Langka! 5 Kiper Liga Premier ini Pernah Cetak Gol ke Gawang Lawan

"Tidak banyak kiper yang sanggup menjebol jala lawannya. Baru ada 5 kiper sepanjang sejarah Liga Premier."

Feature | 21 February 2021, 11:52
Langka! 5 Kiper Liga Premier ini Pernah Cetak Gol ke Gawang Lawan

Libero.id - Gol yang dicetak oleh penjaga gawang adalah peristiwa langka di pertandingan sepakbola. Tapi, bukan berarti tidak pernah terjadi. Sejarah mencatat, ada sejumlah kiper yang pernah mencetak gol ke gawang lawannya. Contohnya, di Liga Premier.

Kiper menghabiskan sebagian besar pertandingan di area penalti tim mereka sendiri. Sangat tidak biasa bagi seorang penjaga gawang untuk bergerak jauh melampaui area penalti timnya dan bergabung dengan para penyerang. Sebab, hal ini membuat pertahanan rentan terhadap usaha tendangan jarak jauh yang dilakukan pemain lawan.

Penjaga gawang paling produktif adalah mereka yang melakukan penalti atau tendangan bebas. Kesempatan lain terjadi saat mencetak gol dari tendangan bebas, sepak pojok, atau tendangan gawang dari jarak hampir 100 meter.

Hingga hari ini, rekor gol terbanyak oleh kiper masih dipegang Rogerio Ceni dari Brasil, dengan 131 gol. Sementara rekor gol terjauh dihasilkan Tom King, ketika mencetak gol dari tendangan gawang saat membela Newport County melawan Cheltenham Town pada 19 Januari 2021. Jaraknya, 96,01 meter.

Ada lagi rekor Jose Luis Chilavert sebagai penjaga gawang kedua yang mencetak hattrick dengan 3 penalti untuk Velez Sarsfield dalam kemenangan 6-1 melawan Ferro Carril Oeste di Liga Primera Argentina.

Untuk Liga Premier, tidak banyak kiper yang sanggup menjebol jala lawannya. Sejarah mencatat, baru ada 5 penjaga gawang yang memiliki kemampuan mencetak gol. Berikut ini 5 kiper yang dimaksud:


1. Peter Schmeichel (Aston Villa) vs Everton 2001

Libero.id

Kredit: twitter.com/premierleague

Peter Schmeichel dikenal sebagai Legenda Manchester United. Dia sudah bermain di Old Trafford sejak edisi perdana Liga Premier hingga The Red Devils mendapatkan treble winners bersejarah pada 1998/1999. Selama eranya di MU, Schmeichel adalah kiper yang sangat sulit ditembus pemain-pemain depan lawan.

Tapi, mantan penjaga gawang tim nasional Denmark tersebut justru punya rekor unik yang tidak diciptakan bersama MU. Catatan tersebut lahir bersama klub keduanya di Inggris, Aston Villa.

Schmeichel kembali ke Inggris dengan Aston Villa pada transfer window musim panas 2001 setelah menghabiskan 1 musim di Sporting Lisbon. Dia menandatangani kontrak 1 tahun dengan opsi perpanjangan 1 tahun. Kemudian, pada 20 Oktober 2001, Schmeichel menjadi penjaga gawang pertama yang mencetak gol Liga Premier, dalam kekalahan 2-3 dari Everton.

Gol itu lahir dari skema tendangan sudut. Bola lambung yang memantul saat terjadi perebutan justru mencapai kaki Schmeichel. Tanpa ragu dia langsung menendang ke gawang Everton.


2. Brad Friedel (Blackburn) vs Charlton 2004

Brad Friedel didatangkan Blackburn Rovers oleh Graeme Souness dengan status bebas transfer pada November 2000 setelah izin kerja didapatkan. Bermain sejak pertengahan musim 2000/2001, penampilan Friedel yang secara konsisten membantu memastikan kembalinya Blackburn Liga Premier.

Penampilan Friedel yang tak terlupakan untuk Blackburn termasuk bermain melawan Tottenham Hotspur di Final Piala Liga pada awal 2002. Lalu, saat kemenangan 2-1 atas Arsenal di Highbury, Friedel melakukan beberapa penyelamatan besar dan hanya dikalahkan oleh tendangan bebas yang dibelokkan.

"Friedel pasti sudah berganti pakaian di kotak telepon. Saya tidak akan terkejut jika ketika dia melepas bajunya ada jersey biru dengan huruf S (Superman)," puji mantan pelatih Southampton, Gordon Strachan, saat timnya bertemu Blackburn, dilansir BBC Sport.

