12 Debut Paling Mengesankan, Tak Cuma Luis Suarez di Atletico

"Paling keren Ronaldo. Mencetak gol setelah semenit masuk lapangan. Cek video."

Feature | 29 September 2020, 05:55
12 Debut Paling Mengesankan, Tak Cuma Luis Suarez di Atletico

Libero.id - Luis Suarez menikmati debut luar biasa untuk klub barunya Atletico Madrid. Dia mencetak 2 gol dan menyumbang 1 assist dalam kemenangan 6-1 atas Granada, pada Minggu (27/9/2020). Capaian itu makin terasa spesial, sebab Suarez melakukannya hanya dengan 20 menit waktu bermain.

Penampilan Suarez itu turut mengingatkan para penggemar sepakbola, pada pemain lain yang melakukan debut yang tak kalah hebat dengan klub baru mereka. Situs olahraga Givemesport telah merangkum 12 dari yang terbaik, siapa saja mereka, mari kita lihat:

1. Erling Haaland – Borrusia Dortmund

Libero.id

Kredit: bundesliga.com

Awal bulan Januari musim lalu, Erling Haaland menjadi bintang utama dalam sejumlah surat kabar olahraga dan pemberitaan online, itu terjadi karena ia mencetak hat-trick sensasional pada debutnya di Borussia Dortmund.

Striker asal Norwegia yang saat itu baru menginjak usia 19 tahun, menggemas 3 gol yang kelihatan nya mudah saja bagi seorang Haaland, ia masuk menggantikan dari bangku cadangan, hanya perlu waktu 23 menit dan Haaland membuat seisi stadion tercengang.

2. Wayne Rooney – Manchester United

Libero.id

Kredit: manutd.com

Pesepakbola lainnya yang mengawali debutnya dengan hat-trick adalah Wayne Rooney, penggemar sepakbola terutama Manchester United, pastinya bakal sulit untuk melupakan penampilan menakjubkan Rooney, pada laga  pertamanya berseragam Manchester United, The Reds Devils melawat ke kandang Fenerbache dalam ajang Liga Champions 2004.

Rooney, yang saat itu baru berusia 18 tahun, mencetak 3 gol indah dalam kemenangan 6-2. Dan kita tahu kisah berikutnya, Rooney jadi bintang, panutan, dan Legenda sepakbola Inggris untuk Manchester United

3. Cristiano Ronaldo – Manchester United

Libero.id

Kredit: manutd.com

Tahun 2003, pada sore yang cerah di bulan Agustus, Old Trafford dibuat makin terang ketika seorang pemuda asal Portugal menari-nari di atas lapangan hijau. Hari itu, dimana untuk pertama kalinya seorang Cristiano Ronaldo bermain di laga resmi bersama United dalam lanjutan Liga Primer melawan Bolton Wanderers.

Waktu itu, Cristiano Ronaldo memang tak mencatatkan namanya di papan skor, tapi penggemar United segera menyadari bahwa mereka punya seorang pemain yang, ia pekerja keras, stamina yang prima, olah bola di atas rata-rata, lari yang kencang, insting mencetak gol kelas satu, dan yang terpenting Cristiano Ronaldo bermain dengan hati.

4. Ronaldo Luis Nazario – Real Madrid

Kali ini Ronaldo yang lain, datang dari negeri samba, Brazil. Sebelum Cristiano Ronaldo datang, pemilik nama lengkap Ronaldo Luis Nazario Da lima lebih dulu menjadi idola di Santiago Bernabeu.

Ronaldo mencetak gol untuk Real Madrid hanya dalam waktu 61 detik setelah turun dari bangku cadangan melawan Alaves pada musim 2002/2003.

Ketika pertandingan usai, dan Ronaldo berjalan menuju ruang ganti untuk meninggalkan lapangan, ia diberi penghormatan oleh seisi stadion dengan tepuk tangan yang meriah.

5. Ronaldinho – Barcelona

Kali ini giliran rival Real Madrid yang unjuk kehebatan rekrutan barunya. Musim 2003 Barcelona yang baru mendatangkan Ronaldinho dari Paris Saint-Germain benar-benar dinaungi keajaiban di malam itu.

Ronaldinho menandai debut sekaligus era baru kejayaan Barcelona dengan mencetak gol kemenangan melawan Sevilla pada September 2003, punggawa timnas Brazil itu berlari dari 2/3 lapangan, melewati 2-3 pemain Sevilla, lalu melepaskan tendangan jarak jauh.

Gol Ronaldinho itu bahkan membuat Frank Rijkaard berjingkrak-jingkrak, mengangkat kepala tanda tercengang atas gol indah pemain yang baru saja ‘ditolak’ Real Madrid karena alasan wajah.

6. Shinji Kagawa – Besiktas

Libero.id

Kredit: instagram.com/sk23.10

Nama Shinji Kagawa melambung saat bersama raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund, gelandang serang asal Jepang itu kemudian melanjutkan karier sepakbolanya bersama Manchester United dan sempat kembali lagi ke Jerman, awal tahun 2019 ia bergabung dengan salah satu klub Liga Turki, Besiktas.

