Selamat Ulang Tahun!

Kok Bulutangkis Resmi Diubah Tahun Depan

"Kok bulutangkis menggunakan bulu bebek atau angsa. Dalam satu kok, hanya bisa bulu kanan saja atau kiri saja."

Sport | 20 January 2020, 14:38
Kok Bulutangkis Resmi Diubah Tahun Depan

Libero.id - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah menyetujui penggunaan shuttlecock (kok) bulu sintetis untuk turnamen internasional mulai tahun depan. Kok sintetis dipilih sebagai upaya untuk mengurangi sampah.

Induk organisasi olahraga bulu tangkis dunia tersebut mengatakan, telah berkolaborasi dengan perusahan perlengkapan olahraga asal Jepang Yonex untuk mengembangkan versi sintetis, yang digunakan dalam tiga turnamen internasional yang disetujui BWF tahun lalu.

"Umpan balik (dari pemain) mengindikasikan bahwa kok bulu sintetis Yonex lebih tahan lama dan ekonomis dibandingkan dengan kok tradisional dengan bulu alami, sementara dalam waktu yang sama terbukti 'terbang' dan kinerjanya sangat mirip," kata BWF dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters, Senin.

"Bulu sintetis bisa mengurangi penggunaan kok hingga 25 persen, memberikan keunggulan secara ekonomi dan lingkungan yang signifikan bagi bulu tangkis ke depan."

Para pebulu tangkis elit yang terlibat dalam pengujian dengan cepat menyesuaikan diri dengan varian tersebut, kata Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund.

"Visinya adalah untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang bulu tangkis dan menjadi semakin berkurang ketergantungan menggunakan bulu asli untuk kok," kata Lund menambahkan.

BWF mengatakan sedang memperbarui pedoman teknis dan bahwa produsen bisa meminta persetujuan untuk kok bulu sintetis versi mereka untuk digunakan dalam pertandingan.

Nama 'shuttlecock' berasal dari Inggris tahun 1570-an, ketika bulu tangkis pertama kali menjadi populer. Namanya sering disingkat menjadi shuttle. Bagian shuttle atau antar-jemput dari nama tersebut berasal dari gerakan bolak-balik selama permainan, mirip dengan antar-jemput alat tenun abad ke-14, sedangkan bagian "kok" dari nama tersebut berasal dari kemiripan bulu-bulu untuk yang ada di ayam. 

Shuttlecock memiliki berat sekitar 4,75 hingga 5,50 gram (0,168 hingga 0,194 ons). Memiliki 16 bulu dengan panjang masing-masing 70 mm (2,8 inci). Diameter gabus adalah 25 hingga 28 mm (0,98-1,10 inci) dan diameter lingkaran yang dibuat bulu sekitar 58 hingga 68 mm (2,3 hingga 2,7 inci). 

Shuttlecock terbentuk dari 16 atau lebih bulu yang tumpang tindih, biasanya angsa atau bebek, tertanam ke dalam gabus bulat. Gabus ditutupi dengan kulit tipis. Untuk memastikan terbang yang memuaskan, lebih baik menggunakan bulu dari sayap kanan atau kiri hanya di setiap kok, dan tidak mencampur bulu dari sayap yang berbeda, karena bulu dari sayap yang berbeda berbentuk berbeda.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=S9ONOZzRnjU

Artikel Pilihan