Layak Ditiru! Cara Barcelona Mengenang Jasa Tito Vilanova

"Selama mengabdi di Camp Nou sebagai pemain, pemandu bakat, asisten pelatih, hingga pelatih kepala, banyak hal tak ternilai yang sudah dikerjakan Tito Vilanova."

Feature | 14 November 2020, 06:34
Layak Ditiru! Cara Barcelona Mengenang Jasa Tito Vilanova

Libero.id - Setelah memiliki tempat latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper bernama Camp Tito Vilanova, Barcelona bersiap merilis film untuk mengenang Tito Vilanova. Film dokumenter berjudul "100x100 Tito" itu akan tayang perdana pada Zoom Festival di Igualada, 24-29 November 2020.

Bagi suporter Barcelona, Vilanova bukan orang asing. Selama mengabdi di Camp Nou sebagai pemain, pemandu bakat, asisten pelatih, hingga pelatih kepala, banyak hal tak ternilai yang sudah dikerjakan, termasuk meyakinkan Lionel Messi agar menetap di Katalunya lebih lama.

Sosok yang menghembuskan napas terakhir pada 25 April 2014 pada usia 45 tahun itu menjabat sebagai pelatih kepala pada 2012-2013. Sebelumnya, dia adalah pembantu Pep Guardiola sejak di Barcelona B pada 2007-2008 hingga meraih masa kejayaan pada 2008-2012.

Kecuali Piala UEFA (Liga Eropa), semua trofi pernah dipersembahkan Vilanova ketika menjadi asisten pelatih. Yang paling ikonik saat menyapu bersih enam piala pada tahun kalender 2009.  

Ketika Guardiola mundur pada 2012, estafet kepelatihan diserahkan kepada pemilik nama lengkap Francesc Vilanova i Bayo tersebut. Tapi, akibat masalah kesehatan yang tidak bisa diatasi, Vilanova hanya bertahan satu musim sebelum mundur dan akhirnya menghadap Sang Pencipta.

Pada periode yang singkat itu Vilanova punya peninggalan bagus di Camp Nou. Dia tercatat sebagai salah satu pelatih yang memberikan kemenangan terbesar, 75,56% dari 121 pertandingan. Vilanova juga memberikan gelar La Liga 2012/2013. Itu satu-satunya gelar Vilanova sebelum meninggal.

Hal lain yang tetap dikenang pendukung Barcelona adalah keberhasilan meyakinkan Messi bertahan di Camp Nou. Cerita itu dimulai 6 hari sebelum kematiannya. Vilanova sengaja mengundang Messi untuk berbicara dari hati ke hati, empat mata. Dalam pertemuan itu, Messi mendapatkan banyak nasehat dan suntikan motivasi.

Seusai bertemu pria yang pipinya pernah dicolek Jose Mourinho saat pertandingan Supercopa de Espana tersebut, Messi memutuskan bertahan. La Pulga bersedia memperpanjang kontrak lebih lama lagi dan menolak tawaran menggiurkan dari Manchester City serta Chelsea.

Karena itu, ketika Messi menyatakan akan meninggalkan Barcelona pada transfer window musim panas lalu, banyak pendukung Barcelona yang merindukan kehadiran Vilanova. Hubungan yang sangat dekat dengan Messi karena sudah bersama sejak di La Masia membuat sosok seperti Vilanova dirindukan suporter El Barca.

Setelah lebih dari 6 tahun meninggalkan Barcelona, Vilanova tetap dikenang. Salah satunya dengan memproduksi film dokumenter yang akan ditunjukkan kepada semua penggemar Barcelona di seluruh dunia.

Film itu akan menceritakan perjalanan karier Vilanova. Asisten Vilanova yang akhirnya memimpin tim utama saat menjalani perawatan medis, Jordi Roura, adalah salah satu tokoh kunci dalam film dokumenter tersebut. Dia akan menceritakan banyak hal yang tidak diketahui publik selama kerjasamanya dengan Vilanova.

Dalam film itu juga akan ada potongan rekaman video asli saat Vilanova masih hidup. Klip termasuk meliputi sejumlah konferensi pers yang dihadiri sang pelatih. Ada pula perayaan ketika Barcelona memenangkan gelar liga di musim ketika Vilanova dan Eric Abidal didaulat mengangkat trofi oleh Carles Puyol.

Ada pula komentar-komentar dari para pemain Barcelona yang bekerjasama dengan Vilanova, termasuk Messi. "Dia sangat mengenal Barcelona. Dia mengetahui nilai-nilai klub ini dengan sempurna. Dia orang yang rendah hati, sederhana, hangat, jujur. Dia manusia luar biasa," ucap Messi.

Selain komentar Messi, film itu juga menampilkan banyak pemain hebat Barcelona era Vilanova. Puyol, Xavi Hernandez, Cesc Fabregas, hingga Pedro Rodriguez mengaku masih belum bisa melupakan saat-saat indah bersama Vilanova di lapangan latihan, ruang ganti stadion, maupun setelah pertarungan.

"Dia hidup untuk sepakbola. Dia selalu gembira di lapangan. Dia berbicara kepada pemain tentang pengetahuannya yang sangat bagus di sepakbola. Saya sangat bangga karena dia menjadi pelatih saya untuk waktu yang sangat lama," kata Pedro.

Sebelum film, Barcelona telah lebih dulu menghargai Vilanova dengan memberikan nama stadion tempat latiha tim utama. Di komplek latihan Barcelona terdapat 9 lapangan sepakbola. Lapangan utama itulah yang diberi nama Camp Tito Vilanova. Luasnya 105 x 68 meter dengan tribun kecil beerkapasitas 1.400 orang.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network