Masih Belia, 10 Pemain Ini Sudah Jalani Debut untuk Timnas Inggris

"Padahal mereka kebanyakan baru berusia 17 tahun, tapi sudah berkiprah untuk timnas senior. Anak ajaib!"

Feature | 15 November 2020, 12:11
Masih Belia, 10 Pemain Ini Sudah Jalani Debut untuk Timnas Inggris

Libero.id - Inggris adalah salah satu negara sepakbola di Eropa. Dengan Liga Premier yang populer da bertabur bintang, The Three Lions tidak pernah kekeringan pemain muda berkualitas.

Dalam dua edisi turnamen besar terbaru, yaitu Euro 2016 dan Piala Dunia 2018, Inggris tampil dengan pemain-pemain segar. Banyak pesepakbola muda yang mendapatkan kesempatan bermain mengenakan seragam tim nasional. Mereka adalah pesepakbola-pesepakbola yang menunjukkan performa bagus di level klub secara konsisten.

Meski pada dua ajang itu Inggris tidak juara, performa skuad asuhan Gareth Southgate mendapatkan banyak pujian. Anak-anak muda Inggris dengan berani bertarung menghadapi tim-tim dari negara lain yang memiliki jumlah bintang lebih banyak.

Untuk Euro 2020, Inggris sepertinya akan kembali mengandalkan para pemain muda. Beberapa nama di antaranya bahkan tidak bermain di Liga Premier. Mereka berkompetisi di luar Inggris sehingga diyakini akan memberi lebih banyak warna kepada The Three Lions.

Berikut ini 10 pemain muda yang menjadai debut di timnas Inggris dalam beberapa tahun terakhir:


1. Marcus Rashford

Libero.id

Kredit: thefa.com

Rashford baru berusia 23 tahun, tapi sepertinya dia sudah ada selamanya. Itu karena usianya yang masih sangat muda saat menjadi bintang Manchester United dan Inggris. Dia melakukan debut untuk The Three Lions pada usia 18 tahun, 6 bulan, 26 hari. Dia sudah memiliki 39 caps dan 11 gol untuk negaranya dan mungkin akan memiliki tugas sebagai perdana menteri ketika dia gantung sepatu.


2. Jadon Sancho

Libero.id

Kredit: thefa.com

Bintang Borussia Dortmund ini melakukan debut The Three Lions pada usia 18 tahun, 6 bulan, 17 hari. Dia semakin kuat sejak penampilan pertama untuk Inggris. Sekarang dia dianggap bernilai lebih dari 100 juta pounds karena level penampilannya untuk Dortmund yang sangat stabil sejak musim lalu.

Di masa depan, Inggris diyakini akan semakin tergantung dengan Sancho. Diharapkan dia akan matang di Euro 2020 atau setidaknya bisa membawa Inggris menjurai Piala Dunia 2022. Jika dua ajang itu masih gagal, kesempatan Sancho masih terbuka di 2024, 2026, 2028, hingga 2030.


3. Duncan Edwards

Edwards melakukan debut untuk Inggris pada 1955 saat berusia 18 tahun, 6 bulan, 2 hari. Dia merupakan salah satu anggota The Busby Babes yang meninggal akibat kecelakaan pesawat udara yang legendaris di Muenchen.

Berposisi sebagai gelandang, Edwards baru berusia 21 tahun ketika menghembuskan napas terakhir dalam tragedi Muenchen. Dia telah membuat lebih dari 150 penampilan untuk Manchester United. Selain itu, dia juga sudah mendapatkan 18 caps untuk timnas dan mencetak 5 gol.


4. Micah Richards

Seperti yang dikatakan Richards di masa muda yang ingin bermain untuk timnas saat belum genap berusia 20 tahun. Dia muncul ke timnas dan melakukan debut dalam usia 18 tahun, 4 bulan, 22 hari. Itu bukan hanya membanggakan, melainkan menjadikan Richards bek termuda The Three Lions.

Bersama klub, dia memenangkan 2 Liga Premier, Piala FA, dan Piala Liga. Sayang, karier profesional Richards tidak berjalan sesuai rencana. Sang pemain harus puas dengan 13 caps dan sekarang sudah kehilangan status sebagai media daring.


