Selamat Ulang Tahun!

10 Rivalitas Terpanas dalam Sejarah Sepak Bola

"Derby della madonnina antara AC Milan vs Inter hanya ada di peringkat kelima. El clasico ada di peringkat dua. Mana rivalitas paling panas."

Feature | 15 November 2020, 13:00
10 Rivalitas Terpanas dalam Sejarah Sepak Bola

Libero.id - Situs kenamaan Sportskeeda membuat list soal 10 persaingan antar klub paling panas dalam sejarah sepak bola. Menurut situs olahraga yang didirikan pada tahun 2009 itu tidak ada persaingan yang bisa mengalahkan rivalitas Boca Juniors dan River Plate hingga dinamakan ‘Superclasico.'

Menurut Sportskeeda, Barcelona vs Madrid adalah 'persaingan yang tidak perlu diperkenalkan' dan El Clasico dianggap sebagai 'lebih dari sekedar permainan sepak bola.' Derby Interkontinental antara Fenerbahce dan Galatasaray melengkapi tiga besar, Liga Premier diwakili dengan persaingan antara Liverpool dan Manchester United, sedangkan derby Old Firm antara Celtic dan Rangers berada di peringkat di belakangnya.

Meskipun ada banyak persaingan yang bisa dipilih dalam sepak bola Inggris, Sportskeeda menunjuk pada pentingnya 'dua klub paling sukses di negara itu' saling bertarung.

Publikasi tersebut menambahkan: "Perlombaan untuk mahkota 'Klub Inggris Terbaik' adalah rahasia di balik persaingan ini. Manajer dan pemain legendaris yang telah menjadi bagian dari derby ini selama bertahun-tahun juga telah membantu meningkatkan segalanya." Inter Milan vs AC Milan dan Olympiacos vs Panathinaikos adalah persaingan lain untuk ditampilkan dari benua biru.

Di bawah ini adalah 10 rivalitas terpanas dalam sejarah sepak bola  menurut Sportskeeda.

10. Derby Kolkata (East Bengal vs Mohun Bagan)

Derbi Kolkata, secara lokal dikenal sebagai "Boro Match" atau "Pertandingan Besar" dalam bahasa Bengali, adalah pertandingan sepak bola di Kolkata, antara East Bengal dan ATK Mohun Bagan yang kini berganti nama menjadi Mohun Bagan. Persaingan antara kedua tim ini sudah hampir 100 tahun, dan pertandingan tersebut selalu disaksikan oleh jumlah penonton yang fantastis dengan Mohun Bagan sukses meraih 73 kemenangan sementara East Bengal hanya mendapat 70 kemenangan.

9. Derby Kairo (Al Ahly vs Zamalek)

Derby Kairo adalah pertandingan sepak bola antara klub Mesir Al Ahly SC dan Zamalek. Ini adalah pertandingan antara dua klub paling sukses di Mesir dan Afrika. Ahly dan Zamalek diberi nama oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) masing-masing sebagai Klub Afrika ke-1 dan ke-2 di Abad ke-20. Kedua tim berlokasi di Greater Cairo dan pertandingan mereka dianggap sebagai puncak musim sepak bola dengan siaran langsung ke sebagian besar negara Timur Tengah dan Afrika Utara sejak tahun 1970-an hingga sekarang.

8. Fla-Flu (Flamengo vs Fluminense)

Fla – Flu adalah pertandingan antara dua tim Rio de Janeiro yakni Flamengo dan Fluminense. Dari 426 pertandingan yang sudah dijalani, Mengao berhasil meraih 157 kemenangan sementara Fluminense sukses meraih 132 kemenangan. Rekor kehadiran penonton dalam derby Fla-Flu adalah 194.603 penonton pada tahun 1963.

7. The Old Firm (Celtic vs Rangers)

The Old Firm adalah derby yang kental dengan nuansa agama serta kebangsaan diantara kedua tim Glasgow tersebut.  Kedua klub Skotlandia itu adalah tim yang paling sukses dan populer di sana. Adapun Alec Smith dari Rangers adalah pemegang penampilan terbanyak dengan 87 penampilan sementara Ally McCoist dari Rangers juga adalah pencetak gol terbanyak dalam derby panas tersebut dengan 27 gol.

6. Liverpool vs Manchester United

Libero.id

Kredit: manutd.com

Liverpool vs Manchester United, dikenal juga sebagai North West Derby, adalah persaingan antar tim tersukses di Liga Premier. Persaingan keduanya dianggap sebagai salah satu persaingan terbesar dalam sepak bola dunia.

5. Derby della Madonnina (Inter Milan vs AC Milan)

Libero.id

Kredit: acmilan.com

Derby della Madonnina adalah derby antara dua klub kota Milan, Internazionale dan A.C. Milan. Dinamakan Derby della Madonnina untuk menghormati salah satu pemandangan utama di kota Milan, patung Bunda Maria di atas Duomo, yang sering disebut sebagai Madonnina ("Madonna Kecil" dalam bahasa Italia).

4. Mother of all battles (Olympiacos dan Panathinaikos)

Derby antara Olympiacos dan Panathinaikos disebut sebagai Mother of all battle adalah derby sepak bola lokal di daerah perkotaan Athena antara klub paling sukses di Yunani, Olympiacos dan Panathinaikos . Persaingan antara klub dan fans mereka sangat ketat, sehingga derby ini selalu menjadi derby klasik bagi ibu kota Yunani, serta seluruh Yunani, yang paling bergengsi di negeri Balkan tersebut.

3. Derby Interkontinental (Fenerbahce vs Galatasaray)

Derby Interkontinental adalah nama yang diberikan untuk pertandingan antara Fenerbahce dan Galatasaray. Dari 329 pertandingan di semua kompetisi, The Yellow Canaries berhasil meriah 146 kemenangan dan The Hun-blowers berhasil meraih 124 kemenangan.

2. El Clasico (Real Madrid vs Barcelona)

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

El Clasico adalah pertandingan sengit antara FC Barcelona dan Real Madrid.  Kental akan nuansa politik diawal pertemuan keduanya, pertandingan El Clasico kini lebih menekankan pada siapa klub terbaik di dunia, bukan tanpa alasan, karena keduanya sering bertemu diajang Liga Champions, Copa del Rey, dll. Selain itu keduanya adalah tim yang paling banyak memenangkan trofi bergengsi di dunia.

1.Superclasico (Boca Juniors vs River Plate)

Di nomer satu adalah pertandingan antara Boca Juniors vs River Plate atau lebih dikenal dengan nama Superclasico. Adapun penggunaan kata ' Superclasico' Ini berasal dari bahasa Spanyol "clásico" yang berarti derby, dengan awalan "super" digunakan karena kedua klub tersebut adalah klub paling populer dan sukses di sepak bola Argentina. Faktanya, istilah 'Clásico' berasal dari Argentina, terutama di dalam pertandingan ini yang kemudian digunakan oleh negara lain seperti Spanyol dan Meksiko. Berdasarkan catatan statistik, baik Boca maupun River tela menguasai lebih dari 70% dari semua penggemar sepak bola Argentina.




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan