Tak Semua Trah Belanda Sukses di Barcelona, Ini Daftar yang Gagal

"Pernah pada suatu masa di Barcelona, pelatih Belanda dikelilingi 8-9 pemain Belanda yang merumput di Camp Nou."

Feature | 14 October 2020, 13:30
Tak Semua Trah Belanda Sukses di Barcelona, Ini Daftar yang Gagal

Libero.id - Ada sederet nama pesepakbola asal Belanda yang pernah dan sukses saat berseragam Barcelona. Hubungan antar keduanya terjalin dengan sangat baik, gaya permainan Belanda menginspirasi Barcelona lewat para pelatih yang pernah menangani klub yang bermarkas di Camp Nou itu.

Mulai dari Rinus Michels, Frank Rijkaard sampai Johan Cruyff.

Nama pelatih asal Belanda lain yang sering melatih klub Catalunya itu ialah Louis van Gaal. Saat melatih Barcelona, Van Gaal mengelilingi dirinya dengan banyak pemain asal Belanda.

Libero.id

Louis van Gaal. Kredit: fcbarcelona.com

Ketika Van Gaal tiba di Camp Nou untuk pertama kalinya, tepatnya musim 1997-2000 ia berhasil memenangkan Piala Super Eropa, satu trofi LaLiga Santander, dan satu Copa del Rey.

Dalam skuadnya pada musim 1997/98, Van Gaal memiliki tiga pemain asal Belanda, mereka adalah penjaga gawang Ruud Hesp, dan dua full-back Michael Reiziger dan Winston Bogarde, namun sayang tak satupun yang tampil mengesankan di Barcelona.

Libero.id

Michael Reiziger

Satu tahun berselang, pada musim 1998/99, masuklah De Boer bersaudara, lalu Frank dan Ronald Koeman ikut bergabung dengan Blaugrana, masing-masing dari mereka memainkan  23 pertandingan dan 17 pertandingan.

Lalu ada Boudewijn Zenden pesepakbola yang pindah ke Barcelona dari PSV Eindhoven, tetapi dia tidak pernah masuk dalam list skuad utama.

Kemudian, di tahun ketiganya Van Gaal membeli Phillip Cocu dan Patrick Kluivert, keduanya menjadi starter reguler dan memberi banyak hal positif kepada klub. Selama Van Gaal melatih ada sekitar 8-9 pemain Belanda yang merumput di Camp Nou.

Libero.id

Patrick Kluivert. Kredit: fcbarcelona.com

Dan untuk kesekian kalinya, Barcelona memperkerjakan pelatih asal Belanda, musim 2020/21 adalah giliran Ronald Koeman, namun mantan juru taktik timnas Oranye itu kini sudah menegaskan tidak bersedia untuk mengikuti jejak rekan senegaranya itu.

Koeman sendiri pernah menjadi pemain Barcelona. Selama hari-harinya bermain, Koeman mewakili Barcelona dalam 254 kesempatan dan ia mencetak 83 gol dan memberikan 5 assist.

Ronald Koeman dan Akhir Trah Belanda di Barcelona

Di awal kedatangan, Ronald Koeman langsung bergegas merombak skuad. Dan sebetulnya beberapa pemain yang jadi incarannya ialah kebanyakan dari Belanda, yang sebelumnya sempat ia latih di tim nasional Belanda.

Di antaranya adalah gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum dan striker Olympique Lyon, Memphis Depay. Namun, nasib berkata lain Koeman justru gagal memenuhi ekspektasinya sendiri.

Itu mungkin kabar bagus, sebab dengan cara yang demikian, Barcelona tidak memperpanjang daftar pemain Belanda yang gagal bersinar di Camp Nou. Sebutlah seperti Ibrahim Afellay dan lainnya.

Libero.id

Ibrahim Afellay

Sementara itu, saat ini satu-satunya pemain Belanda asli yang terbilang cukup sukses bersama Barcelona ialah Frenkie de Jong.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network