Selamat Ulang Tahun!

20 Pemain Termuda Liga Premier dari 20 Klub, Dimana Mereka Musim ini?

"Berikut ini kabar terbaru 20 pemain termuda debut di Liga Premier dari masing-masing klub. Di Liverpool ada Jack Robinson, 16 tahun 250 hari dan Angel Gomes, 16 tahun 263 hari di MU."

Feature | 21 January 2021, 07:22
20 Pemain Termuda Liga Premier dari 20 Klub, Dimana Mereka Musim ini?

Libero.id - Para pemain muda selalu mendapatkan porsi lebih di 20 klub peserta Liga Premier. Pesepakbola berusia di bawah 20 tahun diharapkan menjadi tulang punggung klub, meski tidak selalu berhasil.

Sejak era Liga Premier digulirkan, FA memang tidak memiliki regulasi khusus yang mengharuskan klub memainkan pemain-pemain muda. Kompetisi sepakbola kasta tertinggi Inggris itu benar-benar menerapkan prinsip pasar dalam mengelola persaingan. Tim yang memiliki uang mempunyai kecenderungan berprestasi.

Meski banyak klub yang membeli pemain bintang dari macanegara, bukan berarti pemain muda tidak mendapatkan porsi. Klub-klub dengan sadar memberikan kesempatan kepada banyak anak muda menjalani debut. Ada yang bertahan lama di klub tersebut. Tapi, banyak juga yang harus tersingkir.

Berikut ini kabar terbaru 20 pemain termuda yang menjadi debut di Liga Premier dari masing-masing klub:


1. Arsenal (Jack Wilshere, 16 tahun 256 hari)

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Wilshere menjadi pemain Liga Premier termuda Arsenal ketika melakukan debut pada usia 16 tahun 256 hari melawan Blackburn Rovers sebagai pengganti Robin van Persie pada 2008. Pemain gelandang ini masih memegang rekor itu hingga saat ini, meski belum membuat kemajuan dalam karier profesionalnya.

Setelah memiliki 182 penampilan di Liga Premier, Wilshere saat ini berstatus pengangguran. Pada akhir musim lalu, kontraknya tidak diperpanjang West Ham United.


2. Aston Villa (Rushian Hepburn-Murphy, 16 tahun 176 hari)

Hepburn-Murphy mencetak rekor di Villa ketika pertandingan Liga Premier melawan Sunderland pada 2015. Dia hanya membuat 1 penampilan lain sejak saat itu sebelum dipinjamkan Cambridge United, Tranmere Rovers dan, Derby County. Saat ini, dia tercatat sebagai pemain Pafos FC di Liga Siprus.


3. Brighton and Hove Albion (Aaron Connolly, 19 tahun 216 hari)

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Connolly datang melalui akademi di Brighton dan menjalani debutnya di Liga Premier dalam kekalahan 0-4 dari Manchester City pada akhir Agustus 2020. Lebih dari sebulan kemudian, dia mendapatkan kesempatan masuk starting line-up dan mencetak 2 gol dalam kemenangan 3-0 atas Tottenham Hotspur.


4. Burnley (Aiden O'Neill, 18 tahun 47 hari)

O'Neill melakukan debut di Liga Premier pada 2016 saat Burnley menang 2-0 atas Liverpool. Tapi, setelah itu, pemain asal Australia itu dipinjamkan ke Oldham Athletic dan Fleetwood Town sebelum menghabiskan 2 musim terakhir di tanah airnya bersama Central Coast Mariners dan Brisbane Roar. Saat ini dia masih di Negeri Kanguru bersama Melbourne City.


5. Chelsea (Jody Morris, 17 tahun 43 hari)

Libero.id

Kredit: chelseafc.com

Morris datang dari jajaran pemain Chelsea bersama teman baiknya, John Terry. Dia masih tercatat sebagai pemain termuda The Blues di Liga Premier, meski debutnya terjadi pada 4 Februari 1996 ketika melawan Middlesbrough. Lalu, dia dinobatkan sebagai Chelsea's Young Player of the Year 1996/1997.

