7 Pelatih Liga Premier dengan Rata-rata Poin Per Pertandingan Terbaik

"Klopp atau Guardiola? Ataukah Sir Alex Ferguson?"

Feature | 17 October 2020, 07:21
7 Pelatih Liga Premier dengan Rata-rata Poin Per Pertandingan Terbaik

Libero.id - Selain menjadi liga yang banyak dihuni oleh para pemain kelas atas, nyatanya Liga Inggris juga menjadi destinasi favorit bagi para pelatih top dunia.

Terutama di musim ini, bahkan pelatih sekelas Carlo Ancelotti saja berkenan melatih tim sekaliber Everton yang levelnya tentu jauh di bawah tim-tim yang pernah diasuh oleh pelatih berkebangsaan Italia itu.

Raihan trofi menjadi parameter utama dalam suatu kesuksesan karir bagi seorang pelatih, namun raihan poin per pertandingan tak dapat dikesampingkan begitu saja sebagai parameter lainnya.

Berikut 7 pelatih Liga Inggris dengan catatan poin per pertandingan terbaik dengan minimal 100 pertandingan:

7. Carlo Ancelotti

Libero.id

Kredit: evertonfc.com

Ancelotti memiliki awal musim yang luar biasa bersama Everton, tetapi dia telah menunjukkan apa yang bisa dia lakukan di Liga Premier jauh sebelum itu.

Setelah sebelumnya berada di AC Milan dan Juventus, dia kemudian pergi ke Chelsea dan memenangkan gelar di musim pertamanya, sebelum berada di urutan kedua di musim berikutnya.

Namun, ini tidak cukup untuk Roman Abramovich yang pada akhirnya mendepaknya dari Stamford Bridge dan pelatih asal Italia itu melanjutkan karirnya di Bayern Muenchen dan Napoli.

Kini dia sudah kembali ke Liga Inggris dengan menjadi pelatih Everton dan ingin membangun rekornya saat ini dengan 1,99 poin per pertandingan setelah 100 pertandingan Liga Premier.

6. Roberto Mancini

Libero.id

Kredit: mancity.com

Momen yang paling diingat dari seorang Roberto Mancini adalah kala membawa Manchester City juara Liga Inggris secara dramatis dengan mampengalahkan QPR di pertandingan terakhir liga.

Namun setelah musim itu berakhir, pada akhirnya semuanya menjadi berubah, terutama bagi Mancini.

Dia akhirnya dipecat pada akhir musim 2012-13 setelah kalah di final Piala FA melawan Wigan Athletic. Namun dia masih mendapat 2,05 poin per pertandingan menunjukkan betapa luar biasanya dia.

5. Jose Mourinho

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Lupakan sejenak apa yang terjadi di Manchester United, dan ingatlah kembali Mourinho di tahun-tahun awalnya bersama Chelsea dimana ia mampu mendapatkan trofi demi trofi.

Dapat dikatakan bahwa dia tidak membawa aura yang sama seperti dulu, tetapi dia tidak bisa dicoret begitu saja dari daftar salah satu pelatih terbaik di Liga Premier.

Catatan poin per game'nya juga cukup apik dengan berada di kisaran 2,07 per game.

4. Antonio Conte

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Kala itu tidak banyak manajer yang memilih untuk menggunakan formasi tiga bek tengah di Liga Premier, tetapi Conte bisa dibilang sebagai seorang pionir dalam penggunaan formasi tersebut.

Dia melakukan perubahan setelah kekalahan memalukan 3-0 atas Arsenal, keputusan yang membantunya memenangkan trofi Liga Premier pada musim 2016-17.

Namun akhirnya dia dipecat setelah finis di urutan kelima pada musim keduanya. Meski begitu ia mampu mencatat 2,14 poin per game.

3. Sir Alex Ferguson

Libero.id

Kredit: manutd.com

Tidak banyak manajer yang mendapatkan kemuliaan abadi dengan menyelesaikan karier mereka di puncak, Ferguson adalah salah satunya.

Ketika dia mengundurkan diri sebagai manajer Man Utd pada tahun 2013, pria Skotlandia itu melakukannya dengan menerima medali juara Liga Premier ke-13.

Selain bergelimang trofi, nyatanya catatan Sir Alex soal raihan poin per pertandingan dapat dikatakan luar biasa dengan 2,16 poin per pertandingan.

2. Jurgen Klopp

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Liverpool benar-benar tak terhentikan dalam dua musim terakhir, jadi jelas bahwa Juergen Klopp menjadi aktor utama dalam dominasi Liverpool ini.

Namun di awal kedatangannya, performa the Reds sebenarnya masih naik turun, itulah yang membuat raihan poin per laganya menjadi begitu kecil dahulu.

Kini ia telah memiliki tim yang sangat solid, tidak mengherankan melihat pelatih asal Jerman itu memperbaiki rekornya saat ini dengan 2,17 poin per pertandingan.

1. Pep Guardiola

Libero.id

Kredit: mancity.com

Kedatangan Guardiola ke Manchester City dari Bayern Muenchen telah diprediksi sebelumnya akan menuai kesuksesan besar di Etihad Stadium berkat torehan prestasinya di tim-tim terdahulunya.

Pelatih asal Spanyol tersebut membuktikan kualitasnya dengan membawa Manchester City meraih 2 gelar Liga Inggris dan mampu mencatatkan rekor sebagai tim dengan raihan poin tertinggi dalam satu musim, tepatnya pada 2017/2018.

Selain itu raihan poin per pertandingannya pun sangat fantastis, dimana mantan manajer Barcelona ini mampu meraih 2,33 poin per pertandingan sekaligus menasbihkannya sebagai yang terbaik dalam hal ini diantara manajer Liga Inggris lainnya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network