Namun, dari semua aksi tak terlupakan Friedel tercipta pada 21 Februari 2004. Dalam pertandingan melawan Charlton Athletic, kiper asal Amerika Serikat (AS) itu mencetak gol dari permainan terbuka pada menit 90. Gol dari tendangan sudut itu menyamakan kedudukan 2-2. Tapi, beberapa detik kemudian Charlton mencetak gol lagi melalui Claus Jensen untuk memenangkan pertandingan 3-2.


3. Paul Robinson (Tottenham) vs Watford 2007

Paul Robinson sempat menjadi langganan tim nasional Inggris dan ikut serta di Euro 2004 dan Piala Dunia 2006. Dia juga bermain bagi sebagai penjaga gawang di sejumlah klub Liga Premier. Salah satu yang cukup dikenang ketika berseragam Tottenham Hotspur.

Robinson ditransfer Spurs pada Mei 2004 dengan 1,5 juta pounds. Setelah membuat debut melawan Liverpool, dia selanjutnya membuat 36 penampilan Liga Premier 2004/2005.

Dua musim berikutnya, peran Robinson semakin penting. Dia bermain di semua 76 pertandingan liga yang dilaksanakan Tottenham. Bahkan, pertandingan melawan Watford di White Hart Lane, 17 Maret 2007, terus dikenang suporter hingga hari ini. Saat itu, Robinson mengambil tendangan bebas dari jarak 87 m dari gawang lawan. Tanpa diduga Ben Foster, bola melambung di kepalanya sebelum masuk ke gawang The Hornets.


4. Tim Howard (Everton) vs Bolton 2012

Libero.id

Kredit: twitter.com/everton

Beda dengan pesepakbola lain yang akan merayakan gol, Tim Howard memilih dingin ketika menjebol jala Bolton Wanderers dari jarak hampir 100 meter. Bola sepakan bebas kiper AS itu melambung tinggi dan jauh melewati kepala Adam Bogdan sebelum menjebol jala Bolton.

"Itu kejam. Anda melihat pemain belakang merangkak dan penjaga gawang tidak bisa mempercayai bola sepanjang itu melaju kencang. Dia ada di belakang (tertinggal) satu langkah salah dan itu bisa menjadi mimpi buruk," ucap Howard setelah pertandingan, dilansir The Guardian.

"Untuk itu, saya kecewa dari sudut pandang persatuan penjaga gawang. Anda tidak pernah ingin melihat itu terjadi. Itu tidak baik. Itu memalukan. Jadi saya merasakannya untuk Adam. Jika itu menimpa saya, saya harus segera melupakannya," tambah kiper berkepala plontos itu.

Sepanjang kariernya di Inggris, Howard pernah membela Manchester United. Sebelumnya, dia menghabiskan karier di AS bersama North Jersey Imperials, New York/New Jersey MetroStars, hingga MLS Pro-40. Setelah meninggalkan Inggris, dia sempat memperkuat Colorado Rapids dan sekarang bermain untuk Memphis 901 di USL Championship.


5. Asmir Begovic (Stoke City) vs Southampton 2013

Saat ini Asmir Begovic masih aktif bermain sepakbola. Penjaga gawang asal Bosnia-Herzegovina tersebut sedang dipinjamkan Bournemouth ke AC Milan setelah pada musim sebelumnya berada di Azerbaijan untuk FC Qarabag.

Selama di Inggris, Begovic memperkuat sejumlah tim. Selain Bournemouth, dia pernah berseragam Portsmouth, Macclesfield Town, Yeovil Town, Ipswich Town, Stoke City, hingga Chelsea. Begovic juga sempat berkelana hingga Belgia ketika menjadi pemain pinjaman di La Louviere pada 2005.

Ada satu kisah unik di Stoke yang dikenang hingga hari ini. Pada 2 November 2013, Begovic mencetak gol setelah 13 detik melawan Southampton dari jarak hampir 100 meter. Gol lambung sepakan Begovic melambung jauh menipu Artur Boruc dan menjebol jala Soton dengan sempurna. Guinness World Records 2015 memasukkan gol itu dalam catatan rekornya.

Uniknya, sama seperti Howard, Begovic juga menolak melakukan selebrasi. Alasannya sama. "Perasaan saya senang. Tapi, itu insiden yang tidak menguntungkan (untuk kiper lawan). Saya merasa tidak enak kepada Boruc. Ini adalah bola panjang yang terjebak dalam angin dan mengambil pantulan yang buruk," ujar Begovic, dikutip BBC Sport.

"Tidak menyenangkan berada di sisi saya sebagai penjaga gawang. Itu tidak membuat saya sebagai seorang penjaga gawang yang terlihat bagus. Jadi, setelah itu saya tidak ingin merayakannya untuk menghormati dia," pungkas Begovic.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network