Kontroversi VAR Bikin Burnley vs Manchester United Terhenti 5 Menit

"Apakah Luke Shaw layak kartu merah. Juga apakah Clarets Robbie Brady perlu diberi kartu merah karena pelanggaran ke Edinson Cavani."

Berita | 12 January 2021, 23:47
Kontroversi VAR Bikin Burnley vs Manchester United Terhenti 5 Menit

Libero.id - VAR kembali menimbulkan kontroversi di lanjutan laga Liga Premier antara Burnley vs Manchester United. Pertandingan sempat dihentikan selama hampir lima menit untuk review permainan.

Peristiwa bermula ketika bek kiri United Luke Shaw melanggar Johann Berg Gudmundsson di wilayah pertahanan Manchester United sebelum mereka melakukan serangan balik.

Pada proses serangan balik, bek Clarets Robbie Brady kemudian melanggar Edinson Cavani yang membuat pemain United memprotes dan meminta agar Brady dikartu merah.

Wasit Kevin Friend kemudian didesak untuk memeriksa VAR dan permainan dihentikan selama hampir lima menit di Turf Moor.

Kedua pemain bisa mendapat kartu merah karena pelanggaran mereka, tetapi Brady lolos tanpa hukuman dan Shaw diberi kartu kuning.

Beberapa menit kemudian, kapten United Harry Maguire mengira dia telah memberi timnya keunggulan dengan sundulan.

Tapi itu gol itu dianulir setelah pemain timas Inggris itu dinilai melakukan pelanggaran terhadap Erik Pieters, tanpa review VAR.

Dalam laga itu, Paul Pogba mengantarkan Manchester United ke puncak klasemen seusai mengalahkan Burnley 1-0, Rabu dinihari WIB.

Ini adalah pertama kalinya Manchester United berada di puncak klasemen Liga Premier, setelah memainkan sebanyak 17 pertandingan, sejak hari terakhir mereka merasakan itu pada 2012-13 di bawah Sir Alex Ferguson.

Pogba mencetak golnya pada menit ke-71 dengan memecah kebuntuan lewat tembakan volinya yang sempat membentur Matthew Lowton sehingga arah bola berbelok mengecoh kiper Nick Pope.

Sesudah gol itu, MU memperoleh dua peluang untuk mengunci kemenangan lebih awal, Anthony Martial dua kali membuangnya sia-sia.

Sebaliknya, Burnley juga punya peluang untuk membalas pada menit ke-86 saat Lowton mengirim umpan tarik yang diselesaikan Matej Vydra, tetapi tembakannya melenceng tipis di sisi gawang.

Pada menit ke-88 MU mendapat keuntungan dari keputusan wasit Kevin Friend dan VAR yang mengabaikan insiden bola mengenai lengan kapten mereka, Harry Maguire.

Keberhasilan memenangi laga tunda membuat MU naik ke puncak klasemen dengan koleksi 36 poin, menggusur Liverpool (33) ke posisi kedua. MU akan bertemu Liverpool di Anfield pada Sabtu (16/1).

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network