Kronologi Bulan per Bulan: 2020 Tahun Paling Nahas Bagi Barcelona

"Kronologi lengkap dari Januari sampai Desember mengapa fans Barcelona ingin segera lupakan 2020. Mungkinkah bangkit pada 2021? Sulit."

Feature | 01 January 2021, 02:11
Kronologi Bulan per Bulan: 2020 Tahun Paling Nahas Bagi Barcelona

Libero.id - 2020 merupakan tahun yang buruk untuk banyak orang, namun khusus untuk Barcelona, tahun 2020 bak cobaan yang tiada habisnya. Mulai dari penghinaan di lapangan hingga kontroversi kepelatihan hingga masalah keuangan menghiasi perjalanan tim Catalan sepanjang tahun 2020.

Tahun 2020 baru saja berlalu. Mari coba kita lihat kembali kronologi  pengalaman buruk yang dialami oleh Blaugrana:

Januari

Tahun 2020 dimulai dengan derby Catalan melawan Espanyol dan gol telat Wu Lei membuat Barcelona kehilangan poin dengan hasil imbang 2-2. Supercopa de Espana menyusul dan kekalahan dari Atletico Madrid di semifinal menyebabkan pemecatan Ernesto Valverde.

Oscar Grau dan Eric Abidal bertemu dengan Xavi Hernandez di Doha, tetapi mantan kapten Barca itu mengatakan 'tidak' dan klub akhirnya memilih Quique Setien sebagai bos baru mereka. Pelatih baru memulai dengan awal yang lambat, menderita banyak kekalahan saat di Copa del Rey dan kalah dari Valencia dalam laga lanjutan La Liga.

Februari

Februari dikenal sebagai bulan terpendek dalam kalender masehi, tetapi itu terasa panjang untuk Barcelona dan Cules. Dimulai dengan serangan balik Lionel Messi kepada pejabat klub, Eric Abidal setelah mantan pemain Monaco itu mengkritik beberapa sikap para pemain.

Cedera pada Ousmane Dembele juga dialami Barcelona dan menjadi berita utama saat mereka merekrut Martin Braithwaite dari Leganes, transfer yang membuat El Barca berada di posisi yang sulit dan itu tidak berjalan dengna baik. Di lapangan, hasil pertandingan La Liga cukup memuaskan tetapi tim tersingkir dari Copa del Rey saat melawan Athletic Bilbao.

Maret

Libero.id

El Clasico. Kredit: fcbarcelona.com

Pertandingan pertama bulan Maret adalah El Clasico dan Barcelona dikalahkan dengan oleh anak asuh Zidane di Estadio Santiago Bernabeu dengan skor 0-2. Asisten pelatih klub, Eder Sarabia menjadi viral untuk semua alasan yang salah atas teriakannya dari pinggir lapangan. Menang atas Real Sociedad, virus corona muncul dan memaksa semua kompetisi Eropa berhenti, itu sangat membawa banyak kesengsaraan, khususnya bagi pendukung Barcelona.

April

Bahkan dalam sebulan lockdown, Barcelona masih mencari drama dengan beberapa direktur mengundurkan diri dari jabatan mereka.

Mei

Tidak banyak yang bisa diceritakan di bulan Mei, satu hal yang pasti, semua tim bersiap untuk menyambut kompetisi untuk kembali digulir, termasuk Barcelona di La Liga.

Juni

Kompetisi akhirnya kembali digulir dan Barcelona memulai dengan kemenangan tandang 4-0 atas  Real Mallorca. Disusul  melawan Sevilla, Celta Vigo dan Atletico Madrid,  Gerard Pique memicu kontroversi dengan mengatakan bahwa Los Blancos disukai oleh wasit usai hasil positif yang diraih oleh Toni Kroos dan kawan-kawan.

Juli

Libero.id

Barcelona vs Osasuna. Kredit: fcbarcelona.com

Di bulan Juli, harapan gelar Barcelona benar-benar memudar dan mereka kalah di kandang sendiri dari Osasuna pada 16 Juli, di malam saat Real Madrid mengukuhkan gelar, dan itu menandakan bahwa mereka harus fokus ke Liga Champions, meskipun seperti yang sudah diketahui bersama bahwa itu tidak berakhir menyenangkan.

Agustus

Barcelona mengawali Agustus dengan mengamankan tempat mereka di babak delapan besar Liga Champions, menumpaskan Napoli dengan kemenangan 3-1 di Camp Nou tanpa adanya penonton.

Lalu kebahagiaan itu dirampas oleh Bayern Muenchen dengan penghinaan 2-8 yang tidak akan pernah terlupakan. Quique Setien dipecat dan situasi semakin runyam. Ronald Koeman masuk, lalu di penghujung bulan drama Messi pun terjadi.

September

Meskipun Messi akhirnya memutuskan untuk tinggal selama satu tahun lagi, September masih merupakan bulan yang rumit bagi Barcelona. Beberapa pemain lain memang pergi pada bursa transfer musim panas karena faktor usia. Akhir September, Barcelona memulai musim 2020/21 mereka dengan kemenangan 4-0 atas Villarreal.

Oktober

Libero.id

Getafe vs Barcelona. Kredit: fcbarcelona.com

Bulan Oktober diawali dengan kekalahan dari Getafe dan kemudian kekalahan di kandang pertama dalam derby El Clasico musim ini. Di luar lapangan, para pendukung membawa mosi tidak percaya terhadap Josep Maria Bartomeu dan akhirnya mengundurkan diri pada akhir bulan untuk mengantarkan dewan sementara dan kampanye pemilihan presiden klub yang baru.

November

Bulan November ditandai dengan empat kemenangan dari lima laga, El Barca hanya kalah dari Atletico Madrid di bulan November. Tapi, cedera menghantam klub dengan keras dimana Gerard Pique serta Sergi Roberto sama-sama bergabung dengan Ansu Fati di ruang perawatan dengan masalah jangka panjang.

Desember

Kekalahan melawan Cadiz dan Juventus di awal bulan terakhir tahun 2020 membuat Barcelona semakin tertinggal di La Liga dan mereka finis kedua di grup Liga Champions, menyiapkan pertandingan 16 besar melawan Paris Saint-Germain. Blaugrana juga ditahan di kandang oleh Valencia dan sekarang juga oleh Eibar, yang berarti mereka menyelesaikan tahun 2020 di luar empat besar dalam klasemen La Liga.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network