8 Pelatih dengan Gelar Liga Champions Terbanyak

"Tidak mudah untuk memenangkan gelar di kompetisi paling prestisius di dunia. Di antara yang tidak mudah, terselip 8 nama fenomenal."

Feature | 21 October 2020, 13:17
8 Pelatih dengan Gelar Liga Champions Terbanyak

Libero.id - Salah satu kompetisi paling prestisius di dunia, Liga Champions telah menjadi saksi bagaimana banyak pemain terbaik dunia mempertontonkan skillnya di sana dengan banyaknya manajer yang ulung dan legendaris menghiasi kompetisi.

Berbicara soal pelatih, setidaknya ada 18 pelatih berbeda telah memenangkan Liga Champions UEFA selama hampir tiga dekade sejak dibuat tahun 1955 dengan beberapa dari mereka, delapan tepatnya, berhasil memenangkan kompetisi pada banyak kesempatan, siapa saja mereka? berikut 8 manajer dengan gelar Liga Champions terbanyak;

8. Ottmar Hitzfeld - 2 gelar

Libero.id

Kredit: bvb.de

Ottmar Hitzfeld menjadi pelatih pertama yang menjuarai Liga Champions bersama dua klub berbeda saat mengantarkan gelar pertama Bayern Munich di era Liga Champions pada 2001, dan sebelumnya bersama  Borussia Dortmund.

Selama menjadi pelatih, ahli taktik berusia 71 tahun itu menjadikan namanya sebagai salah satu ahli taktik paling sukses di sepak bola Jerman dan internasional. Final Liga Champions 1996 yang mempertemukan Bianconeri dengan Borussia Dortmund menjadi saksi nyata kehebatan taktik Hitzfeld.

5 tahun kemudian, Hitzfeld melakukan hal yang sama bersama Bayern Munich, yakni memenangi kompetisi Liga Champions. Kemenangan adu penalti atas Valencia sangat berarti untuk raksasa Bavaria itu karena mereka akhirnya mengakhiri penantian dua setengah dekade untuk memenangi gelar Liga Champions setelah memenangkannya terakhir kali pada musim 1975/76.

7. Jose Mourinho - 2 gelar

Pelatih Portugal berusia 41 tahun itu memulai magisnya bersama Porto pada tahun 2004. Mourinho sukses mengalahkan Manchester United dalam perjalanan untuk memenangkan Liga Champions 2004.
Mourinho yang kini menjadi manajer Tottenham Hotspur tidak terlibat dalam Liga Champions 2020/21 karena Spurs tidak lolos ke kompetisi tersebut.

Kendati begitu, The Special One tetap terhitung sebagai pelatih dengan gelar Liga Champions terbanyak usai pada tahun 2010, ia melakukan hal yang sama untuk Inter Milan. Dan sejak saat itu, Mourinho tak pernah lagi merasakan partai final dengan tim manapun yang ia latih hingga Spurs sekarang.

6. Sir Alex Ferguson - 2 gelar

Libero.id

Kredit: manutd.com

Salah satu pelatih paling legendaris dalam dunia sepak bola, Sir Alex Ferguson telah memenangkan banyak gelar selama hampir empat dekade melatih United.

Sembilan tahun setelah memenangi treble winner bersama Manchester United pada 1999, pria Skotlandia itu memenangi gelar Liga Champions keduanya setelah mengalahkan Chelsea di Moskow pada tahun 2008. Kemenangan Ferguson di ibu kota Rusia menjadikannya manajer tertua yang memenangkan Liga Champions.

Plus dengan 19 musim dan 194 pertandingan Ferguson di Liga Champions, ia menjadi manajer dengan jumlah musim terbanyak dalam sejarah kompetisi.

5. Vicente Del Bosque - 2 gelar

Vicente Del Bosque adalah salah satu manajer paling dihormati. Faktanya, pria Spanyol berusia 69 tahun itu adalah satu-satunya yang memenangkan Piala Dunia FIFA, Kejuaraan Eropa, dan Liga Champions.

Sebelum sukses dalam sepak bola internasional, Del Bosque mengukir namanya bersama Real Madrid dengan memenangi dua gelar La Liga dan 2 Liga Champions.