Saat melawan Antlyaspor pada Minggu (3/2/2019), Shinji Kagawa mencetak 2 gol untuk tim barunya itu. Istimewanya lagi, itu hanya dalam waktu 3 menit, Kagawa masuk sebagai pemain pengganti di menit 81. Ini semacam sinyal bahwa pesepakbola yang kini menginjak usia 30 tahun itu belum habis.

7. Anthony Martial – Manchester United

Libero.id

Kredit: manutd.com

Pada musim 2015 Anthony Martial mengukuhkan statusnya dalam cerita rakyat Manchester United, dimana seorang bocah yang masih sangat hijau dan bahkan dianggap remeh oleh Wayne Rooney mampu mencetak gol ketika melawan rival sengit Liverpool.

Martin Tyler, seorang komentator sepakbola ternama dari Sky Sports mengucapkan “ Welcome to Manchester United, Anthony Martial.” Tanda penghormatan untuk Martial, lain Martin lain Peter Drury,  komentator Bein Sports itu bahkan tak sungkan untuk menyebut Martial sebagai “pahlawan”, kepada laki-laki Prancis itu, Drury berujar. “Stretford end Hero on day one”.

Kedua komentator papan atas itu dibuat takjub oleh bocah 19 tahun, yang bahkan saat itu belum bisa berbahasa Inggris, Martial yang didatangkan Louis Van Gaal dari Olympique Lyon, membuat gol indah setelah sebelumnya mengecoh Martin Skrtel.  Musim itu, ia menggemas 17 gol dan 9 asist.


8. Pierre-Emerick Aubameyang – Borrusia Dortmund

Libero.id

Kredit: bvb.de

Sebelum bergabung dengan Arsenal, ketajaman Aubameyang memang telah teruji semenjak dulu. Pesepakbola dengan nama lengkap Pierre-Emerick Aubameyang ini mencetak hat-trick di laga debutnya bersama Borrusia Dortmund. Itu artinya, Auba adalah pemain ketiga dalam sejarah Bundesliga dan kompetisi papan atas Jerman,  yang mencetak hat-trick pada saat debut, ia melakukan itu pada Agustus 2013.

9. Zlatan Ibrahimovic – La Galaxy

Libero.id

Kredit: instagram.com/iamzlatanibrahimovic

Penyerang gaek Zlatan Ibrahimovic memang tak ada habisnya. Setelah membuat banyak hal-hal luar biasa dengan klub-klub elit Eropa, semisal Inter Milan, AC Milan, Manchester United, Ajax Amsterdam dan pada tahun 2018, King Ibra melanjutkan petualangan nya di Liga Amerika Serikat. Pemain Swedia yang karismatik itu mencetak gol indah dan membantu LA dalam kemenangan 4-3 melawan LAFC dalam derby Los Angeles. Gol itulah yang kemudian terpilih sebagai gol terbaik Major League Soccer musim 2018.

10. Sergio Aguero – Manchester City

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Sergio Aguero tercatat sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak di Liga Premier, ia hanya terpaut beberapa gol dari  Alan Shearer, Rooney dan Andy Cole.

Saat ini, pesepakbola 32 tahun andalan timnas Argentina itu telah mencetak sekitar 180 gol. Itu bukan hal baru dan bisa dimaklumi, mengingat saat baru pertama mendarat di Etihad Stadium, mantan pemain Atletico Madrid itu langsung mencetak 2 gol pada debutnya di Manchester City saat melawan Swansea City pada Agustus 2011.

11. Marcus Rashford – Manchester United

Libero.id

Kredit: manutd.com

Andai saja Martial tidak cedera dalam musim persiapan Manchester United saat  melawan Midtjylland pada tahun 2015, maka boleh jadi, dunia tak akan mengenal seorang Marcus Rashford lebih awal dan seperti sekarang.

Rashford mengambil dan tidak menyia-nyiakan kesempatan itu, dengan mencetak 2 gol dan selang beberapa hari kemudian juru gedor andalan Setan Merah itu menggemas 2 gol lagi saat melawan Arsenal.

12. Zinedine Zidane

Libero.id

Kredit: instagram.com/zidane

Khusus yang terakhir ini spesial, tidak debut di klub tetapi debut untuk negara, ketika itu, bertepatan dengan 17 Agustus 1994, dalam sebuah laga persahabatan melawan Republik Ceko, seorang pemuda Prancis keturunan Aljazair  yang baru berusia 22 tahun bernama Zinedine Zidane melakukan debutnya bersama timnas senior Prancis dan langsung mencetak gol meski datang dari bangku cadangan.

Pertandingan yang digelar di Stade Nouveau, Bordeaux itu menyelamatkan muka Perancis dari kekalahan, skor berakhir imbang dengan 2-2.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network