Hebat! Inilah 8 Pertandingan Clean Sheets yang Dijalani Edouard Mendy

"Keputusan Chelsea mendatangkan Edouard Mendy dari Rennais ternyata tepat."

Feature | 30 November 2020, 10:14
Hebat! Inilah 8 Pertandingan Clean Sheets yang Dijalani Edouard Mendy

Libero.id - Keputusan Chelsea mendatangkan Edouard Mendy dari Rennais ternyata tepat. Penjaga gawang Senegal kelahiran Prancis itu menjelma menjadi sosok tangguh di pertahanan The Blues.

Mendy langsung memperlihatkan ketangguhan setelah Frank Lampard menjadikan dirinya pengganti Kepa Arrizabalaga. Pemuda berusia 28 tahun itu mampu tampil tangguh pada 6 laga perdananya di Premier League. Mendy sudah membuat 5 clean sheets dari 6 pertandingan itu.

Menurut Opta, prestasi Mendy melampaui kiper-kiper lain di Liga Premier. Dia mengungguli Rui Patricio (Wolverhampton Wanderers), Lukasz Fabianski (West Ham United), Hugo Lloris (Tottenham Hotspur), Emiliano Martinez (Aston Villa), Alex McCharty (Southampton), hingga Ilan Meslier (Leeds United), dengan 4 clean sheets.

Mendy juga melampaui beberapa kiper tangguh lainnya. Sebut saja Ederson Moraes (Manchester City) dengan 3 clean sheets  atau David de Gea (Manchester United) dan Alisson Becker (Liverpool) dengan 3 clean sheets.

Jika ditotal, Mendy sudah membuat 8 clean sheets dari 11 penampilan memebanggakan bersama Chelsea musim ini. Selain Liga Premier, pemilik 9 caps untuk tim nasional Senegal tersebut juga 3 kali mencatatkan clean sheets di Liga Champions.

"Semua orang telah melakukan segalanya untuk membantu saya berintegrasi semulus mungkin, para pemain, staf, mereka semua telah membantu saya. Saya menanggapi itu dengan mengabdikan diri untuk menjadi penjaga gawang terbaik yang saya lakukan di lapangan. Saya akan terus seperti itu untuk terus berusaha membantu tim," kata Mendy di situs resmi Chelsea.

"Saya telah bergabung dengan klub yang sangat bagus. Saya merasa baik di tim ini. Saya harus mengenal mereka dan mendapatkan kedekatan dengan mereka yang membantu selama pertandingan. Tentu saja dengan Kurt (Zouma) dan Thiago (Silva. Mereka berbicara Bahasa Prancis yang bagus untuk saya. Tapi saya juga bisa berkomunikasi dengan baik dengan pemain lain dan saya sangat menikmatinya," tambah Mendy.

Berikut ini 8 pertandingan yang dijalani Mendy bersama Chelsea tanpa memungut bola dari gawangnya:


1. Chelsea vs Crystal Palace 4-0

Laga melawan Palace menjadi penampilan perdana Mendy untuk Chelsea di Liga Premier. The Blues unggul 4 gol tanpa balas melalui aksi Ben Chilwell, Kurt Zouma, dan Jorginho (2 gol). Sejak memulai pertandingan hingga menit terakhir, Mendy mampu menjaga keperawanan gawangnya.

Namun, tidak ada pujian yang dialamatkan kepadanya. Pasalnya, pertahanan Chelsea memang tampil sangat bagus sehingga para pemain depan The Eagles kesulitan melepaskan tendangan ke gawang. Selain itu, The Blues juga mendominasi lapangan sehingga Mendy tidak banyak berjibaku menghalau bola.


2. Menchester United vs Chelsea 0-0

Meski ada sedikit kesalahan, pujian juga didapatkan Mendy setelah Chelsea menghadapi Manchester United di Old Trafford. Serbuan bertubi-tubi para pemain dengan The Red Devils mampu diatasi Mendey dengan bagus. Jika tidak ada Mendy, bisa jadi The Blues menelan pil pahit kekalahan 0-1 atau 0-2.

"Mendy memang membuat beberapa kesalahan di Old Trafford dengan kakinya. Tapi, itu tidak mempengaruhinya sama sekali. Mendy tidak tampak kehilangan kepercayaan dirinya. Tampaknya Mendy datang ke sini untuk mengatakan dialah yang akan menyelamatkan Chelsea," kata Legenda MU, Rio Ferdinand, saat itu kepada BT Sport.

"Saya menyaksikannya pertama kali saat melawan Crystal Palace dan saya pikir itu adalah pertandingan pertamanya. Dia sangat percaya diri. Mendy bertubuh besar, spesimen yang hebat. Tapi, pria itu melakukan penyelamatan. Dia melakukan penyelamatan penting pada saat-saat yang penting," tambah mantan pemain belakang Inggris itu.


