6 Pemain Top yang Pensiun Tapi Kembali Bermain, Alasan Cruyff Paling Unik

"Alasannya beragam. Tapi khusus Peter Cech, karena Kepa Arrizabalaga bermain buruk."

Feature | 30 October 2020, 09:18
6 Pemain Top yang Pensiun Tapi Kembali Bermain, Alasan Cruyff Paling Unik

Libero.id - Sehebat apapun pesepakbola pasti akan pensiun jua, baik di usia muda maupun kala sudah uzur dan tak lagi mampu melanjutkan kariernya.

Namun ada juga sejumlah pesepakbola top dunia yang telah mengumumkan pensiun dari lapangan hijau namun akhirnya kembali lagi bermain.

Berikut adalah pesepakbola top dunia yang telah menyatakan pensiun namun kembali lagi bermain:

1. Johan Cruyff

Libero.id

Kredit: english.ajax.nl

Johan Cruyff punya alasan unik untuk kembali ke sepakbola. Legenda Barcelona tersebut sangat menderita saat ia mengalami kerugian saat beternak babi.

Johan Cruyff memilih membela Los Angeles Aztecs yang bermain di Liga Amerika Serikat pada 1978. Kemudian dia bermain untuk klub Amerika lainnya, Washington Diplomats.

Johan Cruyff yang saat itu baru berusia 30-an tahun masih melanjutkan kariernya dengan memperkuat sejumlah klub diantaranya Levante, Ajax, dan Feyenoord.

2. London Donovan

Libero.id

Kredit: lagalaxy.com

London Donovan memiliki kisah yang juga tak kalah unik daripada pemain lain yang kembali memutuskan bermain usai umumkan pensiun.

Ya, tercatat ia mengingkari janjinya sendiri untuk pensiun sebanyak dua kali. Pertama pada 2014 silam ia telah memutuskan pensiun dari sepakbola, saat itu ia bermain untuk LA Galaxy.

Namun 2 tahun berselang ia kembali membela klub lamanya karena pada saat itu Galaxy sedang dilanda badai cedera dan di akhir musim tersebut ia kembali mengumumkan pensiun.

Namun di tahun 2018 ia kembali bermain lagi setelah ia memutuskan untuk merumput bersama Club Leon, namun kariernya hanya bertahan setengah musim di sana karena dianggap telah kehilangan sentuhannya.

3. Jens Lehmann

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Jens Lehmann dapat dikatakan sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa yang dimiliki oleh Arsenal, apalagi rekor tak kebobolannya dalam pertandingan beruntun di Liga Champions menegaskan kehebatannya.

Musim 2007/2008 menjadi musim terakhirnya di Emirates sebelum akhirnya ia kembali ke kampung halamannya Jerman untuk bermain bersama VFB Stuttgart.

Kariernya yang tak segemilang dulu membuatnya memutuskan pensiun pada tahun 2010, namun secara mengejutkan ia kembali lagi bermain sepakbola dan memperkuat Arsenal setahun kemudian.

Lehmann kembali direkrut the Gunners lantaran kala itu mereka hanya memiliki Manuel Almunia di pos penjaga gawang.

Lehmann akhirnya mendapat kesempatan bermain kala the Gunners mampu menumbangkan tuan rumah Blackpool dengan skor 3-1 dan itu menjadi laga pertama dan terakhirnya di atas lapangan sebelum akhirnya benar-benar pensiun.

4. Paul Scholes

Libero.id

Kredit: manutd.com

Selama bertahun-tahun Paul Scholes menjadi tumpuan di lini tengah Manchester United, tercatat ia mampersembahkan sejumlah trofi bagi Setan Merah seperti Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia Antar Klub.

Namun kabar menyedihkan datang pada akhir Mei tahun 2011 kala pemain yang kala itu berusia 36 tahun menyatakan pamit dari dunia sepakbola.

Meski sudah menyatakan gantung sepatu, pemain berjuluk si jahe ini kembali memperkuat Manchester United pada Januari 2012 karena pada saat itu tim yang dilatih Sir Alex Ferguson sedang mengalami krisis pemain.

5. Arjen Robben

Libero.id

Kredit: instagram.com/arjenrobben

Nama Arjen Robben tentu sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar sepakbola, tercatat pemain asal Belanda ini pernah membela sejumlah klub-klub top Eropa diantaranya Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Muenchen.

Pada Juli 2019 silam, Robben dengan tegas memutuskan untuk mengakhiri karirnya di atas lapangan, namun ternyata ia sendiri yang membatalkan keputusannya tersebut.

Pada awal musim 2020/2021, winger kanan berkaki kidal ini memutuskan untuk kembali merumput dan memperkuat klub lamanya yang bermain di Eredivisie Belanda, Groningen.

Bersama Groningen ia dihadapkan pada kenangan masa lalu dimana ia memulai karir gemilangnya sebagai pesepakbola top dunia dari klub yang berjuluk Trots van het Noorden tersebut.

6. Petr Cech

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Petr Cech merupakan salah satu kiper terhebat yang dimiliki Liga Inggris, tercatat ia bermain bagus kala masih membela Chelsea hingga pada akhirnya pensiun bersama Arsenal.

Cech mengawali karir bersama Chelsea pada tahun 2004 dan bertahan hingga ia memutuskan untuk menyeberang ke tim rival asal London, Arsenal pada 2015.

Bersama Arsenal lah kiper asal Ceko itu memutuskan pensiun di akhir musim 2018/2019 yang ditutup oleh kekalahannya atas Chelsea di final Europa League.

Chelsea akhirnya merekrutnya sebagai direktur klub sebelum akhirnya ia kembali didaftarkan sebagai salah satu pemain untuk mengarungi musim kompetisi 2020/2021 Liga Inggris lantaran banyaknya kiper Chelsea yang tampil angin-anginan, terutama Kepa Arrizabalaga yang berstatus sebagai kiper termahal dunia.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network