Peringkat 41 Pemain Transfer Gratis, Dari Ikonik Sampai Kategori Buruk

"Cafu (Roma ke Milan) dan Ruud Gullit (Milan ke Chelsea) masuk kategori ikonik."

Feature | 18 December 2020, 14:04
Peringkat 41 Pemain Transfer Gratis, Dari Ikonik Sampai Kategori Buruk

Libero.id - Dalam sepak bola kita mengenal istilah free transfer, dimana pemain pindah dari dan ke klub baru secara cuma-cuma, faktornya beragam, boleh jadi karena usia, kemerosotan performa pemain dan lain sebagainya. Atas dasar itu, kadang-kadang pemain dengan status free transfer merupakan satu perjudian. Selayaknya judi, kemungkinannya hanya dua, ‘menang’ atau ‘kalah’ sama sekali.

Lewandowski dan Andrea Pirlo adalah contoh baik yang pernah ada, sementara pemain Arsenal Marouane Chamakh termasuk di antara kegagalan terburuk. Sejak tiba tanpa bayaran dari Borussia Dortmund pada 2014, Lewandowski  telah mencetak 262 gol untuk De Bavaria. 

AC Milan pada tahun 2011, secara gratis melepas Pirlo yang mereka pikir terlalu tua untuk diandalkan, tapi nyatanya maestro lini tengah itu jadi sosok yang sangat penting dalam membangun kembali Juve sebagai klub dominan Italia. Pirlo membawa Juventus memenangkan empat Gelar Serie A berturut-turut.

Tapi kisah pemain veteran seperti halnya Pirlo dan Lewandowski tak semuanya bagus. Lihatlah nasib Joe Cole yang pindah ke Liverpool, Robert Pires (Aston Villa) atau Michael Owen (Stoke) - masing-masing berada dalam kategori 'Nama Besar yang Gagal'.

Sementara itu  Zlatan Ibrahimovic di Manchester United hanya mendapat kategori kepindahan pemain yang  'Baik', seperti halnya Dani Alves di PSG dan Juventus. Karena meskipun mereka adalah pemain hebat sepanjang masa, mereka tidak bertahan cukup lama untuk menjadi legenda di klub tersebut.

Di sisi lain, Chamakh bergabung dalam kategori 'Buruk’ satu tempat dengan trio bencana Liverpool: Philipp Degen, Milan Jovanovic dan Andriy Voronin yang memang datang dengan ekspektasi rendah.

Namun ini bukan semata hanya soal gagal atau berhasil atau baik dan buruk, dalam versi yang lebih umum, jika kita buat kategori baru, daftar akan semakin panjang, misalnya saja untuk pemain yang masuk kategori 'Ikonik' alias pemain-pemain yang jika kita sebut namanya maka orang-orang akan langsung mengasosiasikan dengan satu klub.

Ada nama Sol Campbell yang kepindahannya dari Tottenham ke Arsenal dinilai kontroversial, juga Michael Ballack yang pergi ke Chelsea, lalu Cafu yang berganti seragam dari Roma ke AC Milan dan Steve McManaman dari Liverpool yang kemudian jadi pahlawan kultus - dan memenangkan dua Liga Champions di Real Madrid.

Semua nama-nama pesepakbola beken di atas adalah daftar yang telah dipetakan oleh situs olahraga SPORTbible untuk beberapa kategori pemain dengan riwayat  free transfers, selebihnya mari kiat lihat pembagian untuk kategori lain yang lebih lengkap :

Kategori Ikonik : Cafu (AC Milan), Sol Campbell (Arsenal), Paul Pogba (Juventus), Michael Ballack (Chelsea), Steve McManaman (Real Madrid), Luis Enrique (Barcelona), Ruud Gullit (Chelsea), Esteban Cambiasso (Inter Milan).

Kategori Diremehkan : James Milner (Liverpool), Raul (Schalke), Teemu Pukki (Norwich), Jay-Jay Okocha (Bolton), Gary McAllister (Liverpool), Gus Poyet (Chelsea), Demba Ba (Newcastle), Paul Lambert (Borussia Dortmund).

Kategori Baik : Zlatan Ibrahimovic (Man United), Craig Bellamy (Liverpool), Miroslav Klose (Lazio), Joel Matip (Liverpool), Leon Goretzka (Bayern Munich), Josh King (Bournemouth), Henrik Larsson (Barcelona), Gianluca Vialli (Chelsea ), Dani Alves (Juventus / PSG).

Kategori Nama Besar yang Gagal : Joe Cole (Liverpool), George Weah (Man City), Robert Pires (Aston Villa), Michael Owen (Stoke), Victor Valdes (Man United), Ian Rush (Leeds), Mark Bosnich (Chelsea), Freddie Ljungberg (Celtic), Javier Saviola (Real Madrid).

Kategori Buruk : Marouane Chamakh (Arsenal), Philipp Degen (Liverpool), Milan Jovanovic (Liverpool), Jose Bosingwa (QPR), Andriy Voronin (Liverpool), Arnau Riera (Sunderland), Mladen Petric (West Ham).

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network