Ronaldo Lampaui Rekor Pele Tapi Sorotan Tertuju ke Gol Udinese yang Dianulir

"Menurut aturan terbaru IFAB, interpretasi pada gol De Paul seharusnya sah. Jarak dengan gol sudah jauh dan bola sudah melewati operan."

Berita | 03 January 2021, 23:30
Ronaldo Lampaui Rekor Pele Tapi Sorotan Tertuju ke Gol Udinese yang Dianulir

Libero.id - Dua gol Cristiano Ronaldo dalam kemenangan 4-1 Juventus atas Udinese pada Senin dinihari membuatnya menyalip rekor gol terbanyak oleh Pele.

Pemain timnas Portugal itu membuka skor untuk tim Turin di babak pertama menyusul gol Rodrigo de Paul yang dianulir.

Setelah gol kedua Federico Chiesa dan gol Aarom Ramsey yang dianulir, Ronaldo menambahkan gol ketiga untuk Juve pada menit ke-70.

Itu adalah gol ke-758 dalam karir pemain veteran tersebut, yang telah berlangsung hampir 20 tahun dan dimulai di Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, Juventus dan Portugal. Dia menyalip penghitungan Pele dengan 757 gol resmi. Paulo Dybala mencetak gol keempat Juve sebelum Marvin Zeegalaar mencetak gol hiburan bagi tim tamu di Allianz Stadium.

Hanya Legenda Slavia Praha Josef Bican yang mencetak lebih banyak gol daripada pemain lain dalam sejarah dengan 805 gol dalam 530 pertandingan antara 1931 dan 1955.

Ronaldo, yang mencetak 450 gol luar biasa selama sembilan tahun yang gemilang di Real Madrid, mencatatkan gol ke-700 dalam kariernya tahun lalu.

Agen super, Jorge Mendes, mengatakan pada saat itu bahwa kliennya akan melampaui prestasi gol Pele selama di Juventus.

Agen sepak bola Portugal berusia 54 tahun itu mengatakan kepada Sky Sports: "Cristiano telah mencapai tonggak sejarah yang luar biasa dengan 700 gol, tetapi saya yakin dia akan melampaui Pele sebagai pencetak gol terbaik dalam sejarah sepak bola, dan dia akan melakukannya dengan Juventus."

Gol De Paul

Laga Juventus lawan Udinese diwarnai dengan kontroversi gol Rodrigo de Paul yang dianulir.

Jika menganalisis pedoman IFAB terbaru tentang handball, muncul pertanyaan haruskah gol Udinese melawan Juventus dianulir?

Rodrigo De Paul mengira dia akan membawa Udinese unggul melawan Juventus pada babak pertama di Allianz Stadium, tetapi wasit Piero Giacomelli menganulirnya setelah tinjauan VAR di lapangan.

Gelandang asal Argentina ini tampak menyentuh bola dengan tangan kirinya setelah melakukan gesekan bahu dengan Rodrigo Bentancur di awal pergerakan.

De Paul memenangkan penguasaan bola, memberikannya kepada Kevin Lasagna, yang memberi umpan baik kepada pemain Argentina itu di dalam kotak penalti Juve untuk menyelesaikannya menjadi gol.

Giacomelli menganulir gol tersebut setelah pemeriksaan VAR, tetapi keputusan tersebut terbuka untuk interpretasi. IFAB mengubah aturan handball musim panas lalu menyusul serentetan gol kontroversial yang dianulir karena pelanggaran yang tidak relevan.

Peraturan baru menyatakan: “Handball yang tidak disengaja oleh pemain menyerang atau rekan satu tim hanya akan dihukum jika terjadi tepat sebelum gol atau peluang mencetak gol.

“Jika pemain penyerang secara tidak sengaja menyentuh bola dengan tangan atau lengannya dan kemudian mencetak gol, atau bola mengenai pemain penyerang lain dan mereka langsung mencetak gol, ini adalah pelanggaran handball.

"Tapi ini bukan pelanggaran handball jika setelah handball yang tidak disengaja, bola bergerak agak jauh melalui operan atau dribble, atau ada beberapa operan sebelum gawang atau peluang mencetak gol."

Cek pada detik 44 gol yang dianulir.

Ada beberapa tafsir pada situasi De Paul. Antara lain, ada dua operan dan jarak yang ditempuh antara handball dan gawang cukup jauh.

Dapat pula dikatakan bahwa De Paul hanya menyentuh bola dengan tangannya karena lengannya didorong dari belakang oleh Bentancur. Itulah mengapa terjadi kontroversi.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network