Di Mana Sekarang? Starting XI Bayern Juara Piala Dunia Antarklub 2013

"Sama seperti 2020, Piala Dunia Antarklub 2013 juga digelar di negara Arab. Bedanya, sekarang di Qatar, dulu di Maroko."

Feature | 10 February 2021, 13:27
Di Mana Sekarang? Starting XI Bayern Juara Piala Dunia Antarklub 2013

Libero.id - Bayern Muenchen kembali ke final Piala Dunia Antarklub setelah terakhir kali pada 2013 seusai menyingkirkan Al Ahly. FC Hollywood akan menghadapi kuda hitam asal Meksiko, UANL Tigres, di Education City Stadium, Al Rayyan, 11 Februari 2021. 

Sama seperti 2020, Piala Dunia Antarklub 2013 juga digelar di negara Arab. Bedanya, sekarang di Qatar, dulu di Maroko. Perbedaan lainnya adalah waktu penyelenggaraan. Dulu tepat waktu pada Desember 2013, sekarang mundur hingga Februari 2021 akibat pandemi Covid-19.

Saat itu, Bayern melangkah ke final setelah menyingkirkan Guangzhou Evergrande 3-0 pada semifinal di Stade Adrar, Agadir, 17 Desember 2013. Pada pertarungan penentuan, FC Hollywood memukul wakil tuan rumah Raja Casablanca 2-0 di Stade de Marrakech, Marrakesh, 21 Desember 2013.

Setelah 7 tahun 2 bulan berselang, Bayern kembali ke pertandingan penentuan kompetisi yang mempertemukan juara-juara Liga Champions dari 5 konfederasi anggota FIFA plus Copa Libertadores itu. Uniknya, ada sejumlah anggota kontingen 2013 yang masih eksis hingga 2021.

Berikut ini starting line-up FC Hollywood asuhan Pep Guardiola pada final 2013 dengan skema 4-1-4-1:


GK: Manuel Neuer

Libero.id

Kredit: instagram.com/manuelneuer

Kiper terbaik dunia saat itu dan penjaga gawang terbaik dunia saat ini. Manuel Neuer masih melakukan hal-hal besar pada usia 35 tahun. Kapten Bayern memainkan peran yang luar biasa sepanjang musim 2019/2020, terutama menjaga Kylian Mbappe dan Neymar di final Liga Champions melawan Paris Saint-Germain.


RB: Rafinha

Marcio Rafael Ferreira de Souza bukan pemain utama Bayern sepanjang 2012/2013. Tapi, kedatangan Guardiola membuat dirinya mendapat kesempatan hidup baru. Dia bermain penuh saat Bayern mengalahkan Guangzhou dan Casablanca dalam perjalanan untuk merebut Piala Dunia Antarklub pertama.

Setelah pertandingan itu, Rafinha tetap di klub. Dia baru kembali ke negara asalnya, Brasil, untuk membela Flamengo pada musim panas 2019. Dia hanya sebentar di Rio de Janeiro sebelum kembali ke Eropa membela Olympiakos Piraeus pada 2020/2021.


CB: Jerome Boateng

Libero.id

Kredit: instagram.com/jeromeboateng

Jerome Boateng adalah satu dari lima anggota tim juara Piala Dunia Klub 2013 Bayern yang masih eksis tahun ini. Bek Jerman pemenang Piala Dunia 2014 itu menikmati kebangkitan kariernya setelah penunjukan Hansi Flick musim lalu. Dia bermain dalam 38 pertandingan di semua kompetisi. Dia merayakan penampilan ke-300 di Bundesliga pada pekan 17 musim ini.


CB: Dante

Dante Bonfim Costa Santos membentuk kemitraan pertahanan yang tangguh dengan Boateng saat Bayern mencetak rekor baru untuk kebobolan paling sedikit dan clean sheets terbanyak pada 2012/2013. Pemain Brasil itu menjadi pencetak gol pertama Bayern melawan Casablanca.

Saat ini, Dante masih aktif bermain. Dia membela Nice di Ligue 1 sejak 2016. Dante sempat menghabiskan musim 2015/2016 dengan menjadi bek tengah VfL Wolfsburg.


LB: David Alaba

Libero.id

Kredit: instagram.com/da_27

David Alaba telah menjadi andalan Bayern sejak 2011. Pemain asal Austria itu telah bermain di lebih dari 400 pertandingan kompetitif untuk klub. Hanya Thomas Mueller yang membuat lebih banyak pertandingan di antara pemain aktif saat ini.


