Siapa Lassina Traore, Cetak 5 Gol dan 2 Assist Pada Rekor Kemenangan Ajax 13-0

"Dia menyamai rekor Marco van Basten pada 1985."

Berita | 26 October 2020, 02:37
Siapa Lassina Traore, Cetak 5 Gol dan 2 Assist Pada Rekor Kemenangan Ajax 13-0

Libero.id - Selisih gol adalah bukti tak terbantahkan betapa mendominasi nya satu klub atas klub lain. Pertanyaannya, berapa skor terwajar dalam satu pertandingan sepakbola? 3-0 atau 4-0 atau 5-0. Beberapa klub sudah banyak yang mencapai angka tersebut.

Tapi bagaimana dengan skor 13-0 Agaknya itu sesuatu yang jarang, dan  Ajax Amsterdam baru saja melakukan itu, tim asuhan Erik ten Hag itu mencetak rekor liga Belanda atau Eredivisie dengan kemenangan menakjubkan 13-0 atas klub promosi VVV-Venlo.

Ajax jadi tim pertama yang mengumpulkan selisih gol paling banyak, dan sekaligus melampaui catatan mereka sendiri dari tahun 1972 ketika mereka membabat Vitesse dengan skor 12-1.

Laga yang dihelat di Stadion Covebo-De Koel, pada Sabtu (24/10) itu memunculkan nama baru sebagai bintang lapangan, dialah Lassina Traore. Juru gedor muda Burkina Faso kelahiran 12 Januari 2001 ini, menggemas 5 gol dan 2 assist sekaligus.

Ia merupakan produk asli akademi Ajax Amsterdam atau yang lebih dikenal dengan Jong Ajax, ia tumbuh dan berkembang di Eerste Divisie. Musim ini, Traore mendapat kepercayaan lebih, kesempatan itu tak ia sia-siakan. Pemain dengan nama lengkap Lassina Chamste Soudine Franck Traoré ini langsung unjuk kebolehan.

Catatan itu menjadikannya sebagai pemain Ajax pertama yang mencetak 5 gol dalam pertandingan Eredivisie, menyamai rekor Marco van Basten pada tahun 1985.

Sebelum menyeberang ke Eropa, ia memulai karier junior di klub lokal Burkina Faso, Rahimo FC, Lassina Traore lalu bergabung dengan tim muda  perwakilan Ajax CT, di Afrika Selatan. Dari sana, pada Januari 2019, ia kemudian bergabung secara bebas transfer ke skuat Ajax U-21.
 
Bersama raksasa Belanda itu, ia bermain sebanyak 33 kali dan Lassina sukses mencetak total  22 gol dan 11 asis, ia adalah salah satu striker muda berbakat di akademi. Atas capaian progresif nya itu, pada waktu yang tak begitu lama, namanya sudah dipromosikan Erik ten Hag ke tim utama.

Musim lalu, ia dimainkan sebanyak 9 kali, Lassina Traore yang saat itu baru berusia 18 tahun, sudah mampu mencetak 2 gol dan 2 assist. Dan untuk musim ini, atas penampilan impresifnya Lassina hampir dapat dipastikan akan mendapat jatah bermain lebih banyak. Meski non gol di 5 laga awal Eredivisie, Lassina menjawab tuntas di laga lawan Venlo, 5 golnya itu menghantarkan namanya di puncak top skor sementara.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network