Nasib Terkini 9 Pemain Akademi MU yang Diberi Debut Sir Alex Ferguson

"Fergie membantu mempertahankan tradisi United dengan memasukkan lulusan akademi di setiap skuad senior."

Feature | 11 October 2020, 10:50
Nasib Terkini 9 Pemain Akademi MU yang Diberi Debut Sir Alex Ferguson

Libero.id - Sir Alex Ferguson dipuji karena memberikan peluang untuk bermain di tim utama kepada lulusan akademi Manchester United dan dia terus melakukannya hingga akhir masa jabatannya di Old Trafford.

Fergie membantu mempertahankan tradisi United dengan memasukkan lulusan akademi di setiap skuad senior dalam suatu pertandingan sejak tahun 1938.

Berikut adalah 9 pemain terakhir dari akademi yang diberikan kesempatan bermain di tim utama oleh Ferguson:

1. Ryan Tunnicliffe

Libero.id

Kredit: fulhamfc.com

Ketika Tunnicliffe keluar dari bangku cadangan untuk melakukan debut seniornya di United melawan Newcastle di Piala Liga pada September 2012, gelandang tersebut membantu ayahnya mendapatkan 10.000 pounds akibat memasang sebuah taruhan.

Tapi itu adalah satu dari hanya dua penampilan Tunnicliffe untuk skuad senior sebelum ia akhirnya bermain di klun Championship bersama Fulham, Millwall, dan saat ini Luton Town.

2. Scott Wootton

Libero.id

Kredit: pafc.co.uk

Wootton membuat peralihan kontroversial dari akademi Liverpool ke Manchester United saat remaja, melakukan debutnya di tim utama dalam kemenangan Piala Liga 2-1 atas Newcastle.

Sang bek hanya membuat tiga penampilan lagi untuk Setan Merah setelah itu, dimana salah satu laga yang paling diingat adalah saat Manchester United menghadapi Chelsea di Stamford Bridge.

Kala itu Wootton melanggar Eden Hazard di dalam kotak penalti sebelum akhirnya pemain asal Belgia itu mencetak gol melalui titik putih sehingga memaksa laga berakhir dengan adu penalti yang dimenangkan oleh tuan rumah.

Kini pemain berusia 28 tahun itu bermain di League One bersama Plymouth.

3. Robbie Brady

Diantara Tunnicliffe dan Wootton yang melakukan debut bersama United kala berhadapan dengan Newcastle, mungkin Robbie Brady lah yang paling sukses dengan mampu membuktikan sejauh ini sebagai yang paling konsisten bermain di kasta tertinggi.

Cedera telah menghalangi kemajuannya dalam beberapa tahun terakhir, tetapi gelandang tersebut telah memantapkan dirinya di Liga Premier bersama Hull, Norwich, dan Burnley sekaligus menjadi tokoh kunci untuk Republik Irlandia.

4. Marnick Vermijl

Libero.id

Kredit: transfermarkt.com

Pemain terakhir yang menjalani debutnya melawan Newcastle adalah Vermijl yang bertahan di Old Trafford hingga 2015 sebelum turun kasta ke Championship bersama Sheffield Wednesday dan Preston.

Sekarang ia berusia 27 tahun, kini dia telah pindah ke tim lapis kedua Belanda MVV Maastricht, di mana dia bermain bersama adik laki-laki Lewis Holtby, Josh Holtby.

5. Michael Keane

Libero.id

Kredit: evertonfc.com

Tahun 2011 Michael Keane mendapatkan debutnya bersama Setan Merah Namun, setelah itu ia lebih banyak dipinjamkan ke kesebelasan lain hingga akhirnya mendarat secara permanen di Burnley pada tahun 2015 lalu.

2 tahun kemudian pemain asal Inggris tersebut dikontrak oleh Everton dengan biaya 28,5 juta pounds.

6. Larnell Cole

Libero.id

Kredit: fulhamfc.com

Penampilan tunggal Cole untuk tim utama United datang sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 3-0 di Piala Liga atas Leeds United pada September 2011.

Setelah itu dang gelandang pindah ke Fulham bersama Tunnicliffe, tetapi bermain hanya sekali untuk The Cottagers.

Sekarang Cole berusia 26 tahun, dia saat ini tanpa klub setelah dibebaskan kontrak oleh Tranmere pada Januari silam.

7. Paul Pogba

Libero.id

Kredit: manutd.com

Debutan lain dari bangku cadangan di Elland Road adalah Paul Pogba yang paling diingat karena debutnya disambut dengan sikutan di kepala oleh Mikael Forssell.

Setelah itu Pogba nyaris tak terlihat lagi di tim utama Manchester United yang pada akhirnya memutuskan angkat kaki menuju Juventus pada tahun 2012 dengan free transfer.

Namun 4 musim berselang gelandang asal Prancis itu kembali lagi ke Old Trafford dengan biaya sangat fantastis, 105 juta euro.

8. Zeki Fryers

Libero.id

Kredit: swindontownfc.co.uk

Berposisi sebagai bek kiri, Fryers menjalani debut seniornya bersama Michael Carrick dalam kemenangan 3-0 United atas Leeds dan bermain lima kali lagi pada 2011-12.

Secara kontroversial Fryers bergabung dengan Tottenham setelah sebelumnya sempat bermain bersama Standard Liege, dia sekarang bermain di League Two untuk Swindon.

9. Tom Cleverley

Libero.id

Kredit: watfordfc.com

Sebelum menjadi sosok yang banyak dicaci maki di Old Trafford, Cleverley diberikan debut seniornya oleh Ferguson di Community Shield 2011.

Sang gelandang dimainkan pada babak pertama dengan United tertinggal 2-0 dari Manchester City tetapi merupakan bagian dari kebangkitan yang membuat mereka menang 3-2.

Dia membuat 79 penampilan di semua kompetisi untuk Setan Merah, prestasinya pun tak terlalu buruk jika dibandingkan dengan nama-nama di atas.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network