DM: Philipp Lahm

Philipp Lahm adalah Legenda Bayern. Selama bertahun-tahun, Lahm telah lama memegang status sebagai bek kanan terbaik dunia. Tapi, Guardiola mengubah posisinya menjadi pemain di depan empat bek dan di belakang empat gelandang. "Dia pemain paling cerdas yang pernah bekerja dengan saya," ucap Guardiola saat itu, di situs resmi Bundesliga.

Sejak pensiun pada akhir musim 2016/2017, Lahm langsung masuk ke Bayern Hall of Fame. Dia ditunjuk sebagai duta besar kehormatan untuk tawaran Jerman menjadi tuan rumah Euro 2024.


RW: Xherdan Shaqiri (Mario Goetze, 80)

Tidak seperti Lahm, Xherdan Shaqiri selalu berada di sisi dalam lapangan selama 2,5 musim bersama Bayern. Pemain sayap lincah itu membuat 81 penampilan pada waktu itu, termasuk menjadi starter melawan Guangzhou dan cameo di final. "Shaq Attack" mencatatkan 17 gol dan 18 assist dalam balutan seragam Bayern, sebelum pindah ke Inter Milan dan Stoke City.

Dia sekarang mendekati 2 tahun di Liverpool asuhan Juergen Klopp. Di Anfield, pemain asal Swiss keturunan Albania itu memperoleh medali juara Liga Champions 2018/2019 dan Liga Premier 2019/2020.

Sementara pemain yang menggantikan Shaqiri, Mario Goetze, mendapatkan peran false nine di era Guardiola. Sempat kembali ke Borussia Dortmund setelah tidak dibutuhkan Bayern lagi, pahlawan Jerman di Piala Dunia 2014 tersebut sekarang terdampar di Belanda membela PSV Eindhoven.


CM: Thiago Alcantara

Libero.id

Kredit: instagram.com/thiago6

Thiago Alcantara menjadi rekan setim Shaqiri di Liverpool pada musim panas 2020. Dia rekrutan besar Guardiola di Bayern. Dia memenangkan gelar pertamanya dari tujuh gelar Bundesliga dibawah mantan mentor Barcelonanya itu dan mencetak 1 dari 31 golnya sebagai pemain Bayern di final Piala Dunia Antarklub.

Pemain tim nasional Spanyol itu berjuang melawan cedera di masa-masa awalnya di Jerman. Tapi, dia masih bisa tampil dalam 235 pertandingan kompetitif. Selain Guardiola, ia juga bermain di bawah asuhan Carlo Ancelotti, Niko Kovac, dan Hansi Flick.


CM: Toni Kroos (Javi Martinez, 60)

Musim debut Thiago adalah yang terakhir Kroos sebagai pemain Bayern. Pemain Jerman itu bergabung dengan klub pada usia 16 dan melakukan debut setahun kemudian, sebelum menjadi pilar utama tim pada 2012/2013.

IQ sepak bola tingkat elite dan jarak passing yang dipandu laser membuatnya sangat cocok di tim asuhan Guardiola. Setelah menghasilkan 4 assist saat Jerman memenangkan Piala Dunia 2014, Real Madrid segera bergerak. Kroos kemudian memenangkan 2 trofi La Liga bersama Los Blancos, serta 3 Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

Sementara pengganti Kross di menit 60, Javi Martinez, hingga sekarang masih betah bermain di Allianz Arena.


LW: Franck Ribery

Libero.id

Kredit: instagram.com/franckribery7

Franck Ribery tetap di Bayern hingga musim panas 2019. Dia mencatatkan 86 gol dan 120 assist dalam 273 pertandingan Bundesliga selama 12 musim di Allianz Arena. Selain menjadi pencetak rekor penampilan dan pencetak gol, dia juga mengumpulkan lebih dari 21 gelar bersama Bayern.

Pada usia 37, Ribery masih kuat bermain di level atas sepakbola Eropa. Pemain Prancis itu sekarang ada di Serie A bersama Fiorentina.


FW: Thomas Mueller (Mario Mandzukic, 76)

Thomas Mueller hanya bermain 76 menit saat 2013. Tapi, bukan berarti dia bukan pemain penting. Buktinya, pesepakbola yang identik dengan nomor punggung 25 itu masih tetap eksis hingga musim ini. Bahkan, Mueller bersiap menyongsong Piala Dunia Antarklub yang kedua.

Sementara pemain yang menggantikan Mueller, Mario Mandzukic, harus meninggalkan Bayern setelah kedatangan Robert Lewandowski. Pemain Kroasia itu menghabiskan 1 musim bersama Atletico Madrid sebelum mengangkat 4 gelar Serie A bersama Juventus. Lalu, Mandzukic pindah ke Al Duhali di Qatar dan sekarang kembali ke Italia untuk membela AC Milan.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network