Menengok Pencapaian 10 Mahabintang di Usia 18 Tahun, Ansu Fati Menyusul?

"Seperti apa Pele, Maradona, Maldini, Totti, Raul, Messi, Neymar, Cristiano Ronaldo, Mbappe dan Ronaldo Nazario pada usia 18 tahun."

Feature | 30 September 2020, 03:28
Menengok Pencapaian 10 Mahabintang di Usia 18 Tahun, Ansu Fati Menyusul?

Libero.id - Bintang muda Barcelona Ansu Fati menciptakan berbagai rekor dahsyat pada usianya yang sedemkian muda. Dia diyakini bakal seperti deretan ikon sepak bola dari era sebelumnya yang juga tampil mengejutkan sebelum usia 18 tahun.

Pada usia 17 tahun Ansu Fati adalah pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions, tim nasional Spanyol. Sementara dia masih belum mencapai usia yang dibutuhkan di Spanyol untuk boleh mengendarai mobil dan memiliki hak pilih dalam politik.

Dia akan berusia 18 pada 31 Oktober, dan dia dipastikan akan menjadi salah satu nama utama di tim Ronald Koeman. Terutama setelah hasil yang mengesankan dalam pertandingan pembukaan.

MARCA melihat kembali sejarah sepak bola untuk melihat apa saja yang pernah dicapai mahabintang sepakbola pada usia sebelum 18 tahun.

1. Lionel Messi

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Ini perbandingan yang paling kentara, apalagi jika Anda menganggap keduanya sama-sama lulusan akademi La Masia. Banyak yang memperkirakan Ansu Fati akan menjadi orang yang mengambil alih kendali Messi di Barcelona, terutama setelah pemain Spanyol itu melakukan debutnya di usia yang lebih muda daripada pemain Argentina itu.

Nama Messi mulai mendapatkan daya tarik pada tahun 2005 ketika ia memenangkan Piala Dunia U-20 di Belanda, sementara pada tahun 2006 ia juga mengangkat trofi Liga Champions pertamanya. Apa yang terjadi selanjutnya adalah salah satu karier individu terbesar yang pernah dilihat di sepakbola, atau olahraga apa pun.

2. Cristiano Ronaldo

Ronaldo berada dalam generasi yang sama dengan Messi. Untuk saat ini, kegemilangan mereka akan segera berakhir. Pada usia 17 tahun, Cristiano Ronaldo dikontrak oleh Manchester United dengan nilai transfer 19 juta euro. Lulusan akademi Sporting itu menjadi tumpuan Sir Alex Ferguson pada saat dia  membangun kembali timnya untuk menantang kekuatan tim Chelsea yang dirakit dengan mahal oleh Roman Abramovich.

3. Kylian Mbappe

Libero.id

Kredit: instagram.com/k.mbappe

Mbappe adalah bintang terbaru yang muncul di sepak bola Eropa, disebut-sebut sebagai individu yang memimpin era setelah Messi dan Ronaldo. Selain Liga Champions, Mbappe telah memenangkan semua trofi, termasuk Piala Dunia.

Dia melakukan debut untuk Monaco pada usia 16, kemudian PSG mengontraknya seharga 180 juta euro tak lama setelah dia berusia 18 tahun. Dia adalah seorang yang luar biasa dan mengangkat Piala Dunia pada usia 19 tahun.

4. Neymar

Neymar kini sudah mencapai usia 28 tahun. Faktanya adalah bahwa dia tidak melompat ke sepak bola Eropa sampai dia berusia 21. Namun sebelumnya dia melakukan beberapa hal sensasional dengan Santos setelah melakukan debutnya pada usia 17.

Di musim senior pertamanya, dia mencetak 14 gol dan memenangkan Copa Libertadores ketika dia baru berusia 19 tahun, memainkan peran besar dalam kesuksesan tim, yang merupakan kemenangan Libertadores pertama mereka sejak 1962.

5. Pele

Libero.id

Kredit: fifa.com

Dalam kemenangan gelar Libertadores 1962, Santos memiliki Pele di tim mereka. Dia bahkan belum berusia 18 tahun ketika memenangkan Piala Dunia pertamanya bersama Brasil pada tahun 1958, dan dia masih pemain termuda yang pernah menjadi juara dunia.

Dia melakukan debut seniornya bersama Santos pada usia 15 dan pada usia 16 dia sudah menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen Paulista, yang kemudian dia menangkan.

6. Diego Maradona

Maradona melakukan debutnya pada usia 15 tahun di  Argentinos Juniors. Pada tahun 1978 dia adalah pencetak gol terbanyak di kejuaraan Argentina pada usia 17, tetapi dia kemudian secara mengejutkan tersingkir dari skuad Piala Dunia di kandang sendiri, dimana pelatih tim nasional, Cesar Luis Menotti, takut terlalu banyak harapan ditumpukan pada anak muda sepertinya.

7. Raul Gonzalez

Pada tanggal 29 Oktober 1994, sejarah Real Madrid berubah. Dalam pertandingan LaLiga melawan Real Zaragoza, Jorge Valdano memberikan kesempatan kepada pemain berusia 17 tahun bernama Raul Gonzalez. Seminggu kemudian dia mencetak gol senior pertamanya dalam derby Madrid melawan Atletico Madrid. Dia kemudian meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah Los Blancos.

8. Ronaldo Nazario

Libero.id

Kredit: fifa.com

Karier senior Ronaldo dimulai pada usia 16 tahun bersama tim senior Cruzeiro dan ia menerima panggilan tim nasional pada usia 17 tahun di Piala Dunia 1994 yang diadakan di Amerika Serikat. Selecao memenangkan turnamen tersebut, mengalahkan Italia melalui adu penalti di final, tetapi Ronaldo tidak bermain satu menit pun.

Ronaldo tetap menjadi pemain termuda yang pernah memenangkan Ballon d'Or, setelah membawa pulang penghargaan tersebut pada usia 21 tahun.

9. Paolo Maldini

Libero.id

Kredit: instagram.com/paolomaldini

Bek Italia itu ditakdirkan menjadi pemain abadi AC Milan, mengikuti jejak ayahnya. Dia melakukan debutnya pada usia 16 dan tidak akan pernah memakai jersey tim lain setelah hari itu.

Dia memenangkan Liga Champions pertamanya pada usia 20 dan akan membuat lebih dari 900 penampilan senior untuk Rossoneri.

10. Francesco Totti

Karier Bandiera dari Roma dimulai ketika Francesco Totti memulai debutnya bersama Giallorosi pada Maret 1993, ketika ia berusia 16 tahun. Pada tahun 1997 ia sudah menjadi kapten klub dan pada tahun 1998 telah memenangkan penghargaan sebagai pemain muda terbaik di Serie A.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network