Morris kemudian membuat 124 penampilan untuk Chelsea sebelum membela Leeds United, Rotherham, Millwall, St Johnstone, dan Bristol City. Dia pensiun pada 2013 dan langsung kembali ke Akademi Chelsea sebagai salah satu staf pengajar. Sekarang di kembali ke Chelsea asisten Frank Lampard. Pada 2018/2019, Morris juga membantu Lampard di Derby.


6. Crystal Palace (George Ndah, 17 tahun 340 hari)

Ndah adalah striker yang melakukan debut untuk Crystal Palace di Liga Premier 1992/1993 ketika dikalahkan Liverpool 5 gol tanpa balas. Ndah juga sempat membela Bournemouth, Swindon, Gillingham, dan Wolverhampton Wanderers sebelum pensiun pada 2006.


7. Everton (Jose Baxter, 16 tahun 191 hari)

Libero.id

Kredit: evertonfc.com

Baxter bergabung dengan Everton di usia 6 tahun melakukan debut Liga Premier pada usia 16 tahun 191 hari dalam pertandingan kandang melawan Blackburn Rovers. Saat itu dia mematahkan rekor James Vaughan dalam usia 16 tahun 271 hari.

Tapi, setelah itu Baxter tidak banyak mendapatkan kesempatan bermain sehingga dipinjamkan ke Oldham Athletic dan Sheffield United. Setelah membela beberapa klub di Inggris, Baxter masih aktif bermain hingga sekarang. Saat ini dia tercatat sebagai pemain Memphis 901 di United Soccer League (USL).


8. Fulham (Harvey Elliott, 16 tahun 30 hari)

Harvey Elliott membuat sejarah Liga Premier pada 2018/2019 ketika menjadi pemain termuda yang tampil di kompetisi. Dia masuk sebagai pengganti Fulham dalam pertandingan melawan Wolverhampton Wanderers. Tidak lama kemudian, dia dikontrak Liverpool dan dipinjamkan ke Blackburn Rovers musim ini.


9. Leeds United (Aaron Lennon, 16 tahun 129 hari)

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Leeds telah mempersembahkan beberapa permata selama bermain di Liga Premier, termasuk James Milner, Harry Kewell dan Alan Smith. Tapi, yang termuda dari mereka adalah Lennon.

Lennon melakukan debut Liga Premier melawan Tottenham Hotspur pada usia 16 tahun 129 hari. Uniknya, dia kemudian bergabung dengan Spurs dan membuat lebih dari 260 penampilan Liga Premier untuk klub London Utara tersebut. Lalu, dia pindah ke beberapa klub, termasuk Everton.

Sekarang, Lennon masih aktif bermain sepakbola profesional, meski harus meninggalkan Britania Raya. Dia tercatat sebagai pemain Kayserispor di Liga Turki.


10. Leicester City (Emile Heskey, 17 tahun 55 hari)

Heskey melakukan debut untuk Leicester ketika menghadapi QPR pada 1995. Dia mencetak 33 gol Liga Premier untuk Leicester sebelum pindah ke Liverpool, Birmingham, Wigan dan Aston Villa. Dia juga pernah bermain di Liga Australia bersama Newcastle Jets dan kembali ke Inggris membela Bolton Wanderers.

Puncak kejayaan Heskey saat bersama Liverpool dengan meraih berbagai trofi. Dia juga mendapatkan kesempatan membela tim nasional Inggris dalam sejumlah kompetisi antarnegara.

Setelah pensiun, Heskey bergabung dengan klub asal Cheshire yang bermain di League One, Egerton, pada  2017 sebagai pelatih bersama Jlloyd Samuel, Jim Cherneski, dan Dean Gorré. Pada Mei 2020 Heskey mengungkapkan sedang mengikuti kursus pelatih UEFA dan magang dengan tim wanita Leicester.


11. Liverpool (Jack Robinson, 16 tahun 250 hari)

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Robinson melakukan debut di Liverpool dalam pertandingan tandang melawan Hull City pada 2010. Tapi, kariernya tidak pernah benar-benar meningkat sehingga dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers dan Blackpool. Bek kiri tersebut sekarang berusia 27 tahun dan kembali ke Liga Premier bersama Sheffield United, setelah sempat bermain di QPR dan Nottingham Forest.


