Kisah Kleberson Tertipu Ronaldinho Saat Gabung Manchester United

"Beberapa pekan sebelum Kleberson diresmikan pemain The Red Devils, Ronaldinho justru mengikat kontrak dengan Barcelona. Kleberson tertipu."

Biografi | 15 February 2021, 12:30
Kisah Kleberson Tertipu Ronaldinho Saat Gabung Manchester United

Libero.id - Ada banyak alasan pemain sepakbola bergabung dengan sebuah klub. Selain uang, fanatisme juga menjadi faktor yang melandasi ketika keputusan transfer diambil. Tapi, yang dilakukan Kleberson saat pindah ke Manchester United pada 2003 unik.

Berkebangsaan Brasil, Jose Kleberson Pereira merupakan mantan pemain sepakbola profesional yang saat ini menjadi pelatih di Philadelphia Union Academy. Mantan gelandang itu bermain 32 kali untuk tim nasional dan merupakan bagian dari skuad yang memenangkan Piala Dunia 2002.

Kleberson lahir dan besar di Urai di negara bagian Parana, Brasil Selatan. Dia memulai karier sepakbolanya dengan klub terbaik di wilayah itu, Atletico Paranaense. Kleberson merumput sejak kanak-kanak sebelum dipilih masuk skuad utama Atletico.

Di klub tersebut, Kleberson memenangkan Liga Parana 2000 dan 2001, serta Serie A 2001. Penampilannya untuk Atletico  membuat Luiz Felipe Scolari memanggil ke timnas  untuk Piala Dunia di Korea Selatan dan Jepang.

Kleberson membuat penampilan internasional pertama untuk Brasil dalam pertandingan persahabatan melawan Bolivia pada 31 Januari 2002. Dia juga menandai debutnya dengan mencetak gol keempat Brasil dalam kemenangan 6-0. Lalu, dia mencetak gol melawan Islandia pada Maret 2002.

Ketika Piala Dunia berlangsung, Kleberson awalnya hanya duduk di bangku cadangan. Kemudian, dia dipercata masuk starting line-up untuk pertandingan Brasil melawan Inggris di perempat final. Scolari merasa kegigihan Kleberson akan membantu mengimbangi intensitas Inggris yang tinggi di lini tengah.

Terbukti, tekel Kleberson kepada Paul Scholes menyebabkan Brasil menyamakan kedudukan 1-1 melalui Rivaldo. Setelah itu Brasil sanggup memimpin 2-1 hingga akhir laga lewat tendangan bebas spektakuler Ronaldinho yang memenfaatkan kecerobohan David Seaman.

Berdasarkan permainan di laga itu, Scolari memasukkan Kleberson di starting line-up pada semifinal dan final. Brasil mengalahkan Jerman di pertandingan puncak dengan Kleberson membantu menyiapkan salah satu dari dua gol Brasil.

Selain memuaskan Scolari, penampilan Kleberson di Piala Dunia juga membuka mata klub-klub besar Eropa. Barcelona, Newcastle United, Leeds United, hingga Glasgow Celtic menyatakan minat. Leeds gagal mengamankan tanda tangan setelah Kleberson memutuskan untuk tidak meninggalkan Brasil tanpa pacarnya, yang tidak dapat dinikahinya sampai ulang tahun ke-16.

Kegagalan itu dimanfaatkan Manchester United pada 12 Agustus 2003 atau setahun setelah Piala Dunia. The Red Devils berhasil membawa Kleberson dari Brasil dengan hanya membayar 6,5 juta pounds. Sir Alex Ferguson melihat Kleberson sebagai pengganti Juan Sebastian Veron.

Namun, ada kisah unik dibalik perekrutan tersebut. Bukan tentang pacarnya yang sudah berhasil dinikahi di usia 17 tahun lagi, melainkan berhubungan dengan Ronaldinho. Kleberson menyebut Ronaldinho adalah orang yang menyarankan dirinya bergabung ke MU.

"Ada dua klub yang tertarik merekrut saya, MU dan Leeds. Itu pilihan yang mudah. Tapi, ada cerita lucu tentang hal itu. Ketika ketertarikan MU pada saya dikonfirmasi, saya bersama timnas di Prancis untuk Piala Konfederasi," kata Kleberson kepada FourFourTwo, akhir tahun lalu.

"Saya dapat mengingatnya dengan jelas. Saya bersama Ronaldinho dan saudaranya, agennya, Roberto (Assis de Moreira). Ronaldinho berkata MU ingin merekrut kami berdua. Saya berkata oke! Saya sangat senang dia akan ikut dengan saya (ke Inggris)," tambah Kleberson.

Ternyata, beberapa pekan sebelum Kleberson diresmikan sebagai pemain baru The Red Devils, Ronaldinho mengikat kontrak dengan Barcelona setelah ditransfer 30 juta euro dari Paris Saint-Germain (PSG).

"Saya kembali ke Brasil dan terus bernegosiasi dengan mereka (MU). Tapi, kemudian Ronaldinho membodohi saya dan pergi bermain dalam cuaca hangat di Barcelona! Dia mengirim saya ke Manchester. Itu negara yang dingin," beber pria kelahiran 19 Juni 1979 itu.

Kleberson memang pantas jengkel karena selama 2 musim di Inggris hanya berhasil mencetak 2 gol dari 20 laga Liga Premier. Dia gagal menjawab tantangan Ferguson dan pendukung MU. Salah satu faktornya cuaca yang kurang disenangi Kleberson. Gaya main di sepakbola Inggris juga terlalu mengandalkan fisik, yang tidak disukai Kleberson.

"Itu hampir terjadi dengan MU. Itu soal 48 jam. Tapi Sandro Rosell (Wakil presiden Barcelona di era Joan Laporta) telah memberi tahu saya jauh sebelum saya mendapat tawaran. Itu hanya masalah detail dengan MU ketika Rosell menelepon untuk mengatakan Laporta akan memenangkan pemilihan," ungkap Ronaldinho.

"Saya telah berjanji kepadanya bahwa saya akan bermain untuk Barcelona. Itu adalah negosiasi yang cepat. Saya mengatakan kepada Inggris, saya memilih Barcelona," ucap Ronaldinho ketika itu.

Gagal dengan MU, Kleberson pindah ke Besiktas pada 6 Agustus 2005 dengan transfer 2,95 juta euro. Tapi, Kleberson tidak bahagia bermain di Turki. Bahkan, secara sepihak dirinya mengakhiri kontrak setelah mengklaim klub gagal membayar gajinya tepat waktu.

Pada 27 September 2007, Kleberson bergabung dengan Flamengo. Tapi, dia tidak dapat bermain untuk klub sampai Februari 2008 karena masalah yang berkaitan dengan pengunduran dirinya dari Besiktas.

Kasus itu masuk ke FIFA dan keputusan menyatakan Kleberson harus membayar Besiktas 3,18 juta euro untuk kompensasi pelanggaran kontrak. Sementara Besiktas harus membayar gajinya yang tertunggak sebesar USD461.112. Kleberson juga diskors 4 bulan. Kleberson dan klub kemudian setuju untuk mengurangi kompensasi dari 3,18 juta euro menjadi 1 juta euro.

Meski akhirnya beres, Kleberson tidak sukses di Flamengo. Sempat dipinjamkan ke Atletico, dia kemudian pindah ke Bahia sebelum menuju Amerika Serikat untuk bermain di Philadelphia Union, Indy Eleven, dan Fort Lauderdale Strikers. Sejak 2017, Kleberson kembali ke Philadelphia untuk menjadi staf pelatih di akademi.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network