atletico Madrid, sebelum akhirnya ia memenangkan Piala Dunia bersama Prancis dan menuntaskan kepindahan 108 juta pounds ke Barcelona pada 2019.

Brand asal Amerika ini bahkan sempat  merilis sepatu edisi terbatas tipe Future 4.1 NETFIT Grizi, dengan harga 229 juta pounds untuk merayakan ulang tahun 10 Griezmann bersama Puma

6. Gareth Bale, Tottenham |  4 juta pounds

Gareth Bale baru saja kembali ke Tottenham, meski dengan status pinjaman selama satu musim dari Real Madrid, menurut laporan pesepakbola Perancis itu menghasilkan  600.000 pounds per pekan dari gajinya sebagai pesepakbola profesional.

Selain itu, Adidas membayar kontrak Bale sebesar 4 juta pounds per tahun untuk mengenakan sepatu dengan 3 garis dan corak nya yang khas, dan Adidas tentu saja berharap Bale dapat menemukan kembali bentuk dan kepercayaan dirinya bersama Spurs, setidaknya dalam beberapa bulan mendatang.

5. Mario Balotelli, Brescia |  5 juta pounds (Rp 94 miliar)

Libero.id

Mario Balotelli

Puma mungkin mengira mereka akan meraup keuntungan dari kerjasama produk dengan Mario Balotelli, pasalnya ketika Puma mengaet Balotteli pada tahun 2015 untuk jangka kontrak 10 tahun, si bengal itu tengah gemilang-gemilang nya.

Sayangnya, reputasi Balotelli menurun drastis dalam beberapa musim terakhir. Dia tidak lagi dianggap sebagai salah satu penyerang paling berbakat di Eropa.
Dan sekarang Balotelli justru berseragam tim Serie B yakni Brescia, sementara itu Balotelli masih memiliki 4 tahun tersisa untuk menjalankan kontraknya dengan Puma senilai 5 juta pounds per tahunnya.

4. Kylian Mbappe, PSG |  14 juta pounds

Nama berikutnya ialah Kylian Mbappe, punggawa timnas Prancis yang bermain untuk Paris Saint-Germain ini menghasilkan 14 juta pounds dalam setahun. Itulah angka yang didapat penyerang kelas dunia ini dengan Nike sebagai aparel tetap.

3. Cristiano Ronaldo, Juventus | 15 juta pounds (Rp 282 miliar)

Libero.id

Kredit: instagram.com/cristiano

Untuk saat ini Cristiano Ronaldo masih menjadi brand ambassador andalan Nike, belum ada atlet lain yang menggeser pamor juru gedor Juventus ini. Ronaldo mengantongi pendapatan yang menggiurkan yakni 15 juta pounds setiap tahunnya. Tak sampai disitu, bahkan Ronaldo dikontrak oleh Nike seumur hidup, ia jadi atlet ke-tiga setelah Michael Jordan dan James LeBron.

2. Lionel Messi, Barcelona |  18 juta pounds

Bisa dibilang pria Argentina 33 tahun ini merupakan pesepakbola terhebat sepanjang masa, sama dengan Ronaldo,  Lionel Messi ternyata juga memiliki kontrak seumur hidup dengan sponsor Adidas, kesepakatan itu ia tandatangani pada tahun 2017. Bahkan pemenang 6 kali Ballon d'Or ini adalah satu-satunya pemain yang diberi sub-merek sepatu Adidas khusus dengan lebel nama Adidas Messi.

1. Neymar, PSG | 23 juta pounds (Rp 433 miliar)

Libero.id

Kredit: instagram.com/neymarjrsiteofficial

Walau nama Messi dan Ronaldo mentereng, tetapi Neymar-lah yang sekarang duduk di puncak daftar ini, setelah menandatangani kontrak dengan Pumansenilai 23 juta pounds pertahun. Ini adalah kontrak sponsor olahraga individu terbesar dalam sejarah. Puma berharap lebih pada Neymar, agar kelak ia bisa muncul sebagai pemain terbaik dunia begitu karier Messi dan Ronaldo mulai menurun.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network