Problem Liverpool: Cedera Pemain, Jadwal Padat, atau Peak-nya Sudah Lewat

"Banyak yang bertanya-tanya, ada apa Liverpool musim ini sehingga tak cuma sulit juara tetapi terancam gagal masuk zona Liga Champions."

Analisis | 16 February 2021, 08:00
Problem Liverpool: Cedera Pemain, Jadwal Padat, atau Peak-nya Sudah Lewat

Libero.id - Banyak pertanyaan muncul melihat permainan inkonsisten Liverpool belakangan ini. Jika ditarik secara spesifik semua pertanyaan yang dialamatkan kepada tim asuhan Juergen Klopp, apakah The Reds sudah mengeluarkan potensi terbaiknya musim ini?

Beragam pertanyaan memang menerjang Liverpool, terutama setelah tim Merseyside itu dibantai Manchester City, 1-4, dalam lanjutan Liga Premier beberapa pekan lalu.

Pertanyaan lebih menyudutkan tentang keterpurukan Liverpool, seperti apakah hanya sedang terluka saja? Apakah hanya karena jadwalnya? Atau, lebih kepada fakta bahwa Liverpool sudah ditinggal tiga bek tengah pilihan pertama sejak awal musim?

Roy Keane selaku komentator Sky Sports menjabarkan alasan The Reds terpuruk saat ini. Mantan kapten Manchester United itu menjelaskan Liverpool tidak beruntung karena banyak pemain cedera. Situasi itu memaksa Klopp memainkan Fabinho hingga Jordan Henderson di jantung pertahanan.

Situasi itu jelas memiliki dampak karena perubahan di satu bagian mekanisme memiliki konsekuensi serius di tempat lain. Untuk sisi yang memainkan permainan menekan yang intens dan canggih, sifat terkompresi dari kalender akan memiliki dampak lebih besar daripada mereka yang memainkan gaya terintegrasi yang kurang dinamis, atau yang kurang bergantung pada persiapan khusus untuk setiap pertandingan.

Situasi itu membuat Klopp mulai menunjukkan rasa frustrasinya dan itu diperlihatkan pelatih berpaspor Jerman tersebut setelah bersitegang dengan pelatih Sheffield United, Chris Wilder, Jose Mourinho (Tottenham Hotspur), dan Sean Dyche (Burnley).

Klopp juga dituding melakukan pernyataan aneh tentang jadwal tidak akurat dengan membandingkannya dengan jadwal Manchester City. Imbasnya, The Reds hanya meraih lima kemenangan dari 14 pertandingan di Liga Premier musim ini.

Paling ironis ketika Liverpool menuai tiga kekalahan beruntun di Anfield. Catatan itu cukup memalukan setelah menuai 68 laga tak terkalahkan sebelumnya. Mereka juga gagal mencetak gol yang berujung sembilan poin dari sembilan pertandingan terakhir Henderson dkk.

Penurunan performa itu sebenarnya tak datang tanpa peringatan. Sejak mengalahkan Leicester City 4-0 pada Boxing Day musim lalu, jalan Liverpool sudah tertatih-tatih. Liverpool memang memenangkan sembilan pertandingan liga berikutnya. Sayang, mereka tidak bermain dengan semangat dan kefasihan yang sama seperti yang mereka lakukan menjelang akhir paruh pertama musim itu.

Mereka tergores setelah musim dimulai kembali. Masih hangat di ingatan ketika Liverpool dipermalukan 2-7 oleh Aston Villa. Kekalahan itu terjadi sebelum cedera Van Dijk. Tidak semua alasan kurang valid, termasuk apa pun yang dikatakan Keane, tapi Liverpool memang belum dalam kondisi terbaiknya selama lebih dari setahun sekarang.

Ini mungkin hanya kelelahan, baik mental maupun fisik. Bagaimanapun Liverpool adalah tim yang mendekati puncak selama tiga tahun. Mereka mencapai final Liga Champions, kemudian menggapai gelar juara Liga Champions, gelar liga pertama Liga Premier dalam 30 tahun.

Inti tim saat ini tidak banyak mengalami perubahan. Apakah situasi ini berlaku dengan pepatah dari Bela Guttmann yang mengatakan biasanya tahun ketiga akan fatal. Tak hanya berlaku untuk pelatih, tapi juga para pemain.

Entropi adalah kutukan semua tim sepak bola dan Klopp mungkin menyadari hal itu ketika dia menandatangani Thiago Alcantara. Ada kritik bahwa dia memperlambat permainan, tetapi itulah intinya: membantu Liverpool melindungi penguasaan bola dan memenangkan pertandingan tanpa bermain terus-menerus dengan kecepatan penuh. Namun, integrasinya dengan tim berjalan tak mulus. Hanya sekali musim ini dia bisa memulai bersama Henderson dan Fabinho di lini tengah. Itu adalah pertandingan menentukan di Everton di mana Van Dijk cedera.

Apakah ini menjadi kebosanan, termasuk formasi 4-3-3 yang hampir konstan. Pasalnya, Klopp telah menyesuaikan tekanannya jauh lebih sedikit daripada, katakanlah, Pep Guardiola. Ketika berhasil, seperti saat melawan Tottenham, hasilnya masih bisa mengesankan, tapi kelelahan menghampiri mereka setelah itu.

Sebuah studi di Athletic pekan lalu mencatat, terlepas dari semua cedera, tujuh pemain Liverpool masih bermain 80% atau lebih musim ini. Yang lebih memprihatinkan adalah fakta bahwa berdasarkan menit yang dimainkan, Liverpool menjadi skuad tertua dalam sejarah Liga Premier.

Roberto Firmino berusia 29 tahun di bulan Oktober. Sadio Mane akan berusia 29 tahun pada bulan April dan Mohamed Salah pada bulan Juni. Secara individu, tidak ada yang memprihatinkan, tetapi bersatu menjadi tua bersama-sama adalah kekhawatiran, terutama ketika ini adalah musim keempat bersama. Takumi Minamino adalah upaya untuk menyegarkannya, tapi dia belum berhasil. Sementara Diogo Jota, yang telah menambahkan kehidupan baru, telah terluka sejak awal Desember.

Yang jelas, Liverpool tidak beruntung dengan cedera. Kemalangan itu telah menyoroti masalah mendasar dengan skuad yang mungkin baru saja melewati puncaknya.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 50%Lucu
  • 50%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network