12. Manchester City (Micah Richards, 17 tahun 119 hari)

Richards melakukan debut pada 2005/2006 dalam pertandingan tandang melawan Arsenal. Richards berada di City selama 10 tahun, dengan periode singkat di Fiorentina pada musim 2014/15, sebelum akhirnya pindah ke Aston Villa pada musim panas 2015. Dia dilepas pada akhir musim 2018/19 dan pensiun tak lama kemudian. Sekarang, Richards adalah komentator pertandingan di televisi.


13. Manchester United (Angel Gomes, 16 tahun 263 hari)

Libero.id

Kredit: manutd.com

Pada hari terakhir musim 2016/2017, Jose Mourinho memberi sejumlah pemain muda kesempatan tampil, salah satunya Gomes. Saat itu, dia menjadi pemain kelahiran 2000 atau lebih pertama yang bermain di Liga Premier untuk MU. Ketika itu, dia menggantikan Wayne Rooney di babak kedua melawan Crystal Palace. Sekarang, Gomes ada di Boavista dengan status pinjaman dari klub Prancis, Lille.


14. Newcastle United (Kazenga LuaLua, 16 tahun 40 hari)

LuaLua tampil di Liga Premier untuk Newcastle pada musim dingin 2018. Tapi, dia tidak pernah bisa meniru saudaranya, Trevor Lomana LuaLua. Setelah itu, dia pindah ke Brighton and Hove Albion. Setelah bekerja dengan QPR dan Sunderland, LuaLua sekarang bermain untuk Luton Town.


15. Sheffield United (Antwoine Hackford, 16 tahun 288 hari)

Libero.id

Kredit: instagram.com/anthackford

Pada paruh pertama Liga Premier 2020/2021, Sheffield United masih terpuruk di papan bawah klasemen. Tapi, mereka masih berhasil memberi Hackford kesempatan menjalani debut. Striker remaja itu dimasukkan selama 10 menit terakhir dari kekalahan 0-2 di kandang Crystal Palace.


16. Southampton (Luke Shaw, 17 tahun 116 hari)

Shaw muncul pada 2012 ketika melakukan debut di Liga Premier untuk Southampton. Dia muncul sebagai bakat yang luar biasa dan dengan tepat pindah ke Manchester United. Masalah cedera telah menghambat pertumbuhannya sebagai pemain. Tapi, masa depannya tetap bagus.


17. Tottenham Hotspur (Stephen Carr, 17 tahun 28 hari)

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Carr melakukan debut untuk Tottenham Hotspur pada 1993 ketika melawan Ipswich Town. Setelah itu, dia bermain 226 kali untuk Spurs sebagai bek kanan yang sangat andal. Dia kemudian bergabung dengan Newcastle United dan Birmingham sebelum pensiun pada 2013.

Seusai gantung sepatu, Carr dibujuk mantan rekannya di Newcastle, Lee Clark, untuk menjadi pelatih sepakbola. Tapi, pria Irlandia itu tidak tertarik. Carr dan keluarganya lalu pindah ke Spanyol untuk mengelola bisnis cafe, restoran, dan klub malam di kota wisata pantai Marbella.


18. West Bromwich Albion (Izzy Brown, 16 tahun 177 hari)

Brown melakukan debut untuk West Brom pada Mei 2013 tepat pada usia 16 tahun 177. Tak lama kemudian, Chelsea datang dengan proposal transfer. Tapi, Brown tidak pernah mampu menembus skuad utama Stamford Bridge sehingga secara konsisten dipinjamkan, termasuk ke Sheffield Wednesday musim ini.


19. West Ham United (Reece Oxford, 16 tahun 236 hari)

Libero.id

Kredit: whufc.com

Oxford telah bermain beberapa kali untuk West Ham dan diharapkan menjadi bintang di masa depan. Tapi, ternyata harapan itu tidak terwujud sehingga dipinjamkan ke beberapa klub Jerman. Sejak 2019, Oxford menjadi pemain permanen di FC Augsburg.


20. Wolverhampton Wanderers (Anthony Forde, 18 tahun 10 hari)

Forde datang melalui sistem junior Wolves dan melakukan debut di Liga Premier melawan Chelsea pada November 2011. Sepanjang musim 2011/2012, dia membuat 5 penampilan lagi, meski klubnya terdegradasi. Penyerang kelahiran Irlandia itu akhirnya pergi ke Walsall sebelum menetap di Rotherham United dan sekarang di Oxford United.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan