9 Pemain Stuttgart Sebelum Top, Dibeli Rp 213 M Dijual Rp 1,74 Triliun

"VfB Stuttgart merupakan salah satu klub tradisional Bundesliga yang rajin melahirkan pemain hebat. Seperti Josua Kimmich dan Timo Werner."

Feature | 14 February 2021, 09:04
9 Pemain Stuttgart Sebelum Top, Dibeli Rp 213 M Dijual Rp 1,74 Triliun

Libero.id - VfB Stuttgart merupakan salah satu klub tradisional Bundesliga selain Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, Hamburg SV, Bayer Leverkusen, Schalke 04, atau Werder Bremen. Mereka punya sejarah panjang dalam pembinaan pemain muda.

Die Roten adalah klub olahraga Jerman yang berbasis di Stuttgart. Mereka juga merupakan salah satu klub paling sukses di Jerman. Klub ini telah memenangkan kejuaraan nasional (Bundesliga) 5 kali, terakhir pada 2006/2007. Mereka juga menjuarai DFB-Pokal 3 kali.

Tim sepakbola ini memainkan pertandingan kandangnya di Mercedes-Benz Arena, di Neckarpark yang terletak di dekat Cannstatter Wasen, tempat festival bir musim gugur berlangsung. Tim satelit mereka, Stuttgart II, saat ini bermain di Regionalliga Suedwest. Tim junior klub telah memenangkan Bundesliga U-19 10 kali dan U-17 6 kali.

Stuttgart memiliki keanggotaan dengan lebih dari 64.000 orang. Pasalnya, mereka adalah klub olahraga terbesar di negara bagian Baden-Wuerttemberg dan terbesar kelima di Jerman. Mereka juga memiliki kompleks latihan serta akademi yang sangat lengkap dan modern.

Berikut ini 9 pemain Stuttgart sebelum menjadi pemain yang terkenal dan bermain di sejumlah klub kaya Eropa. Total dibeli seharga 11 juta pounds (Rp 213 miliar) dan dijual 90 juta pounds (Rp 1,7 triliun):

1. Bernd Leno (Arsenal): dibeli 0 pounds, dijual 6,7 juta pounds

Libero.id

Kredit: instagram.com/berndleno1

Bernd Leno adalah pengganti Petr Cech saat Arsenal ingin pindah ke gaya penjaga gawang yang lebih modern. Leno memulai dari Divisi II bersama tim satelit Stuttgart sebelum pindah ke Bayer Leverkusen pada Agustus 2011. Awalnya dengan status pinjaman sebelum menandatangani kontrak permanen dengan  6,7 juta pounds.

Hingga saat ini, Leno telah memperkuat tim nasional Jerman pada 8 pertandingan di level senior. Meski masih ada Manuel Neuer dan Marc-Andre ter Stegen, Leno tetap memiliki masa depan bersama Der Panzer.


2. Antonio Ruediger (Chelsea): dibeli 0 pounds, dijual 8 juta pounds

Sempat akan dibuang Frank Lampard, Antonio Ruediger kembali berada di antara pertahanan Chelsea dan tampaknya menjadi salah satu pilihan pertama Thomas Tuchel di sisa musim ini.

Ruediger punya kemampuan yang bagus dengan teknik maupun fisiknya. Itu sebagian besar berkat waktunya bersama Stuttgart. Di sana, dia berkembang melalui sistem pembinaan pemain muda jempolan. Lalu, dia menjadi pemain pilihan pertama di jantung pertahanan tim utama Stuttgart sebelum pindah ke AS Roma dengan 8 juta pounds pada 2015.


3. Benjamin Pavard (Bayern Muenchen): dibeli 4,5 juta pounds, dijual 31,4 juta pounds

Benjamin Pavard adalah pencetak salah satu gol untuk Prancis melawan Argentina selama Piala Dunia 2018. Dengan cepat, dia membuktikan dirinya sebagai salah satu bek kanan dan bek tengah paling handal di Eropa selama beberapa musim terakhir.

