Kisah Bintang Ajax dan PSG Hidupnya Selalu Dihantui Cemas dan Panik

"Gregory van Der Wiel mengalami problem psikologis dihantui kecemasan berlarut-larut. Dia selalu takut sendirian di rumah. Kariernya runtuh."

Feature | 06 November 2020, 05:30
Kisah Bintang Ajax dan PSG Hidupnya Selalu Dihantui Cemas dan Panik

Libero.id - Mantan bek kanan Ajax dan Paris Saint-Germain Gregory van der Wiel mendapati kariernya berada dalam masalah meskipun masih berusia 32 tahun. Dia mengungkapkan  mengalami beberapa masalah kecemasan selama setahun terakhir setelah kepergiannya dari Toronto FC.

Di usia 32 tahun, Van der Wiel, yang sudah menjalani 47 pertandingan bersama tim nasional Belanda menjelaskan bahwa pekerjaan sebagai pemain sepak bola profesional tidak seindah yang dipikirkan banyak orang.

"Selama lebih dari setahun sekarang saya telah berurusan dengan serangan panik dan kecemasan, sesuatu yang dimulai ketika saya merasa ngeri di rumah di LA," tulis Van der Wiel dalam surat terbuka. "Saat itu saya tidak tahu apa yang terjadi pada saya dan mengira saya mengalami serangan jantung.”

Libero.id

Kredit: instagram.com/gregoryvanderwiel

"Pikiran pertama saya adalah ada sesuatu yang salah secara fisik. Bersama dengan rumah sakit dan dokter yang berbeda kami memeriksa seluruh tubuh saya dan kesimpulannya adalah semuanya berfungsi optimal."

“Setelah konfirmasi ini saya mulai fokus pada aspek mental, yang sampai hari ini masih kita saya cari.”

“Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi pada saya dan saya ingin membagikannya. Sebagai pemain sepak bola profesional, saya selalu mendapat tekanan untuk menunjukkan sisi terbaik diri saya, tidak peduli bagaimana perasaan saya sebenarnya."

“Frustrasi, marah, kecewa, sedih, saya telah mengesampingkan semuanya dan melanjutkan hidup dan karier saya. Mengatakan 'Saya tidak peduli' pada diri sendiri itu mudah dan itulah yang saya lakukan."

Bersama PSG, Van der Wiel memenangkan empat trofi Ligue 1, dua gelar Coupe de France, tiga trofi Coupe de la Ligue, dan tiga gelar Trophee des Champions. Namun, kariernya mengalami beberapa pasang surut setelah meninggalkan Paris.

“Beberapa tahun terakhir karier saya tidak mudah,” tambah Van der Wiel. "Setelah tidak selalu bahagia sepenuhnya di Paris, tahun yang sulit di Istanbul dan beberapa bulan yang buruk di Cagliari, pukulan emosional terbesar datang ketika saya terpaksa meninggalkan Toronto FC,” ujarnya.

"Setelah semua hal negatif itu, seperti yang baru saja disebutkan, saya akhirnya menjalani tahun yang hebat di Toronto. Saya mencintai tim, mencintai orang-orang dan kotanya. Saya membayangkan diri saya bermain dan tinggal di Toronto setidaknya selama lima hingga enam tahun lagi."

“Entah bagaimana, saya harus pergi karena diskusi yang profesional dan sehat dengan pelatih, pelatih yang sangat saya sukai. Ini sangat menyakitkan,” ceritanya.

"Tapi saya melanjutkan hidup saya, mengesampingkannya lagi dan pindah ke LA. Saya mencoba bermain untuk tim lain. Mungkin untuk pelatih lama saya di Atlanta, tetapi mereka tidak pernah tertarik lagi kepada saya setelah menunjukkan minat awal."

“Kemudian saya mencoba bermain untuk salah satu tim LA secara gratis, tetapi setelah tanggapan positif pertama mereka juga tidak pernah tertarik lagi kepada saya.”

"Karier saya perlahan berakhir di sana. Saat itu saya terus berjalan dan tidak menyadari apa yang terjadi pada saya secara emosional. Di atas itu adalah perasaan tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dalam hidup saya. Bangun setiap hari dan tidak tahu apa yang harus dilakukan adalah sangat menyakitkan.”

Kecintaan pada game

"Saya beralih dari kehidupan rutin latihan setiap hari dan bermain setiap minggu menjadi tidak memiliki tujuan atau rutinitas sama sekali. Enam bulan kemudian serangan panik saya dimulai."

Setelah petualangannya di Amerika Utara, Van der Wiel kembali ke tempat kelahirannya, Amsterdam. Adalah tim Belanda, RKC Waalwijk, yang akhirnya memberinya kesempatan untuk berlatih kembali sebagai pemain sepak bola profesional.

"Sekarang kembali ke Amsterdam saya melakukan jauh lebih baik," lanjut Van der Wiel. "Cinta untuk permainan masih ada, tidak pernah hilang. Itulah mengapa saya mencoba untuk kembali ke lapangan apapun yang terjadi dan saya sangat beruntung telah menemukan klub yang bersedia membantu saya mewujudkannya.”

"RKC Waalwijk menerima saya dengan tangan terbuka dan menawarkan untuk membantu saya dalam segala hal. Setelah percakapan yang hebat dengan pelatih kepala dan direktur teknis, itu bukan masalah bagi saya. Saya belum sampai di sana, tetapi saya bekerja keras setiap hari untuk membuat kembali.”

"Saya tidak yakin apakah ini akan terjadi, tetapi waktu akan menjawabnya. Tidak peduli hasilnya, saya sangat berterima kasih atas bantuan luar biasa yang saya dapatkan dari semua orang di RKC.”

"Saya ingin membagikan ini karena ini adalah bagian dari kehidupan. Tidak peduli siapa Anda, kita semua adalah manusia dan ini dapat terjadi pada siapa saja. Saya juga ingin memberi tahu kalian tentang apa yang telah saya alami dan mengapa situasinya seperti sekarang ini.”

"Ini bukanlah tahun yang mudah bagi saya, tetapi saya melakukan jauh lebih baik sekarang dan saya sangat bersemangat untuk hal-hal yang akan datang."

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network