Ryan Babel, Pemain Bola Pertama yang Didenda Karena Tweet

"Cuitannya emang nylekit. Dan dia tak sadar jika gara-gara cuitan itu denda Rp 190 juta akhirnya menghampiri. Jarimu Harimaumu!"

Viral | 19 January 2021, 02:55
Ryan Babel, Pemain Bola Pertama yang Didenda Karena Tweet

Libero.id - Pada Januari 2011, Babel yang kala itu masih bermain untuk Liverpool, turut ambil bagian saat Steven Gerrard dan kawan-kawan kalah 0-1 dari Manchester United di putaran ketiga Piala FA.

Dalam pertandingan pertama Kenny Dalglish yang kembali ke Merseyside sebagai seorang manajer menyusul pemecatan Roy Hodgson, Liverpool kalah karena eksekusi penalti Ryan Giggs. Penalti diberikan setelah hanya dua menit pertandingan berjalan. Di sisi lain, Steven Gerrard harus dikeluarkan dari lapangan pada babak kedua usai melakukan tackling kepada Michael Carrick.

Keputusan oleh wasit Howard Webb menimbulkan kritik dari fans The Reds, dan Babel ikut andil dengan menuliskan kritikannya dalam akun Twitternya. Dia mengunggah foto Webb yang di-photoshop dengan kaus United, dengan judul: "Dan mereka memanggilnya salah satu wasit terbaik? Itu lelucon. SMH (shaking my head)" tulisnya di @Ryanbabel.

Libero.id

Wasit Howard Webb

Babel kemudian memposting dua tweet untuk meredakan ketegangan dengan mengatakan: "Maafkan saya jika mereka menganggap serius foto saya. Ini hanya reaksi emosional setelah kalah dalam pertandingan penting," dan "Maaf Howard Webb!" . Namun semua sudah terlambat.

Libero.id

Cuitan Ryan Babel

Pemain jebolan akademi Aax itu kemudian didakwa karena melakukan tindakan yang tidak pantas dan didenda 10.000 ribu Poundsterling (Rp 190 juta) untuk posting Twitternya.

"Situs jaringan sosial, seperti Twitter, harus dianggap sebagai domain publik. Semua orang perlu menyadari, seperti jika membuat pernyataan publik dalam bentuk media lain, bahwa setiap komentar akan disebarkan ke khalayak yang lebih luas. Ini adalah tanggung jawab mereka untuk memastikan hanya komentar yang tepat yang digunakan,” jelas ketua komisi peraturan FA,  Roger Burden memberikan tanggapan.

Babel yang kini berusia 34 tahun, saat ini bermain untuk Galatasaray, sebelumnya sempat bermasalah dengan manajernya juga karena cuitan. Penyebabnya, dia diganti saat pertandingan melawan Stoke City.

Adapun pertandingan besar antara Liverpool dan Man United dalam lanjutan Liga Premier pekan ke-18 baru saja terjadi kemarin dan anak asuh Juergen Klopp harus puas dengan hasil imbang 0-0.

Harry Maguire tampil sangat baik  dalam mengawal pergerakan Mo Salah sepanjang pertandingan. Hasil imbang itu memakasa Liverpool turun ke posisi ke-4, tepat di bawah Leicester City.

Beruntung pertandingan yang digelar di Anfield itu tidak banyak menimbulkan kontroversi ataupun keputusan VAR yang sering kali menuai polemik, jika ada mungkin saja Babel akan ambil andil dan melakukan Twitter ‘nakalnya’ kembali.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network