Intip 5 Pemain dengan Klausul Rilis Tertinggi, Nomor 1 Bukan Messi

"Klausul pelepasan dipasang klub sebagai upaya untuk memagari pemain terbaiknya dari daya tawar yang murah."

Feature | 26 September 2020, 03:57
Intip 5 Pemain dengan Klausul Rilis Tertinggi, Nomor 1 Bukan Messi

Libero.id - Beberapa tahun terkahir, klausul rilis yang berkenaan dengan pelepasan atau pembelian pemain jadi sesuatu yang lazim dalam dunia sepakbola.

Angka klausul rilis biasanya lebih tinggi ketimbang nilai jual pemain di bursa transfer. Hal itu dilakukan klub sebagai upaya untuk memagari pemain terbaiknya dari daya tawar yang murah dan sekaligus untuk mencegah pemain pindah sebelum kontraknya selesai.

Sementara di lain sisi, klausul rilis bisa dijadikan senjata jika sewaktu-waktu klub lain berhasrat untuk mendatangkan pemain, berapapun harga yang harus dibayar. Musim 2017, jadi tahun yang bersejah bagi dunia sepakbola, terutama Paris Saint-Germain, dengan berani raksasa Perancis itu menebus klausul rilis Neymar dari Barcelona yang nilainya mencapai 198 juta pounds.

Dan 2 tahun berselang, PSG mengaktifkan klausul pelepasan Neymar dengan nominal yang lebih besar yakni 222 juta euro untuk menjadikan megabintang Brazil itu sebagai pemain sepakbola termahal di dunia.

Di luar Neymar, di bawah ini adalah 5 besar pesepakbola dengan klausul rilis terbesar :

5. Lionel Messi:  592,5 juta pounds. (Rp 11,2 triliun)

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Messi bisa saja meninggalkan Barcelona di tahun-tahun mendatang, namun harga mahal yang dipatok Barcelona telah mencegah sang superstar pergi dari klub yang telah membesarkannya tersebut.

Klausul khusus dalam kontrak Messi memungkinkan megabintang Barcelona itu pergi secara gratis setiap jelang akhir musim, terhitung per tanggal 31 Mei. Tetapi kesepakatan itu rusak akibat jadwal liga yang berubah karena Pandemi Covid-19.

Pada akhirnya, kita tahu, Messi gagal pergi, meski Manchester City terlihat sangat berhasrat tentu saja klub Catalunya itu tidak akan membiarkan aset paling berharga mereka dicaplok seenaknya oleh klub lain.

Kontrak Messi akan berakhir pada musim depan, tetapi penerima 6 kali Ballon D'or itu, sebenarnya memiliki klausul rilis dengan besaran sekitar 592,5 juta pounds.

4. Brahim Diaz: 634,9 juta pounds (Rp 12 triliun)

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Awal musim 2019, Real Madrid memboyong salah satu talenta muda terbaik di Eropa dari Manchester City, ialah Brahim Diaz. Tetapi status itu agaknya membebani seorang Diaz.

Real Madrid telah memasukkan klausul pelepasan 634,9 juta pounds dalam kontrak Brahim Diaz. Dan itu terlihat sedikit berlebihan, mengingat Brahim Diaz belum membuktikan dirinya di 'panggung yang lebih besar', ia kalah cemerlang dari striker gaek, Karim Benzema.

Tapi karier Brahim Diaz masih panjang, Madrid yang terlanjur memasang klausul tinggi tampaknya harus sedikit bersabar, musim ini pemain timnas junior Spanyol keturunan Maroko itu dipinjamkan ke AC Milan.

Harapannya, sang bomber akan mendapatkan jam bermain lebih sering.
Kontrak Brahim Diaz sendiri dengan Real Madrid masih akan berlangsung hingga 2025, dan sudah pasti El Real suatu kelak menginginkan aset berharga mereka kembali ke Santiago Bernabeu.

3. Luka Modric: 634,9 juta pounds

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Kini usia Modric tidak muda lagi. Andalan timnas Kroasia itu sudah berumur 35 tahun, dan masa bermain Modric dianggap sudah lewat, sihir Playmaker Real Madrid mulai pudar karena dimakan usia.

Tetapi, Modric menyumpal kritik itu dengan cara memenangkan kategori pesepakbola terbaik sebagai, usai membawa Real Madrid juara Liga Champions dan timnas Kroasia jadi Runner-up piala dunia, Modric menyabet penghargaan Ballon d'Or 2018.

Hingga sekarang Modric masih prima bermain, musim lalu, ia tampil 40 kali di semua kompetisi untuk Real Modric jadi motor permainan Los Blancos. Ia mencetak 5 gol dan 6 assist, catatan yang masih layak diberi hormat untuk pemain seusianya.

Terlepas dari nilai klausul yang tinggi, kontrak Modric akan segera berakhir tahun depan, dan ia telah menyatakan keinginan untuk pensiun di Santiago Bernabeu, sebagai pemain Real Madrid.

2. Antoine Griezmann: 677,2 juta pounds

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Tampil impresif selama berseragam Atletico Madrid ditambah jadi pemain kunci ketika membawa Prancis juara Piala Dunia 2018, membuat Barcelona tergiur untuk mendatangkan Griezmann ke  Camp Nou.

Bahkan Barcelona rela merogoh kocek sebesar 108 juta poundsterling atau sekitar Rp. 2 triliun. Sayangnya, musim lalu performa Griezmann bersama Barcelona  tak segemilang ketika di bawah panji Los Rojiblancos.

Klausul yang tinggi dianggap tak sesuai, meski Griezmann sejauh ini telah mencetak 15 gol, namun itu dianggap masih belum cukup, ditambah lagi, Griezmann musim lalu gagal membantu Barcelona untuk memenangi trofi di semua pentas kompetisi.

Tapi, para Cules masih melihat cahaya di kaki Suarez, musim baru 2020/2021 ini, ia tampak lebih bergairah lewat pelatih baru Ronald Koeman, inilah saatnya momentum kebangkitan Griezmann.

1. Karim Benzema:  846,7 juta pounds (Rp 16 triliun)

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Saat ini, Karim Benzema bisa dibilang pemain paling berharga di Real Madrid dan hengkangnya Cristiano Ronaldo ke Juventus, ternyata menjadikan Karim Benzema sebagai juru teror mematikan untuk pertahanan lawan.

Rasanya, tak mengherankan Benzema diberi klausul rilis di luar nalar yakni mencapai 846,7 juta poundsterling atau setara dengan Rp 16 triliun.

Musim lalu, mantan penyerang Olympique Lyon itu sukses mencetak 21 gol dan 8 assists, itu cukup untuk sekedar membantu Los Merengues meraih gelar LaLiga Spanyol.

Pemain berusia 32 tahun itu telah bersama Real Madrid lebih dari satu dekade dan Benzema telah membuktikan diri sebagai salah satu pemain No. 9 paling kompeten di dunia selama periode penting itu.

Kontrak Benzema masih aktif hingga 2022, dan Real Madrid agaknya dipastikan akan tetap memperpanjang masa bakti Benzema. Tentu, tingginya klausal rilis Benzema bakal membuat pemain veteran ini tak akan jadi buruan utama klub-klub elit Eropa.

Lagi pula siapa yang mampu dan mau menebus 846 juta pounds. Lebih baik membangun kesebelasan baru.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network