Mengintip Harta Kekayaan Juergen Klopp dan Pendapatannya per Tahun

"Juergen Klopp tercatat sebagai salah satu pelatih dengan pendapatan terbesar di dunia sepak bola. Dikenal suka beramal."

Feature | 18 February 2021, 05:04
Mengintip Harta Kekayaan Juergen Klopp dan Pendapatannya per Tahun

Libero.id - Juergen Klopp memiliki sejarah gemilang sebagai pelatih top. Dia berhasil membawa tim berstatus biasa saja ke puncak dengan prestasi hebat. Karena itu, Klopp dianggap sebagai salah satu pelatih terhebat di dunia saat ini.

Karier melatih Klopp dimulai bersama Mainz 05, tim yang turut diperkuatnya sebagai pemain profesional. Klopp melatih tim Bundesliga itu tepat setelah pensiun pada 2001. Dengan segala capaiannya selama tujuh tahun melatih, Klopp kemudian direkrut Borussia Dortmund pada 2008. Seperti yang kita semua ketahui, karier kepelatihannya mulai melejit bersama Die Borussen.

Baru tiga tahun melatih Dortmund, Klopp berhasil mempersembahkan gelar Bundesliga 2010/2011. Dia merebut gelar itu dari sang penguasa, siapa lagi kalau bukan Bayern Muenchen. Sejak itu era persaingan baru di Bundesliga dimulai.

Musim berikutnya, Klopp sekali lagi membawa klub ke level lebih tinggi. Klopp memenangkan Bundesliga dan satu piala tambahan. Torehan itu menjadi gelar ganda domestik pertama bagi Dortmund sepanjang sejarah klub.

Setahun setelah gelar ganda itu, Dortmund mencapai final Liga Champions. Sayang, mereka gagal meraih supremasi tertinggi setelah dikalahkan Bayern. Piala Super Jerman edisi 2013 dan 2014 menjadi trofi terakhir Klopp bersama Die Borussen. Klopp kemudian menerima tantangan baru membesut Liverpool pada 2015.

Klopp dipuji banyak orang karena dianggap berhasil menghidupkan kembali kejayaan Liverpool, meski pelatih berpaspor Jerman itu sempat mengawali masa sulit di awal kariernya sebagai pelatih di Anfield. Liverpool finis kedelapan di liga musim itu, tapi Klopp dua kali membawa Jordan Henderson dkk ke partai final. The Reds dikalahkan Manchester City di final Piala Liga Inggris, dan menyerah dari Sevilla di final Liga Europa.

Sejak saat itu, jalan kesuksesan Klopp bersama Liverpool mulai terbuka lebar. Mereka finis keempat musim 2016/2017. Posisi itu membawa The Reds berhak kembali ke Liga Champions musim berikutnya. Musim 2017/2018, Liverpool finis di urutan keempat lagi. Walau begitu, mereka menggapai capaian terbaik hingga final Liga Champions pertama sejak 2007. The Reds gagal menjadi juara setelah dikalahkan 3-1 oleh Real Madrid.

Klopp tak mau menyerah, dan hasil dari kesabaran yang dibarengi kerja keras itu dipetik musim berikutnya. Dia memenangkan gelar paling didambakan di Eropa setelah Liverpool membawa pulang Liga Champions 2019/2020, atau setahun setelah kalah di final dari Madrid. Paling emosional ketika Liverpool dinobatkan sebagai jawara Liga Premier, trofi yang didambakan mereka selama penantian 30 tahun.

Capaian itu membuat kita layak mengajukan pertanyaan mengenai keberlangsungan Klopp di Anfield. Kira-kira berapa uang yang dia hasilkan selama menjabat? Atau, lebih spesifik dari mana saja sumber pendapatan Klopp selain melatih?

Tak kalah penting, apakah Klopp adalah seorang dermawan? Dan, kemana uang-uang itu dia salurkan? Apakah untuk kesenangan duniawi atau ada orientasi kebaikan? Anda akan mengetahuinya setelah membaca tulisan ini.

Menghitung Gaji Juergen Klopp

Klopp saat ini tercatat sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi kedua di dunia sepak bola, tepat di belakang Antonio Conte bersama Inter Milan, dan di depan Carlo Ancelotti dari Everton. Lantas berapa penghasilan Klopp? Di Liverpool, Klopp menghasilkan sekitar 10,5 juta pounds (Rp 204 miliar) per tahun. Gajinya saat ini meningkat cukup besar ketimbang saat dirinya melatih Dortmund, di mana saat itu Klopp hanya menghasilkan 4 juta pounds per tahun.

Pendapatan Klopp meningkat secara signifikan, terutama setelah mengantarkan gelar Liga Champions dan Liga Premier dalam satu periode. Pemasukan Klopp ditaksir terus berlangsung hingga kontraknya di Liverpool habis pada 2024.

Kesepakatan sponsorship apa yang dimiliki Klopp?

Klopp telah terlibat dalam berbagai kampanye pemasaran selama bertahun-tahun, yang saat ini mencakup kesepakatan dengan Snickers, VR-Bank, Opel, Erdinger, dan Deutsche Vermogensberatung. Dia menghasilkan 6,7 juta pounds (Rp 130 miliar) per tahun dari pendapatan sponsor.

Pada Agustus 2020, Klopp menandatangani kesepakatan komersial eksklusif dengan Adidas. Kesepakatan itu menjadikannya sebagai salah satu dari dua pelatih yang menandatangani kontrak dengan apparel olahraga terkemuka tersebut.

Pekerjaan amal apa yang telah dilakukan Klopp?

Klopp sangat terkenal atas upaya filantropisnya selama bertahun-tahun. Pada 2018, Klopp mendonasikan 4.000 pounds dari gajinya untuk menolong pasien kanker. Klopp juga berpartisipasi dalam pertandingan sepak bola amal yang diprakarsai James Milner 'A Match for Cancer'.

Klopp juga terlibat aktif dalam acara Yayasan Liverpool, yang mencakup beberapa kunjungan rumah sakit bersama skuad utama Liverpool. Klopp juga menjadi duta besar untuk kampanye anti-rasisme Jerman yang dikenal sebagai 'Respekt!'. Hormat yang tinggi untuk Jurgen Klopp.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

    Artikel Pilihan


    Daun Media Network