Si Jalak Harupat Bisa Jadi Venue Pengganti Gelora Bung Karno di Piala Dunia U-17 2023

"Tak perlu pusing jika JIS kurang layak, Indonesia bukan hanya Jakarta."

Analisis | 01 July 2023, 06:37
Si Jalak Harupat Bisa Jadi Venue Pengganti Gelora Bung Karno di Piala Dunia U-17 2023

Libero.id - Kemungkinan batalnya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, menggelar Piala Dunia U-17 2023 karena konser Coldplay membuat PSSI dan pemerintah mempertimbangkan beberapa tempat. Selain Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat sebenarnya siap digunakan.

Stadion Si Jalak Harupat menjadi satu dari enam stadion calon penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 yang batal.

Stadion yang menjadi kandang Persib Bandung dan Persikab Kabupaten Bandung itu sudah menjalani perbaikan dan sempat dikunjungi FIFA. Stadion ini sempat mendapat catatan paling banyak ketika dalam masa pengecekan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Sebelum turnamen tersebut dipindah ke Argentina, Stadion Si Jalak Harupat semula memang ditunjuk sebagai salah satu vanue untuk pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Kini, seiring penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah pengganti Peru untuk Piala Dunia U-17 2023, stadion yang berlokasi di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ini sudah benar-benar selesai direnovasi. Stadion Si Jalak Harupat siap jika ditunjuk menjadi tempat pembukaan atau final Piala Dunia U-17 2023.

Stadion Si Jalak Harupat siap karena sejumlah kekurangan seperti kualitas rumput, area tribun, dan kondisi luar stadion yang masih tampak kumuh kini sudah selesai diperbaiki.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, menyebut renovasi itu dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Antara lain kualitas rumput lapangan, fasilitas stadion, hingga kursi penonton. Selain itu, ada beberapa pembenahan desain pagar stadion.

"Sudah selesai dan sudah diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Bandung untuk kesiapan menghadapi Piala Dunia U-17," ujar Dadang Supriatna, dilansir Antaranews.

Dadang Supriatna secara tersirat mengatakan kalau Stadion Si Jalak Harupat sudah pasti akan terpilih sebagai salah satu vanue Piala Dunia U-17 2023.  Bahkan, jika harus menggelar pembukaan atau penutupan Piala Dunia U-17, Stadion Si Jalak Harupat sangat siap.

"Jadwalnya sudah ada, dan masih dalam tahap penyelarasan. Nanti kalau sudah finalisasi akan disosialisasikan," kata Dadang Supriatna.

Jadi, daripada pusing-pusing memikirkan kelayakan JIS, ada baiknya PSSI melirik stadion lain di luar Jakarta. Sebab, dengan pengalaman Brasil di Piala Dunia U-17 2019, hanya ada 4 stadion yang digunakan. Itu juga bukan stadion Piala Dunia 2014 seperti Estadio Maracana atau Arena do Gremio

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network