Dua Keputusan VAR Kontroversial Bikin Juergen Klopp Bertanya-Tanya

"Apakah gol Henderson offside atau tidak?"

Berita | 17 October 2020, 14:33
Dua Keputusan VAR Kontroversial Bikin Juergen Klopp Bertanya-Tanya

Libero.id - Keputusan VAR menganulir gol ketiga Liverpool atas tuan rumah Everton dalam Derby Merseyside yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Goodison Park, Sabtu.

Kapten Liverpool Jordan Henderson berhasil membobol gawang tuan rumah pada menit ketiga injury time menyambut umpan Sadio Mane. Dari hasil potret VAR, tampak lengan Sadio Mane berada dalam posisi offside. Offsidenya tipis sekali. Sangat tipis. Mungkin hanya hitungan centimeter.

“Saya melihat gol yang dianulir itu lewat foto, saya lihat tidak offside. Apa ada yang bisa menjelaskan ke saya soal itu,” kata pelatih Liverpool Juergen Klopp. 

 

Dengan hasil imbang 2-2 itu, Everton sementara masih memimpin klasemen dengan 13 poin. Liverpool sementara naik satu peringkat di posisi kedua,  tapi hanya sementara karena pesaing terdekat belum bermain. 

Pertandingan dibuka dengan gol cepat menit ketiga ketika Sadio Mane memanfaatkan umpan tarik Andy Robertson yang gagal dibendung Jordan Pickford.

Sebuah insiden kontroversial terjadi menit ketujuh ketika Virgil van Dijk dijatuhkan dengan keras oleh kiper Jordan Pickford. Tampak Van Dijk dilanggar keras oleh Pickford. Empat menit kemudian bek Belanda itu digantikan oleh Joe Gomez.

Wasit tidak memberi kartu merah ke Pickford dengan alasan Van Dijk offside lebih dulu.

Dikutip BT Sport, mantan wasit Peter Walton mengklarifikasi bahwa pemain "masih bertanggung jawab" setelah keputusan offside dan keputusan itu akan jatuh ke tangan wasit untuk menentuka apakah itu layak mendapat kartu merah atau tidak.

Pada menit ke-19 Everton menyamakan kedudukan lewat sundulan Keane menyambut sepak pojok kiriman James Rodriguez. Kritik diberikan ke Adrian yang seharusnya bisa mengamankan bola. Bola sebetulnya mengarah tepat ke tangan kiper Adrian San Miguel, tetapi tak bisa dibendung.

Liverpool kembali unggul ketika pada menit ke-72, Salah menyambar bola sapuan tumit Yerry Mina. Bek asal Kolombia itu tak mengira Salah ada di belakangnya. 

Gol itu membuat Salah jadi pemain ketiga yang paling cepat mencetak 100 gol untuk Liverpool dalam 159 penampilan setelah Roger Hunt (144 penampilan) dan Jack Parkinson (153).

Lima menit sesudah itu, Matip hampir menandai debutnya musim ini dengan sebuah gol ketika menanduk umpan sepak pojok Alexander-Arnold, tetapi Pickford bisa mengamankan gawangnya.

Pada menit 81, Calvert-Lewin mencetak gol penyama kedudukan lewat sundulan menyambut umpan silang Lucas Digne untuk membuat kedudukan kembali imbang 2-2.

Gol itu membuat Calvert-Lewin jadi pemain Everton pertama yang selalu mencetak gol dalam lima pertandingan awal Liga Inggris. Terakhir kali pemain Everton melakukannya adalah Tommy Lawton pada 1938-39.

Pemain Everton Richarlison mendapat kartu merah karena pelanggaran keras terhadap Thiago Alcantara pada menit ke-89. Situasi ini dimanfaatkan Liverpool lewat gol Henderson yang sayang dianulir.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network