Pengakuan Lengkap Wartawan yang Pertama Kali Mengabarkan Maradona Meninggal

""Saat itu saya berlutut dan menangis sendirian depan komputer. Itu adalah berita yang tidak pernah ingin saya tulis.""

Feature | 01 December 2020, 05:28
Pengakuan Lengkap Wartawan yang Pertama Kali Mengabarkan Maradona Meninggal

Libero.id - Julio Chiappetta adalah seorang  jurnalis olahraga senior Argentina. Dia bekerja untuk surat kabar Clarin, posisinya sebagai editor kolom olahraga di media cetak kenamaan itu.

Sebagai jurnalis olahraga, Julio kenyang pengalaman dalam mewawancarai atlit-atlit, tetapi ia mengaku, tak ada yang lebih berharga dan menyenangkan ketimbang mewawancarai Diego Maradona.

Bahkan, sepanjang karier jurnalistiknya, Julio telah lebih dari 40 kali saling timpal dengan Maradona. Kita tahu, kematian adalah soal giliran, dan hari-hari sedih yang tak diharapkan oleh Julio tiba pada hari Rabu (25/11/2020).

Di hari itu, Julio mau tak mau, kebagian tugas untuk mewartakan kematian Maradona kepada dunia. Julio kemudian dimintai keterangan oleh situs olahraga Sapnyol, MARCA bagaimana dia mengatur situasi dan suasana batinnya pada saat momen berkabung atas 'gantung sepatu abadi' sang Legenda sepakbola, Diego Maradona.

Di bawah ini petikan wawancaranya:

MARCA: Apakah Anda menangis saat menyampaikan berita itu?

Julio Chiappetta:  "Aku butuh waktu setengah jam untuk mempublikasikan berita. Sebenarnya aku tidak bisa menulis satu baris pun. Rekan-rekanku yang menulis berita itu dan aku ada di rumah. Itu sebabnya aku tidak memberi keterangan namaku sebagai editor di berita itu."

Marca: Berapa kali Anda harus mengonfirmasi kabar itu sebelum akhirnya menerbitkan?

Julio Chiappetta : "Dua kali. Berita itu sampai ke kolega saya, Mariano Verrina dan kemudian dia mendapat konfirmasi ketika dia menerima pesan hanya dengan kata-kata" dia sudah meninggal”.

Kemudian, saya mengonfirmasinya dengan seseorang di lingkaran dekat Diego. Kami tidak bisa mengambil risiko melanjutkan dengan berita hanya dengan satu sumber. Saya segera memastikannya."

Marca: Apakah itu dikonfirmasi oleh seseorang di rumah tempat dia meninggal?

Julio Chiappetta : "Ya, dari seseorang yang sangat dekat dengan Diego. Saat itulah saya memberi tahu koran. Kami menerbitkannya pada pukul 13:06 (17:06 di Spanyol). Saat itulah saya berlutut dan menangis sendirian di depan komputer."

Marca: Apakah Anda mengharapkan berita itu?

Julio Chiappetta: "Saya menerbitkan sesuatu selama seminggu yang mengatakan bahwa" Diego sangat tertekan ". Jadi, saya sadar bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Pada hari Rabu kami mulai bekerja pukul 08.00 pagi.

Pada tengah hari, saya menerima pesan dari seseorang yang bersamanya mengatakan 'Julio, Diego mengalami serangan jantung'. Saya tidak akan pernah mengatakan siapa orang itu. Karena itu of the record, yang terpenting saya harus bekerja dan kami menerbitkan beritanya.

Marca: Berapa lama waktu berlalu antara kematian Diego dan berita yang diterbitkan di Clarin?

Julio Chiappetta: Dua jam.

Marca: Menurut Anda seperti apa kematiannya?

Julio Chiappetta : Sumber saya mengatakan kepada saya, Diego telah bangun dan kemudian kembali ke tempat tidur dan kemudian mengalami serangan jantung. Tapi saya pikir Diego meninggal pada malam hari, dalam keadaan tidur.

Dia pergi tidur pada pukul 23.00 pada hari Selasa dan tidak bangun lagi. Keponakannya Jonny adalah orang terakhir yang melihatnya masih hidup.