5. Callum Hudson-Odoi

Libero.id

Kredit: thefa.com

Mempertimbangkan tekanan yang dialami Hudson-Odoi untuk masuk tim utama Chelsea dan Inggris, mudah untuk melupakan betapa mudanya dia. Pemain sayap ini melakukan debutnya untuk The Three Lions hanya pada usia 18 tahun, 4 bulan, 15 hari. Pada usia 20 tahun, dia masih memiliki banyak waktu untuk menambah tiga caps sejauh ini di laga-laga masa depan.


6. Michael Owen

Gol Owen berwajah bayi melawan Argentina di Piala Dunia 1998 membuat semua orang terkejut. Yang membuat itu lebih mengejutkan adalah fakta bahwa dia melakukan debut untuk Inggris lebih dari empat bulan sebelum momen itu, yaitu pada usia 18 tahun, 1 bulan, 28 hari.

Karier Owen sempat dipengaruhi sejumlah cedera. Tapi, dia masih memiliki rekor luar biasa, yaitu 40 gol dalam 89 pertandingan bersama Inggris. Dia juga tercatat  pernah memperkuat klub-klub besar seperti Real Madrid, Liverpool, dan Manchester United.


7. Raheem Sterling

Libero.id

Kredit: instagram.com/sterling7

Sterling telah berada di bawah mikroskop untuk periode besar kariernya. Tapi, yang harus selalu diingat adalah dia merupakan pemain sepakbola yang sangat berbakat. Itu jelas. Buktinya, dia melakukan debut untuk Inggris pada usia 17 tahun, 11 bulan, 6 hari. Luar biasa!

Pada usia 25 tahun, dia memiliki 58 caps dan 13 gol. Dia sekaligus juga menjadi bagian penting dari Manchester City asuhan Pep Guardiola. Sejauh ini dia sudah sanggup memenangkan 2 Liga Premier, 1 Piala FA, dan 4 Piala Liga. Kemungkinan besar jumlah piala Sterling akan terus bertambah seiring waktu berjalan.


8. Jude Bellingham

Libero.id

Kredit: thefa.com

Dalam usia yang baru 17 tahun, 4 bulan, 14 hari, Bellingham telah melakukan debut untuk Inggris. Dia seperti meteor yang melintasi langit karena baru menembus tim utama Birmingham City pada 2019/2020. Setelah itu, dia memutuskan bergabung dengan Jadon Sancho di Borussia Dortmund.

"Kami bisa dengan sembrono mengatakan dia bermain untuk klub besar dan dia bermain sepakbola di Liga Champions. Tapi, sebenarnya ada lebih dari itu. Gambaran yang lebih besar di sini adalah peluang besar untuk membawa pemain muda lain bersama kami yang akan menguntungkan Inggris untuk jangka panjang," kata Gareth Southgate, dilansir Mirror.


9. Wayne Rooney

Rooney adalah sensasi remaja terbaik di Everton dan Manchester United. Jadi, tidak mengherankan jika dia sangat jauh dari daftar ini. Dia baru berusia 17 tahun, 3 bulan, 19 hari saat bermain bersama Francis Jeffers dalam kekalahan 1-3 melawan Australia.

Meski mengalami banyak kejadian kurang bagus dengan seragam Inggris, Rooney tetaplah legenda. Dia dapat melihat kembali 120 caps dan 53 golnya dengan bangga. Sementara trofi yang diraihnya di Old Trafford mencakup Liga Premier dan Liga Champions.


10. Theo Walcott

Libero.id

Kredit: thefa.com

"The Young Theo". Seperti itulah dia dipanggil saat melakukan debut untuk Inggris pada usia 17 tahun, 2 bulan, 14 hari. Dia memiliki 47 caps untuk Inggris saat  bermain untuk Arsenal dan Everton. Tapi, pelan dan pasti popularitas Walcott luntur dan kini sudah jarang menghiasi pemberitaan media-media olahraga di seluruh dunia.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network