Kisah Roman Abramovich Memiliki Saham Atas Pemain yang Jadi Lawan Chelsea

"Jelas itu dilarang. Bagaimana kalau pemilik Chelsea itu mendekati si pemain agar mengalah saat lawan Chelsea."

Berita | 23 September 2020, 11:42
Kisah Roman Abramovich Memiliki Saham Atas Pemain yang Jadi Lawan Chelsea

Libero.id - Isu tak sedap tengah menerpa Chelsea. Bukan karena catatan buruk The Blues ketika kalah 0-2 atas Liverpool di awal musim 2020/2021 ini, melainkan karena pemilik saham terbesar klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu tersandung kasus. Roman Abramovich dikabarkan memiliki 'investasi rahasia' pada pemain lain di luar The Blues.

Hal tersebut berdasarkan laporan dari BBC internasional yang mengatakan bahwa miliarder 53 tahun asal  Rusia itu memegang hak ketiga atas seorang pemain melalui salah satu perusahaannya yang berkantor di Kepulauan Virgin, Inggris.

Pemain yang dimaksud adalah winger asal Peru yakni Andre Carrillo, ia kini memperkuat Al-Hillal FC dan Carillo pernah tampil berhadapan dengan Chelsea saat membela Sporting Lisbon di kompetisi Eropa pada tahun 2014 yang lalu.

Informasi tersebut berasal dari kebocoran dokumen FinCEN sebuah jaringan penegakan kejahatan keuangan di Amerika Serikat, dan telah dilihat serta dikonfirmasi langsung oleh BBC Panorama. Media investigasi itu mengungkapkan Abramovich berada di balik perusahaan cangkang bernama Leiston Holdings.

Abrahamovich, Leiston, Carilllo, dan Hal Terlarang

Keberadaan perusahaan bernama Leiston itu memungkinkan investor untuk membeli atau mengakuisisi sebagian dari nilai transfer masa depan pesepak bola dari klub mana saja yang kekurangan uang. Dan Ini merupakan praktik yang telah dilarang di Liga Premier sejak tahun 2008, dan cakupan larangannya baru diperluas secara internasional pada 5 tahun yang silam atau tepatnya 2015.

Pangkal masalahnya ada pada perusahaan yang dipimpin Abrahamovich, Leiston, dimana mereka mengambil saham pada pesepak bola luar negeri melalui kepemilikan pihak ketiga (TPO).

Mantan pemain Sporting CP, Andre Carrillo, menjadi salah satu pemain yang terlibat di dalamnya, dan hal inilah yang jadi persoalan lanjutan ketika Chelsea yang dimiliki Roman Abramovich berjumpa klub yang terlibat dengan perusahaan Leiston.

Pada tahun  2011, Leiston Holdings mendapat sekitar 50% atas 'hak ekonomi' Andre Carrillo, itu dikarenakan mereka meminjamkan dana 1 juta euro kepada Sporting  untuk membantu memboyong Andre Carrillo dari klub Peru, Alianza Lima. Ringkasnya, rekening mantan klub yang 'membesarkan' nama Cristiano Ronaldo itu menunjukkan bahwa mereka berutang sebanyak 2,6 juta euro kepada perusahaan Leiston selama tahun 2014-2015.

Dalih Pihak Roman Abrahamovich

Kasus yang agak mirip untuk menggambarkan kejadian diatas ialah ketika mantan pelatih Inggris, Sam Allardyce pernah dipecat sebagai manajer Three Lions hanya setelah melalui satu pertandingan pada tahun 2016, karena ia tertangkap dalam video sedang menawarkan nasihat tentang cara menyiasati larangan transfer.

Mantan presiden UEFA Michel Platini mengatakan kepemilikan pihak ketiga sebagai 'perbudakan modern'. Bahkan, mantan Ketua FA, Lord Triesman mengatakan praktik ini 'haram' dan harus segera diusut.

"Saya rasa ini tidak pantas bagi pemilik sebuah klub sepak bola untuk memiliki pemain di klub sepak bola lain, yang bukan miliknya. Dan itulah mengapa kepemilikan pihak ketiga dilarang, haram. Harus secepatnya diselidiki,” ucap Triesman kepada BBC Panorama.

Sementara itu, ada juga pihak yang menilai kasus ini tak perlu dilebih-lebihkan dan hal yang wajar belaka dalam sepakbola.

"Fakta bahwa transaksi itu mungkin dirahasiakan, tidak berarti bahwa itu melanggar aturan ataupun hukum dan regulasi yang berlaku," ujar juru bicara Abramovich.

"Sebab ini berhubungan dengan periode sebelumnya, dimana FIFA mengubah aturan tersebut. Fakta bahwa kami tidak mengetahui masalah ini menegaskan bahwa tidak ada kesalahan apapun, karena tidak ada tindakan yang diambil," tambahnya.

Adapun pihak Chelsea sendiri belum memberi komentar apapun terkait kasus yang menjerat bos mereka. Lantas, bagaimana ya keputusannya? Menarik untuk ditunggu.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network