Di final kompetisi edisi 1999/2000, yang merupakan pertandingan perebutan gelar pertama antara dua tim dari negara yang sama, Real Madrid mencetak tiga gol saat menumbangkan sesama tim Spanyol, Valencia untuk memenangkan gelar Liga Champions kedua mereka dalam tiga tahun dan yang kedelapan untuk Los Blancos.

Dua tahun kemudian, tendangan voli Zinedine Zidane melawan Bayer Leverkusen di Glasgow memberikan Real Madrid gelar Liga Champions kesembilan mereka saat pelatih veteran itu bergabung dengan sekelompok pelatih terpilih untuk memenangkan kompetisi pada beberapa edisi.

4. Pep Guardiola - 2 gelar

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Nama Pep Guardiola mulai naik sebagai pelatih ketika ia melatih Barcelona di mana bersama tim Catalan, ia menikmati banyak kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya meskipun tidak memiliki pengalaman manajerial sebelumnya.

Selama melatih Barcelona, Guardiola sangat ditopang dengan SDM yang sangat memadai seperti Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez, memenangkan dua gelar Liga Champions dalam tiga tahun. Kemenangan Blaugrana pada 2009 merupakan bagian dari treble kontinental, yang menjadikan Guardiola orang pertama dalam sejarah Liga Champions yang memenangkan kompetisi sebagai pemain dan pelatih.

Setelah kemenangan kedua di Liga Champions pada tahun 2011, Guardiola belum pernah lagi mengangkat trofi si kuping besar, baik itu bersama  Bayern Munich ataupun Manchester City.
Namun demikian, pada Februari tahun ini, Guardiola menjadi pelatih dengan kemenangan terbanyak dalam pertandingan sistem gugur Liga Champions saat City menyingkirkan Real Madrid di babak 16 besar.

3. Jupp Heynckes - 2 gelar

Pelatih Jerman itu sukses mengantarkan El Real menjadi kampiun pada tahun 1998, 32 tahun setelah klub tersebut meraih gelar keenam dalam kompetisi yang dikenal dengan Piala Champions.

Satu setengah dekade kemudian, pelatih Jerman itu menjadi orang tertua yang memenangkan Liga Champions ketika melatih Bayern Muenchen musim 2012/13. Selama masa tugasnya dengan Bayern, Heynckes menjadi pelatih pertama dalam kompetisi yang memenangkan 11 pertandingan berturut-turut dan sukses memenangkan treble winner untuk Die Bayern.

2.Carlo Ancelotti - 3 gelar

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Setelah memenangkan dua gelar Liga Champions bersama AC Milan, Carlo Ancelotti membuat dirinya disayangi oleh para pendukung Real Madrid dengan mengakhiri penantian klub untuk La Decima pada tahun 2014.

Sejak memenangkan gelar kesembilan mereka di kompetisi pada tahun 2002, Real Madrid tidak mencapai final Liga Champions selama 12 tahun sebelum akhirnya pada tahun 2014 berhasil terpecahkan.

Setelah Sergio Ramos mencetak gol di menit-menit akhir babak kedua untuk memaksa perpanjangan waktu, Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol untuk dua tim pemenang berbeda di final Liga Champions saat Los Blancos memenangkan gelar kesepuluh mereka dalam kompetisi tersebut.

Selain pencapaiannya di kompetisi Liga Champions, Don Carlo juga sukses memenangi gelar liga di empat dari lima liga top-5 di Eropa, ia hanya gagal melakukannya di Real Madrid meskipun memberikan gelar Liga Champions kesepuluh untuk mereka.

1.Zinedine Zidane - 3 gelar

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Setelah karir yang luar biasa, tidak butuh waktu lama bagi Zinedine Zidane untuk menunjukkan kemampuannya sebagai manajer top dunia. Pria Prancis itu memenangkan gelar Liga Champions pertamanya sebagai manajer pada 2016, yang menjadikannya yang pertama setelah Pep Guardiola memenangkan kompetisi baik sebagai pemain maupun manajer.

Keberhasilan mempertahankan gelar pada tahun berikutnya membuat Zidane menjadi manajer pertama dalam sejarah Liga Champions yang memenangkan gelar berturut-turut dengan tim yang sama. Kemenangan ketiganya dalam kompetisi yang terjadi pada 2018 itu membantu Zidane bergabung dengan Ancelotti sebagai satu-satunya manajer yang memenangkan tiga gelar Liga Champions.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network