Soal Regulasi Pemain Asing di Liga 1, Ini Pembelaan PT LIB: Agar Kualitas Pemain Lokal Meningkat

"Benarkah demikian? ?"

Berita | 21 July 2023, 10:20
Soal Regulasi Pemain Asing di Liga 1, Ini Pembelaan PT LIB: Agar Kualitas Pemain Lokal Meningkat

Libero.id - Kehadiran pemain asing kembali menjadi perbincangan di kompetisi sepak bola Indonesia. Kali ini pembahasan soal regulasi pemain asing hadir di kalangan Liga 2.

Belum lama Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) melayangkan surat kepada PSSI soal regulasi pemain asing di Liga 2 2023-2024.

Mereka meminta kepada PSSI agar mempertimbangkan soal aturan tersebut yang dirasa bakal mengancam pekerjaan pesepak bola Tanah Air.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama (Dirut) Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, menjelaskan sejumlah manfaat adanya pemain asing. Kehadiran penggawa dari mancanegara di dalam sebuah liga dinilai penting.

Kehadiran pemain asing justru diyakini bisa meningkatkan kinerja penggawa lokal. Para pemain lokal memiliki wadah untuk bertransformasi dengan baik dalam meningkatkan kualitas mereka di lapangan.

View this post on Instagram

A post shared by Pengamat Sepakbola (@pengamatsepakbola)

Terlebih para pemain asing memiliki pengalaman di berbagai kompetisi negara lainnya. Pengalaman-pengalaman inilah yang kemudian menjadi salah satu ilmu penting yang patut ditularkan kepada para pemain lokal.

Ferry juga berkaca pada kompetisi sepak bola di Inggris, Premier League, yang justru minim diisi oleh pemain lokal. Kehadiran pemain asing itu dilihat mampu meningkatkan kualitas liga mereka.

Terlepas dari itu, Ferry tetap terbuka untuk berdiskusi secara cerdas. Sementara ini regulasi pemain asing untuk Liga 2 2023-2024 tetap tidak berubah.

"Manfaat pemain asing untuk tingkatkan kinerja pemain lokal. Sehingga, pemain lokal yang ada bisa dapat transformasi yang baik dari pemain asing. Sebenarnya penggunaan pemain asing atau tidak itu bisa dibilang bukan debatebel," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

"Di inggris, pemain lokal 1-2 aja. Tapi karena liganya bagus, kompetisinya bagus, pemain asing mayoritas dari luar, negaranya maju. Mungkin saya enggak tau, PSSI yang bisa cari solusi terbaik. Saya pikir banyak diskusi cerdas yang bisa didapatkan," tukasnya.

Sekadar informasi, Liga 2 2023-2024 nantinya akan digelar pada September mendatang. Klub-klub Liga 2 punya jatah dua pemain asing yang terdiri dari satu pemain bebas dari mancanegara dan satu sisanya khusus dari Asia.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network