Kisah Federico Macheda, Si Wonderkid Satu Musim Bersama Setan Merah

"Pada 2010 dia daftar 100 pemain muda terbaik lahir setelah tahun 1989. Nasib membawanya terlunta ke berbagai klub kelas bawah."

Biografi | 15 December 2020, 10:52
Kisah Federico Macheda, Si Wonderkid Satu Musim Bersama Setan Merah

Libero.id - Pada 5 April 2009, Sir Alex Ferguson mempercayakan seorang 17 tahun dengan tanggung jawab untuk membawa United kembali ke pertandingan yang harus dimenangkan melawan Aston Villa. Pertandingan penting dalam perburuan gelar bersaing dengan Liverpool.

Dengan hanya 10 menit tersisa, Cristiano Ronaldo menjadikannya 2-2 tetapi Federico Macheda lah yang mencetak gol kemenangan melalui sepakan indahnya.

Jelang peluit panjang dibunyikan, Macheda dengan lihai menguasai bola yang disodorkan Ryan Giggs, berbalik dan menceploskan bola melewati Brad Friedel yang tak berdaya, persis ke sudut kiri gawang.

Jika gol itu tidak cukup untuk menggairahkan para penggemar Setan Merah, seminggu kemudian remaja itu kembali mencetak gol melawan Sunderland saat tampil untuk kedua kalinya. Ia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dan mencetak gol hanya 46 detik setelah turun ke lapangan. Sekali lagi itu terbukti menjadi gol kemenangan pertandingan saat United tinggal beberapa match lagi menunju gelar Liga ke-18 mereka. Wonderkid Italia dengan cepat menjadi pahlawan di Old Trafford.

Seperti peraturan Liga Premier, seorang pemain harus tampil dalam setidaknya 10 pertandingan liga - baik sebagai pemain pengganti atau starter untuk mendapatkan medali pemenang, Macheda sendiri hanya mengemas 5 penampilan. Namun, Sir Alex dan official United mengimbau ke Liga Inggris agar Federico Macheda dianugerahi medali juara liga, itulah dampaknya. Dengan gol anak muda yang mengubah dua hasil imbang menjadi kemenangan, empat poin yang diperoleh pada akhirnya terbukti menjadi kunci dalam perburuan gelar yang ketat.

Macheda benar-benar memukau mata para pecinta sepak bola di seluruh dunia dengan penyelesaian klinisnya, gerakan cerdas, dan kemampuannya untuk melepaskan tembakan ke gawang dari luar kotak. Macheda telah digambarkan sebagai "striker modern", dilengkapi dengan kemampuan membaca permainan, penempatan posisi yang baik dan fisik yang kuat. Pada tahun 2010 Don Balón memasukkannya ke dalam daftar 100 pemain muda terbaik yang lahir setelah tahun 1989.

Musim berikutnya, Macheda melanjutkan perkembangannya di United dengan tampil dalam 10 pertandingan. Pada 3 April, Macheda mencetak gol soliternya, dengan United tertinggal satu nol melawan Chelsea, Macheda masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol hiburan dalam kekalahan 1-2.

Musim berikutnya, setelah penampilan yang cukup baik, penyerang kelahiran Roma itu dikirim dengan status pinjaman di Sampdoria pada Januari. Ia hanya mencetak satu gol untuk tim Italia dalam 14 penampilan karena kinerja buruk klub menyebabkan mereka terdegradasi ke Serie B.

Musim berikutnya, Macheda mengungkapkan keinginannya untuk melanjutkan pendidikan sepak bolanya di Inggris dan memilih untuk tinggal di Manchester.

Namun, ia tidak mendapatkan banyak waktu bermain dan hanya berpartisipasi dalam kampanye Piala Liga yang tidak berlangsung lama. Pada Januari 2012, Macheda dipinjamkan ke sesama klub Liga Premier, Queens Park Rangers dan keberadaan pemain Italia di Loftus Road  diperpendek dengan cedera pergelangan kaki yang dideritanya.

Dalam tiga musim berikutnya, Macheda kemudian dipinjamkan  ke VfB Stuttgart, Doncaster Rovers dan Birmingham City. Saat itu, penyerang tersebut hanya mencetak 13 gol dalam 47 pertandingan, kemudian ia dibebaskan oleh manajemen Setan Merah pada akhir musim 2013/14.

Setelah dibebaskan oleh United, Macheda bergabung dengan Cardiff City, di mana ia membuat 21 penampilan dan mencetak 6 gol di Kejuaraan EFL musim 2014/15. Musim berikutnya kariernya berubah dari buruk menjadi lebih buruk, tidak membuat penampilan di liga dan hanya bermain sebagai pemain pengganti di musim 2015/16, Macheda bergabung dengan sesama klub EFL, Nottingham Forest dengan status pinjaman dan tidak mendapatkan banyak waktu bermain. Sekembalinya, kontraknya dibatalkan dengan persetujuan bersama.

Penyerang berbakat itu kembali ke negara asalnya, Italia dalam upaya putus asa untuk menghidupkan kembali kariernya. Ia bergabung dengan klub Serie B, Novara Calcio dengan kontrak 18 bulan. Selama waktunya di Serie B, ia membuat 51 penampilan dan mencetak 10 gol.

Macheda saat ini bermain di Liga Super Yunani bersama Panathinaikos. Pada September 2018, ia menandatangani kontrak tiga tahun dengan klub dan pada Agustus 2020 memperpanjang kontraknya hingga 2023. Liga Super Yunani yang relatif tidak dikenal telah membantu pemain Italia itu mendapatkan kembali kepercayaan dirinya di depan gawang, mencetak 28 gol dalam 70 penampilan sejak tiba di 2018.

Sulit untuk menunjukkan apa yang salah dengan penyerang berbakat, yang pernah dianggap sebagai salah satu prospek paling menjanjikan di Tanah Inggris. Itu hanya menunjukkan bahwa untuk menjadi pemain kelas dunia gelar sebagai wonderkid saja tidak cukup, pemain harus bisa melanjutkan perkembangan mereka untuk mencapai potensi penuhnya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network