Dahsyat! Liga 1 Indonesia Termahal di Asean, Kalahkan Thai League 1 dan Liga Super Malaysia

"Liga Vietnam minggir dulu"

Berita | 11 July 2023, 20:41
Dahsyat! Liga 1 Indonesia Termahal di Asean, Kalahkan Thai League 1 dan Liga Super Malaysia

Libero.id - Liga 1 Indonesiadisebut sebagai kompetisi sepak bola termahal di kawasan ASEAN alias Asia Tenggara. Pertanyaannya kini adalah, mahal seperti apa yang dimaksud? Lalu jika benar yang termahal apakah hal tersebut benar adanya atau cuma sekedar isapan jempol belaka?

Usut punya itu hal itu benar adanya. Bukan klaim sepihak yang tak punya validitas. Hal ini dibuktikan lewat data dari Transfermarkt, platform  sepak bola yang mengkhususkan pada statistik, transfer, kontrak, nilai jual pemain, klub hingga kompetisi sepak bola hampir seluruh dunia.

Kompetisi Liga 1 Indonesia sejauh ini memiliki nilai pasar 75,99 juta euro atau Sekitar Rp1,26 triliun. Hal itu berdasarkan nilai jual 18 klub Liga 1 saat ini, dengan Persib Bandung sebagai klub yang termahal dengan banderol 5,83 juta euro atau sekitar RPp 106 milliar.


Jumlah total itu mengungguli Thai League 1 yang merupakan kompetisi kasta tertinggi Liga Thailand, di mana nilai pasarnya mencapai 73 juta euro atau sekitar Rp1,21 triliun. Klub Buriram United menjadi klub termahal Thai League 1 dengan nilai jual 10,50 juta euro atau sekitar Rp 174 milliar.

Sementara itu diurutan ketiga ada Liga Super Malaysia  yang  ditaksir memiliki nilai jual 53,74 juta euro atau setara Rp898 miliar.

Klub termahalnya adalah Johor Darul Ta'zim. Klub elite yang diperkuat oleh bek Timnas Indonesia Jordi Amat itu ditaksir dengan nilai 8,90 juta euro atau sekitar.

Semoga saja fakta menarik ini dibarengi dengan prestasi Timnas Indonesia baik di level Asia Tenggara ataupun Asia.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network