Banyak Menggunakan Pemain Naturalisasi, Ini Sindiran Media Vietnam untuk Timnas Indonesia

"Bilang aja iri bos, kan kalau Vietnam mau tinggal naturalisasi aja wkwk"

Berita | 04 July 2023, 11:05
Banyak Menggunakan Pemain Naturalisasi, Ini Sindiran Media Vietnam untuk Timnas Indonesia

Libero.id - Timnas Indonesia saat ini diperkuat banyak pemain keturunan. Terbaru, publik Asia Tenggara menyindir Skuad Garuda akan menggunakan starting line up full pemain naturalisasi di Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, PSSI dalam beberapa tahun terakhir kembali aktif melakukan naturalisasi pemain. Kebijakan itu dijalankan sebagai solusi jangka pendek untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Namun demikian, kebijakan naturalisasi kali ini terlihat berbeda dari yang sebelumnya. Naturalisasi pemain hanya ditujukan untuk kepentingan Timnas Indonesia. Tentunya, pemain yang akan dinaturalisasi merupakan rekomendasi langsung pelatih Shin Tae-yong.

Secara khusus, STY menginginkan pemain yang dinaturalisasi memiliki darah keturunan Indonesia dan memiliki kualitas di atas pemain lokal. Kini, sejumlah pemain keturunan di Eropa berhasil dinaturalisasi, seperti Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick.

Namun demikian, masih banyak pesepak bola bertalenta keturunan Indonesia di Eropa yang bisa dinaturalisasi. Terbaru, salah satu media Vietnam menyindir skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 akan full dengan 11 pemain naturalisasi.

“Bisakah Timnas Indonesia menggunakan 11 pemain naturalisasi dari Eropa untuk menghadapi Vietnam di Piala Asia 2023?” bunyi pernyataan dari Soha, Selasa (4/7/2023).

Lebih lanjut, media tersebut menjelaskan Emil Audero bisa saja bergabung ke Timnas Indonesia dan menempati posisi penjaga gawang utama. Selain itu, ada juga nama-nama pemain keturunan lain yang belum berstatus WNI, seperti Jay Idzes, Justin Mathieu, Thom Haye, hingga Ilias Alhaft.

Tentunya, starting line up full 11 pemain naturalisasi Eropa hanya imajinasi belaka. Faktanya, masih banyak pemain lokal kita yang juga bermain di luar negeri dan mampu bersaing di Timnas Indonesia, seperti Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, hingga Pratama Arhan.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network