Apa Itu Cedera Ligamen yang Bisa Bikin Van Dijk Absen 8 Bulan

"Pada era 90-an sebelum kemajuan medis, cedera ligamen bisa membunuh karier pemain."

Berita | 18 October 2020, 00:14
Apa Itu Cedera Ligamen yang Bisa Bikin Van Dijk Absen 8 Bulan

Libero.id - Virgil van Dijk mengalami cedera parah saat liverpool imbang dalam derby Merseyside 2-2 dengan Everton pada Sabtu sore WIB. Laporan yang muncul pada Sabtu malam menunjukkan dia bisa absen dalam jangka waktu panjang.

Sang bek tengah mengalami cedera setelah dilanggar kiper Everton, Jordan Pickford. Dia pun harus diganti dengan Joe Gomez.

BeIN Sports melaporkan bahwa Van Dijk bisa tidak tampil untuk sisa musim ini karena cedera ligamen lutut. Tentu saja ini akan menjadi pukulan besar bagi Liverpool mengingat pemain Belanda itu menjadi figur sentral lini belakang sejak tiba pada 2018 i Anfield.

"Informasi yang kami terima adalah bahwa dia telah mengalami cedera  ligamen anterior cruciate-nya," kata Richard Keys dilansir BeIN Sports pada Sabtu malam.

"Dia akan keluar untuk tujuh atau delapan bulan jika itu masalahnya."

Masih harus dilihat diagnosis resmi yang masih harus mendapat assesment lengkap tim medis.

Cedera anterior cruciate ligamen adalah cedera yang umum dalam sepak bola dan itu bisa menjadi salah satu yang terburuk yang diderita seorang pemain.

Pada tahun 1990-an cedera seperti itu bisa menjadi ancaman bagi karier pemain, tetapi kemajuan dalam kedokteran dan operasi menunjukkan bahwa banyak pemain dapat melakukan pemulihan penuh.

Tingkat keparahan cedera ACL berbeda satu sama lain. Tidak semua cedera ACL sama-sama serius dan ada berbagai jenis untuk menggambarkan tingkat keparahan cedera.

Kelas 1 berarti bahwa ligamen telah mengalami kerusakan ringan dan sendi lutut tetap stabil.

Kelas 2 berarti bahwa ACL telah diregangkan dan telah menjadi longgar. Dalam skenario ini, ligamen kemungkinan telah menderita robekan parsial tetapi jarang sekali cedera tingkat menengah ini terjadi.

Kelas 3 disebut sebagai cedera ligamen lengkap. Ini berarti bahwa ACL telah menjadi dua bagian dan dengan sendirinya lutut perlu distabilkan. Ini adalah cedera serius yang paling umum diderita di antara para pemain sepak bola.

Berapa waktu pemulihan yang diharapkan? Ini tergantung pada banyak faktor. Pemain biasanya berjalan lagi setelah dua minggu dan ini membawa mereka ke dalam rasa aman seakan bahwa semuanya baik-baik saja. Mereka harus dikelola dengan sangat hati-hati melalui prosedur rehabilitasi untuk memastikan bahwa mereka tidak terlalu memaksakan diri sampai ligamen pulih kembali.

Periode pemulihan yang optimal adalah bulan keenam tetapi sebagian besar proses ada di tangan pemain. Jika mereka mematuhi latihan dan rezim yang diberikan kepada mereka maka prosesnya dapat dipercepat, tetapi perawatan maksimal harus dilakukan untuk memastikan bahwa tidak akan kambuh.

Ada banyak contoh pemain yang mencoba untuk bergegas kembali untuk menyelesaikan penyembuhan terlalu cepat. Namun demikian hasilnya justru fatal.

Thiago Juga Cedera

"Saya tidak tahu, tetapi itu tidak baik," kata pelatih Jurgen Klopp pada  konferensi pers pasca-pertandingannya tentang cedera Van Dijk.

"Virgil bermain untuk kami saya tidak tahu berapa banyak pertandingan dia harus absen berturut-turut.

"Dia bermain dengan rasa sakit, dia bermain dengan hampir semua hal, tetapi dia tidak bisa bermain. Itu tidak baik."

Selain Van Dijk, Liverpool juga mendapat laporan status Thiago Alcantara yang disebut juga mengalami cedera serius setelah dilanggar Richarlison.

"Ketika saya meninggalkan lapangan, Thiago mengatakan kepada saya dalam situasi kartu merah dengan Richarlison bahwa dia berpikir dia cedera," kata Klopp.

"Kita akan melihat apakah itu benar atau tidak, tetapi jika dia merasa seperti ini maka kita perlu melihatnya."

Kapten Liverpool Jordan Henderson mengatakan kepadanya, kiper Everton Jordan Pickford meminta maaf lewat dirinya atas pelanggaran keras ke Van Dijk.

Liverpool selanjutnya akan mengawali kiprah di Liga Champions dengan bertandang ke markas Ajax pada Rabu (21/10).

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network