20 Klub dengan Total Belanja Terbesar untuk Seluruh Skuad

"Daftar ini diborong klub Inggris. Jadi yang dihitung adalah jumlah uang yang dikeluarkan klub untuk seluruh pemain mereka."

Feature | 14 October 2020, 13:00
20 Klub dengan Total Belanja Terbesar untuk Seluruh Skuad

Libero.id - Terlepas dari efek virus corona, Manchester United termasuk salah satu klub yang rajin dalam belanja pemain. Untuk musim panas ini saja, Setan Merah menghabiskan sekitar 75 juta pounds untuk beberapa pemain selama bulan-bulan terakhir jelang penutupan transfer.

Termasuk di antaranya 35 juta pounds untuk Donny van de Beek dan 13,5 juta pounds untuk Alex Telles. Selain itu menurut data CIES, United telah menghabiskan 844 juta euro. Tetapi pertanyaanya, apakah jumlah tersebut setara jika dibandingkan dengan tim top Eropa lainnya?

Berkenan dengan hal itu CIES telah menghitung besaran transfer tiap-tiap klub di musim panas 2020/21, di bawah ini 20 klub yang paling banyak menghabiskan uang untuk belanja pemain seluruh skuad, mari kita lihat :

20 Besar

20. Wolves – 293 juta euro (Rp 5,07 triliun)
19. Roma -  303 juta euro
18. Dortmund -  311 juta euro
17. Monaco -  358 juta euro
16. Leicester -  370 juta euro
15. Bayern Munich -  408 juta euro (Rp 7,06 triliun)
14. Inter Milan – 439 juta euro
13. Napoli – 467 juta euro
12. Tottenham -  479 juta euro
11. Atletico Madrid -  483 juta euro

Siapa sangka Wolverhampton Wanderers atau Wolves, klub papan tengah Liga Premier menerobos masuk dalam jajaran kesebelasan yang menghabiskan banyak uang untuk urusan belanja pemain. Musim panas ini mereka memboyong lebih dari 8 pemain, beberapa di antaranya Nelson Semedo dari Barcelona, Ki-Jana Hoever dari Liverpool, dan banyak lagi.

Dalam daftar ini, 9 klub lain terbilang wajar dengan angka belanja masing-masing, kecuali mungkin Leicester City dan AS Monaco yang tak punya riwayat belanja pemain dengan nominal yang tinggi.

Sepuluh Besar

10. Everton – 504 juta euro
9. Arsenal -  590 juta euro
8. Juventus -  594 juta euro
7. Liverpool -  666 juta euro
6. Real Madrid – 708 juta euro
5. Chelsea -  763 juta euro
4. Barcelona -  826 juta euro
3. Manchester United – 844 juta euro
2. Paris Saint-Germain – 888 juta euro
1. Manchester City -  1036 juta euro (Rp 17,95 triliun)

Ada beberapa nama tim yang menarik dalam daftar 10 besar ini. Everton salah satunya, musim ini dibawah Carlo Ancelotti, The Toffes termasuk yang jor-joran dalam belanja pemain. Klub yang bermarkas di Goodison Park ini telah menghabiskan  504 juta euro untuk belanja pemain di skuad saat ini.

Di bawah tangga persis, ada Arsenal yang mulai mempertimbangkan pemain baru, tak seperti biasanya The Gunners mengambil anak-anak muda dari akademi.

Selain itu, mungkin mengejutkan melihat skuad Liverpool adalah yang termahal ketujuh di Eropa. Mengingat Jurgen Klopp harusnya  tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk meraih kesuksesan tambahan.

Saingan serius datang dari Chelsea, di awal jendela transfer mereka telah mendatangkan Kai Havertz, Timo Werner dan banyak nama pemain bintang lain, dan itu menjadikan Chelsea sebagai klub termahal kelima di dunia. Ini hanya masalah waktu, apakah The Blues akan mendapat imbas positif yang setimpal dari pengeluaran besar mereka musim panas ini.

Dua urutan di bawah Chelsea, ada Barcelona dan Manchester United. Tak perlu panjang lebar untuk menjelaskan tradisi duo raksasa di benua biru itu. Sementara Real Madrid tak masuk jajaran 5 besar.

Sepertinya tak ada niatan atau mungkin Zinedine Zidane punya rencana lain soal julukan Los Galacticos.

Dua klub teratas dalam daftar ini, tak lain adalah klub yang punya dana melimpah, tak mengherankan jika PSG dan Man City, berada jauh di depan dalam perburuan pemain.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network