Marca: Jadi, apakah perawat yang mengatakan bahwa dia melihat Diego masih hidup pada pukul 06:00 pagi pada hari Rabu itu bohong?

Julio Chiappetta : Perawat itu mengoreksi pernyataannya dan kemudian mengatakan bahwa perusahaan tempat dia bekerja memaksanya untuk mengatakan itu.

Marca : Apakah ada kelalaian?

Julio Chiappetta : Menurut saya rumah sakit  yang merawat Diego 24 jam sehari, membagi perawat dalam tiga shift terpisah, dan itu akan mengalami masalah.
Rumah sakit itu bahkan tidak memiliki defibrillator!, Apakah itu tampak normal? Terutama dengan pasien yang memiliki riwayat penyakit jantung dan baru saja menjalani operasi serius.

Dari soal bagaimana perasaan Julio saat harus mewartakan sesuatu yang sulit ia lakukan, lalu kepastian meninggalnya Maradona itu sendiri bahkan hingga menanyakan terkait penanganan rumah sakit, Marca mulai beranjak ke hal-hal yang menyoroti kehidupan pribadi Maradona, tentang cinta, orang-orang yang dekat dan pernah dekat dengan Maradona dan lain seterusnya.
Simak petikan wawancaranya di bawah ini:

Marca: Anda 'menyoroti’ Veronica Ojeda, mantan pacarnya Diego dan ibu dari putra bungsunya. Mengapa?

Julio Chiappetta : Karena dia hanya tertarik punya anak dengan Diego agar masa depannya terjamin. Misalnya dia yang membuat Maradona pergi ke stadion Gimnasia di hari ulang tahunnya. Ini semua karena ada kesepakatan kontrak. dengan YPF [perusahaan perminyakan Argentina] yang akan membayar uang kepada Maradona dan tanggungannya, termasuk Dieguito Fernando.

Marca: Lalu, bagaimana Anda menggambarkan Rocio Oliva, mantan pacar Diego juga?

"Tidak, menurutku dia menjauhkan diri dari semua itu pada saat yang tepat. Dia bilang cinta itu hilang, tapi Rocio juga bersamanya karena dia tertarik. Mereka berbagi cinta pada sepak bola, tapi mereka tidak punya anak. Aku sangat yakin bahwa cinta terbesar Maradona adalah Claudia Villafane, ibu dari Dalma dan Gianinna. Pacar pertamanya. Diego jatuh cinta pada Claudia. Dia kemudian membawanya ke pengadilan karena masalah yang tak diketahui, mungkin dendam.”

Marca: Menurut Anda, siapakah jurnalis favorit Maradona?

Julio Chiappetta : Dani Arcucci, yang sekarang bekerja di ESPN . Dialah yang pertama kali bertemu dengannya, bersama El Grafico, dan orang yang menulis otobiografinya bersama Cherquis Bialo.

Dialah yang paling tahu tentang Diego, meski baru-baru ini belum sering berhubungan dengannya. Maradona memang seperti itu. Dia akan datang dan pergi dan terlebih lagi dengan pers.

Jika Anda menulis sesuatu yang tidak dia sukai, Anda masuk daftar hitam. Meskipun, terkadang Anda bisa mendapatkan kembali kepercayaannya dan lain kali Anda tidak bisa.

Marca: Tapi, hanya satu jurnalis yang menghadiri pemakaman itu, Martin Arevalo. Apakah itu membuat Anda terkejut?

Julio Chiappetta: Tidak, karena Maradona tidak memutuskan ini, keluarganya yang memutuskan. Diego sudah tidak hidup lagi. Ada perbedaan. Martin memiliki hubungan yang lama dengan keluarga dan terutama dengan Claudia.

Marca: Apakah keadaan akan berubah dalam kehidupan profesional Anda sekarang setelah berita besar ini?

Julio Chiappetta: Tidak, hidup berjalan seperti biasa. Saya terlahir sebagai jurnalis dan saya akan mati sebagai jurnalis. Saya hanya shock dan masih sangat kesakitan, itu wajar. Saya hanya seorang jurnalis sederhana.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network