Profil Alex Martins, Pemain Dewa United yang Bikin PSM Makassar Kalah di Kandang

"Striker berpengalaman di klub Asia. Siapa dia?"

Biografi | 08 July 2023, 18:01
Profil Alex Martins, Pemain Dewa United yang Bikin PSM Makassar Kalah di Kandang

Libero.id - Kejutan terjadi pada pekan kedua Liga 1 2023/2024. Juara bertahan PSM Makassar harus bertekuk lutut dari tim baru Dewa United pada pertandingan di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (8/7/2023). Juku Eja menyerah 1-2 lewat gol Alex Martins di menit 90+4. Siapa dia?

Sejak pindah ke Parepare karena tidak memiliki stadion di Makassar, PSM Makassar menjelma menjadi tim super. Secara mengejutkan, pasukan Bernardo Tavares menjuarai Liga 1 2022/2023 dengan keungulan poin signifikan dari Persija Jakarta.

Selain soliditas permain, salah satu kunci sukses PSM Makassar adalah hasil bagus di kandang. Musim lalu, mereka hanya kalah sekali dan imbang sekali dari 17 pertandingan di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare. Kekalahan datang dari Madura United dan imbang dengan Persija Jakarta.

Untuk musim ini, PSM Makassar mengawali Liga 1 dengan hasil kurang bagus. Setelah ditahan imbang Persija Jakarta 1-1, Juku Eja harus mengakui keunggulan Dewa United 1-2.

PSM Makassar mencetak gol terlebih dulu pada menit 19 melalui Kenzo Nambu setelah  menanduk umpan Yance Sayuri yang sempat ditepis Sonny Marciano. Dewa United baru menyamakan skor pada menit 48 melalui tandukan Dimitris Kolovos menyambar umpan manis Ady Setiawan.

Puncaknya, Dewa United berhasil mencuri gol kemenangan 2-1 pada menit 90+4 lewat tandukan Alex Martins memanfaatkan umpan cantik Nasir. Ini adalah gol perdana Alex Martins untuk Dewa United atau yang ke-12 di Liga Indonesia.

Alex Martins Ferreira datang ke Indonesia pada pertengahan musim lalu bersama Bhayangkara FC. Dari 13 pertandingan yang dijalani sepanjang Liga 1 2022/2023, penyerang berkebangsaan Brasil menorehkan 11 gol. Tentu saja, itu catatan yang luar biasa bagi pemain debutan.

Tapi, entah mengapa, kontrak Alex Martins dengan The Guardian tidak dilanjutkan. Jadi, dirinya memilih menyeberang ke Dewa United.

Lahir 8 Juli 1993, Alex Martins sudah kenyang pengalaman bermain di banyak kompetisi Asia maupun Brasil. Klub pertamanya di Asia adalah Shonan Bellmare di J2 League 2012. Di sana, dia hanya bertahan setahun sebelum kembali ke Negeri Samba untuk membela klub-klub kecil seperti Roma, Brasilia, dan Rio Verde.

Kemudian, tawaran bermain di Jepang kembali datang. Alex Martins pergi ke Fukushima United, Kagoshima United, dan Tochigi SC sebelum menyeberang ke China membela Shanghai Shenxin. Berikutnya, Jeonnam Dragons di Korea Selatan dan kembali ke China dengan Shanghai Jiading Huilong.

Dari Asia Timur, Alex Martins mendarat di Asia Tenggara memperkuat Bhayangkara FC pada paruh kedua Liga 1 2022/2023 dan Dewa United pada Liga 1 2023/2024.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network