5 Pemain Berusia Minimal 30 Tahun dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga Premier

"Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi."

Feature | 24 November 2020, 01:45
5 Pemain Berusia Minimal 30 Tahun dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga Premier

Libero.id - Meski Liga Premier kedatangan pemain-pemain muda berkemampuan hebat, bukan berarti orang-orang tua kehilangan tajinya. Sepanjang sejarah kompetisi elite Inggris tersebut, masih banyak pesepakbola berusia 30 tahun ke atas yang tampil membanggakan.

Sebagai kompetisi sepakbola yang memiliki tingkat persaingan tinggi, klub-klub Liga Premier sering mengontrak pemain muda. Tujuannya, membuat tim tampil lebih segar ketika mencoba mengejar trofi.

Namun, tidak semua pemain muda sukses di Inggris. Ada banyak contoh pemain yang tidak sanggup beradaptasi dengan tekanan. Beberapa pemain bahkan hanya numpang lewat. Mereka pergi setelah hanya mampu berkiprah 1 musim atau justru hitungan bulan.

Sebaliknya, terdapat beberapa pemain senior berusia 30 tahun ke atas yang tampil bagus. Meski ada juga yang gagal, sejumlah pesepakbola senja ternyata masih sanggup menunjukkan penampilan yang bagus. Bahkan, ada pemain yang semakin menggila setelah menginjak usia 30 tahun.

Berikut ini 5 pemain berusia minimal 30 tahun yang justru tampil tajam di Liga Premier bersama klub masing-masing:

5. Jamie Vardy (77 gol)

Libero.id

Kredit: instagram.com/vardy7

Vardy terlambat bermain profesional, khususnya di Liga Premier. Pada 17 Mei 2012, diumumkan bahwa Vardy akan menandatangani kontrak dengan klub Championship Division, Leicester City, dengan biaya 1 juta pounds yang berpotensi naik hingga 1,7 juta pounds. Dia menandatangani kontrak 3 tahun dengan The Foxes.

Pada 14 Agustus 2012, Vardy melakukan debut untuk Leicester melawan Torquay United di Puataran I Piala Liga. Empat hari kemudian dia membuat debut liga saat melawan Peterborough United. Vardy mencetak gol liga pertama dalam kekalahan tandang dari Blackburn Rovers, 25 Agustus 2012.

Pada akhir musim 2013/2014, Vardy membawa Leicester promosi ke Liga Premier. Lalu, pada 31 Agustus 2014, dia menjalani debut saat menghadapi Arsenal. Saat itu, Vardy barus berusia 27 tahun.

Sejak bermain di kasta tertinggi, Vardy langsung melejit. Gol demi gol dihasilkan. Dia mampu membawa The Foxes mencetak sejarah juara liga untuk pertama kalinya dalam sejarah. Hebatnya, dari 111 gol di Liga Premier, 77 gol diantaranya dicetak saat berusia 30 tahun.

4. Teddy Sheringham (77 gol)

Sheringham adalah pemain hebat pada masanya. Liga Premier pertama kali dicicipi saat bermain untuk Nottingham Forest. Hanya dua musim bermukim di City Grounds, dia hijrah ke Tottenham Hotspur. Lalu, pada usia 30 tahun, Sherringham pindah ke Manchester United.

Bersama The Red Devils, karier Sheringham semakin cemerlang. Dia menjadi salah satu anggota skuad ketika meraih treble winners 1998/1999. Setelah itu, Sheringham sempat kembali ke Spurs, membela Portsmouth serta West Ham United. Dia pensiun pada 2008 sebagai pemain Colchester United di Championship Division saat berusia 42 tahun.

Jika dijumlah, Sheringham mencetak 166 gol di kompetisi sepakbola kasta tertinggi Inggris. Rinciannya, 89 gol dihasilkan ketika Sheringham berusia di bawah 30 tahun dan 77 gol saat berusia di atas 30 tahun.

3. Frank Lampard (82 gol)

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Berposisi sebagai gelandang, sepak terjang Lampard di Liga Premier bersama Chelsea tidak perlu dijelaskan lagi. Kesuksesan bersama The Blues membuat dirinya diminta kembali ke London Barat untuk menjadi pelatih setelah cerelang dengan Derby County di Championship Division.

Statistik menunjukkan, selama 20 musim bermain di Liga Premier untuk West Ham United, Chelsea, dan Manchester City, Lampard memproduksi 177 gol. Hebatnya, 82 gol diantaranya lahir ketika Lampard berusia 30 tahun. Sisanya, 95 gol dihasilkan sejak Lampard memulai debut di usia 18 tahun.

2. Alan Shearer (84 gol)

Libero.id

Kredit: instagram.com/alanshearer

Semua penggemar sepakbola Inggris tahu siapa Shearer sebenarnya. Dia adalah penyerang terbaik Inggris pada masanya. Sukses membawa Blackburn Rovers menjuarai Liga Premier, Shearer menjadi Legenda di Newcastle United. Dia pensiun setelah The Magpies mengalahkan Sunderland 4-1 pada Derby Tyne-Wear.

"Bermain melawan Sunderland, mencetak gol, dan mendapatkan hasil terbaik dalam 50 tahun bukanlah sebuah cara yang buruk untuk pergi (pensiun)," kata Shearer saat itu, dilansir Planet Football.

Sepanjang karier di kompetisi elite Inggris bersama Southampton, Blackburn, dan Necastle, Shearer bermain 559 kali dan memproduksi 283 gol. Mayoritas dihasilkan sebelum dirinya berusia 30 tahun. Sebab, hanya ada 84 gol yang lahir ketika Shearer menginjak usia 30 tahun. Tapi, tetap saja itu jumlah yang sangat banyak bagi pemain tua.

1. Ian Wright (93 gol)

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Wright menjadi pemain profesional tiga bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-22. Uniknya, penyerang legendaris Inggris itu melakukan debut di kompetisi papan atas pada usia 26 tahun.

Puncak karier Wright hadir bersama Arsenal. Dia mencetak 128 gol dari 221 penampilan liga. Wright juga membantu The Gunners menghasilkan gelar juara Liga Premier (1997/1998), Piala FA (1992/1993, 1997/1998), Piala Liga (1992/1993), serta Piala Winners (1993/1994).

Menariknya, hampir 100 gol dihasilkan Shearer di kompetisi kasta tertinggi di Negeri Ratu Eliazbeth II tersebut di usia 30 tahun. Totalnya, 93 gol. Setelah bertahan cukup lama, kemungkinan besar catatan Wright akan mampu dilewati Jamie Vardy. Penyerang Leicester itu hanya butuh 17 gol tambahan!

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network