3. Chelsea vs Sevilla 0-0

Dibandingkan lini depan, para pemain pertahanan Chelsea menampilkan permainan yang sangat bagus. Pasalnya, Sevilla bermain dengan mengandalkan ball possesion yang bagus. Mereka mengurung pertahanan The Blues dengan melancarkan serangan-serangan yang teratur dengan baik.

Beruntung, para pemain belakang The Blues mampu menjalin komunikasi yang bagus sehingga tidak ada gol yang tercipta. Meski sangat disayangkan karena hanya mendapat 1 poin di kandang, performa bagus Mendy di laga tersebut akan terus meningkat pada pekan-pekan selanjutnya.


4. Krasnodar vs Chelsea 0-4

Kemenangan besar kembali dihasilkan Chelsea di pertandingan. Semua pemain tampil solid. Pada pemain belakang sanggup melakukan penjagaan yang ketat terhadap penyerang-penyerang klub Rusia itu. Sementara lini depan leluasa mengobrak-abrik pertahanan lawan.


5. Burnley vs Chelsea 0-3

Menghadapi Burnley, Chelsea bermain sangat teratur di semua sektor lapangan. Serangan demi serangan mereka bangun dengan baik. The Blues mampu mendominasi lapangan dan mendistribusikan banyak gol. Kemenangan Chelsea semakin sempurna setelah Mendy mampu menjaga keperawanan gawangnya dengan sangat sempurna.


6. Newcastle United vs Chelsea 0-2

Libero.id

Kredit: instagram.com/Edou_Mendy

Rentetan clean sheets Mendy berlanjut saat Chelsea tampil di St James' Park menghadapi Newcastle United. Tampil dengan kepercayaan diri tinggi, Mendy melakukan beberapa penyelamatan gemilang yang membuat dirinya mendapatkan pujian dari banyak orang.

"Mereka bermain bagus di semua sektor lapangan. Kami sudah mencoba mengembangkan permainan kami. Tapi, selalu menemui hambatan ketika masuk pertahanan mereka. Mereka memiliki bek yang bagus. Tentu saja kiper mereka juga tidak bisa dilupakan," ungkap Pelatih The Magpies, Steve Bruce, dikutip BBC Sport.

Pujian pantas didapatkan Mendy karena itu merupakan clean sheets keenam yang berhasil dilakukan bersama Chelsea. Mendy juga selalu masuk starting line-up The Blues, kecuali saat menghadapi Southampton. Saat itu Kepa Arrizabalaga yang merumput dan The Blues bermain imbang 3-3.

"Saya senang dengan permainan kami, terutama para pemain belakang yang bagus. Kami juga punya kiper yang mampu membuat rekan-rekannya tenang. Tapi, kami masih punya banyak pertandingan yang harus dijalani dan diperlakukan dengan sungguh-sungguh," ujar Lampard.


7. Chelsea vs Rennais 3-0

Libero.id

Kredit: instagram.com/chelseafc

Bertemu mantan klubnya untuk pertama kalinya sejak bergabung dengan Chelsea tidak membuat Mendy grogi. Dia tetap tampil profesional dengan menggagalkan sejumlah upaya mencetak gol ke jala The Blues. Meski sorot kamera televisi berkali-kali ke arah Mendy, dia tampak tenang.

Akibatnya, Chelsea unggul 3-0 dan Mendy menghasilkan clean sheets lagi. Itu adalah clean sheets kelima beruntun Chelsea. Itu menjadi yang pertama dalam satu dekade terakhir. Terakhir kali The Blues tidak menderita gol lima pertandingan beruntun di semua ajang saat Petr Cech masih aktif.


8. Chelsea vs Tottenham Hotspur 0-0

Libero.id

Kredit: instagram.com/chelseafc

Mendy membuat clean sheets paling baru saat Chelsea ditahan imbang Tottenham Hotspur. Mendy juga membuat beberapa penyelamatan gemilang. Sebut saja saat menggagalkan peluang Serge Aurier di babak pertama. Sepakan pemain lawan yang mengarahkan bola ke pojok bawah kiri gawang Chelsea bisa diantisipasi sang kiper.

Meski Spurs bermain lebih defensif dibanding biasanya, peran Mendy tidak bisa dikesampingkan. "Pertandingan tidak memiliki banyak peluang. Ini adalah pertandingan ketika kedua tim ingin menang. Kami saling menghormati. Tidak ada yang bertaruh. Tidak ada yang mencoba mengubah arah permainan. Semua orang berpikir satu kesalahan akan dihukum," ujar Jose Mourinho.

"Saya rasa dalam situasi seperti ini keberadaan pemain-pemain bertahan yang solid sangat diperlukan, termasuk kiper. Saya harus mengucapkan selamat pada kedua kiper yang bermain bagus," tambah nakhoda asal Portugal itu.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network