Namun, bukan hanya penampilannya untuk Prancis yang membuat Pavard pindah ke Bayern Muenchen dengan 31,4 juta pounds. Itu juga karena perannya dalam membantu Stuttgart memenangkan gelar Bundesliga 2 2016/2017. Jika ditotal, Stuttgart untung 26,9 juta pounds dalam waktu 3 tahun setelh dibeli dari Lille pada 2016 dengan 4,5 juta pounds.


4. Joshua Kimmich (Bayern Muenchen): dibeli 600.000 pounds, dijual 6 juta pounds

Libero.id

Kredit: instagram.com/jok_32

Jalan Joshua Kimmich ke Bayern tidak sesederhana yang dibayangkan banyak orang. Sebelum menjadi andalan Bayern dan Jerman, Kimmich harus merangkak dari Stuttgart II sebelum pindah ke RB Leipzig pada Juli 2013.

Tapi, sepakbola adalah bisnis. Stuttgart cukup pintar untuk memasukkan klausul pembelian kembali sekitar 600.000 pounds ke dalam transfer ke Leipzig. Ternyata, Stuttgart mengaktifkan klausul itu pada musim dingin 2015 dan segera menjual Kimmich ke Bayern dengan 6 juta pounds.


5. Sami Khedira (Hertha Berlin): dibeli 0 pounds, dijual 12,5 juta pounds

Sami Khedira telah menjadi salah satu gelandang bertahan ikonik di sepakbola Eropa. Dia punya prestasi bersama Real Madrid, Juventus, dan Jerman. Tapi, itu tidak berjalan sendiri karena ada peran Stuttgart. Khedira membuat 22 penampilan Bundesliga untuk Die Roten sebelum berangkat ke Madrid dengan kesepakatan 12,5 juta pounds.


6. Serge Gnabry (Bayern Muenchen): dibeli 0 pounds, dijual 100.000 pounds

Dapat disimpulkan bawah Bayern masa kini memiliki banyak hutang jasa kepada Stuttgart. Setelah Kimmich dan Pavard, Gnabry juga menjadi produk Die Roten yang membuat FC Hollywood terus disegani.

Tapi, jalan Gnabry ke Bayern jauh lebih berliku dibanding Kimmich atau Pavard. Itu melibatkan kegagalan untuk menemukan kesuksesan dengan Arsenal. Lalu, mengalami masa pinjaman yang gagal di West Bromwich Albion, Werder Bremen, Hoffenheim sebelum akhirnya datang ke Allianz Arena pada 2018.


7. Sebastian Rudy (Schalke 04/Hoffenheim): dibeli 0 pounds, dijual 3,5 juta pounds

Sebastian Rudy tidak lebih dari pemain kecil setelah muncul dari sistem pembinaan pemain muda Stuttgart. Dia meninggalkan klub pada 2010 untuk menandatangani kontrak dengan Hoffenheim dalam kesepakatan 3,5 juta pounds. Sejak itu, dia juga memperkuat Schalke dan Bayern Munich, serta mencatat 29 caps bersama Jerman. Saat ini dia dipinjamkan Schalke ke Hoffenheim.


8. Filip Kostic (Eintracht Frankfurt): dibeli 5,4 juta pounds, dijual 12,5 juta pounds

Filip Kostic adalah pemain utama Eintracht Frankfurt saat ini, terutama sejak kepergian Luka Jovic dan Ante Rebic. Tapi, jangan lupa, waktunya di sepakbola Jerman dimulai dengan 2 musim di Stuttgart. Kostic mencetak 8 gol dalam 59 duel Bundesliga sebelum menuju ke Hamburg seharga 12,5 juta pounds pada 2016. Keuntungan yang cukup dari Stuttgart untuk membayar 5,4 juta pound kepada FC Groningen pada 2014.


9. Timo Werner (Chelsea): dibeli 0 pounds, dijual 9 juta pounds

Libero.id

Kredit: instagram.com/timowerner

Timo Werner bernostalgia dengan Ruediger di Chelsea. Meski dikenal karena performa bagusnya di RB Leipzig, Werner adalah produk Stuttgart layaknya Ruediger. Ketika muda, Stuttgart menempatkan Werner sebagai pemain sayap yang mengantongi 14 gol dalam 103 penampilan.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan VfB Stuttgart


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network