Di Mana Mereka? Starting XI Laga Terakhir Rashford dengan Man United U-21

"Sepertinya baru 5 tahun lalu mereka disebut bakat-bakat hebat. Namun demikian hanya dua yang sanggup bertahan masuk ke Manchester United senior."

Feature | 23 February 2021, 01:02
Di Mana Mereka? Starting XI Laga Terakhir Rashford dengan Man United U-21

Libero.id - Pada 20 Februari 2016 atau 5 hari sebelum membela Manchester United di Liga Eropa dan mencetak 2 gol, Marcus Rashford masih tampil dengan tim U-21 ketika dikalahkan Manchester City 0-1. Apa kabarnya pemain-pemain itu sekarang?

Sejarah ditorehkan Rashford pada 25 Februari 2016. Saat itu, dia dimasukkan dalam skuad 18 orang untuk babak 32 besar Liga Eropa leg kedua melawan klub Denmark, Midtjylland. Tidak ada pilihan untuk memanggil Rashford karena MU sedang krisis cedera pemain yang membuat 13 orang menepi.

Ketika Anthony Martial ikut cedera dalam pemanasan, Rashford dipilih untuk memulai permainan. Hebat! Dia menandai debutnya di tim utama dengan 2 gol di babak kedua dalam kemenangan 5-1. Itu membuat Rashford menjadi pencetak gol termuda MU di kompetisi Eropa, mengalahkan rekor George Best. Rekor itu baru dipecahkan Mason Greenwood pada musim 2019/2020.

Setelah pertandingan itu, Rashford tidak kembali lagi ke tim U-21. Dia justru melakukan debut Liga Premier melawan Arsenal, 3 hari kemudian. Rashford kembali mencetak 2 gol dan memberikan bantuan untuk gol lainnya dalam kemenangan 3-2. Itu membuatnya menjadi pencetak gol termuda ketiga untuk MU di Liga Premier setelah Federico Macheda dan Danny Welbeck.

Sebaliknya, rekan-rekan Rashford di starting line-up tim U-21 saat itu masih tetap bermain seperti biasa hingga akhir musim 2015/2016. Setelah itu, ada yang masih bertahan. Tapi, beberapa nama lainnya mencoba peruntungan di tempat lain. Ada yang berhasil. Banyak pula yang gagal.

Lalu, bagaimana kabar mereka sekarang? Berikut ini penelusurannya:


GK: Joel Pereira

Libero.id

Kredit: instagram.com/joelpereira1

Salah satu dari dua pemain dari starting XI yang masih eksis di MU hingga saat ini adalah Joel Pereira. Tapi, beda dengan Rashford, kiper asal Portugal tersebut telah dipinjamkan ke 6 klub berbeda sejak musim 2015/2016 berakhir. Dia main di Rochdale, Belenenses, Vitoria Setubal, Kortrijk, dan Hearts of Midlothian.


RB: Sadiq El Fitouri

Full back keturunan Libya, Sadiq El Fitouri, menghabiskan masa mudanya dengan tur ke Northwest. Dia dulu di Akademi Man City, lalu Salford City, lalu MU, lalu bergabung dengan Chesterfield. Sempat pula di Salford City. Tapi dia tidak cukup berhasil di mana pun di Inggris sehingga pindah ke Al Ahli Tripoli di Libya pada 2017 sebelum gagal di Rumania. Sejauh ini, dia tidak memiliki klub.


CB: Ro-Shaun Williams

Bek tengah yang cepat, Ro-Shaun Williams tumbuh sebagai penggemar MU dari Whalley Range dan dia telah tampil untuk Inggris di level junior. Meski baru berusia 16 tahun pada awal musim, Williams menjadi starter reguler untuk U-21 selama 2015/2016. Dia meninggalkan MU pada 2019 untuk bergabung dengan Shrewsbury di League One dan bermain hingga sekarang.


CB: Timothy Fosu-Mensah

Salah satu penyintas musim 2015/2016 di MU U-21 adalah Timothy Fosu-Mensah. Dia juga melakukan debut seniornya di pertandingan Liga Premier bersamaan dengan Rashford, yaitu saat melawan Arsenal. Dia juga sempat masuk ke skuad senior Belanda pada 2017 dalam usia 19 tahun.

Tapi, Fosu-Mensah sepertinya kesulitan mendapatkan menit bermain di tim utama MU. Masa peminjaman di Crystal Palace dan Fulham dijalani Fosu-Mensah. MU sempat melakukan perpanjangan kontrak 1 tahun pada April 2020 sebelum kemudian menjual Fosu-Mensah ke Bayer Leverkusen pada Januari 2021.


LB: Joe Riley

Libero.id

Kredit: instagram.com/joeriley49

Berposisi sebagai full back, Joe Riley juga membuat debut di hari yang sama dengan Rashford saat mengalahkan Midtjylland 5-1. Tapi, nasib keduanya berbeda. Riley telah berada di League Two bersama Bradford City sejak 2018. Tapi, klub melepasnya musim panas 2020. Sekarang, dia memperkuat Carlisle United.


CM: Devonte Redmond

Selama musim 2015/2016, gelandang jangkung, Devonte Redmond, adalah pencetak penampilan terbanyak untuk MU U-21. Tapi, dia tidak pernah mencapai tim utama. Setelah waktu yang singkat di Salford City, dia sekarang bermain untuk Wrexham di National League (kompetisi level 5).


CM: Matty Willock

MU melihat cukup potensi dalam diri Matty Willock. Saudara Joe Willock dari Arsenal itu kemudian dipinjamkan ke Utrecht, St Johnstone, St Mirren, Crawley. Kemudian, pada 2019, dia pindah dengan status bebas transfer ke tim League One, Gillingham. Tapi, dia harus puas dengan bangku cadangan.


RW: Joe Rothwell

Salah satu anggota tim U-21 yang lebih tua, Joe Rothwell. Dia jarang tampil pada musim 2015/2016. Dia pindah ke Oxford United pada musim panas 2016 dan tampil mengesankan selama 2 musim di League One. Pada usia 26, dia sekarang menjadi pemain reguler Blackburn Rovers di Championship Division.


AM:  Marcus Rashford

Libero.id

Kredit: instagram.com/marcusrashford

Tidak ada yang perlu dijelaskan. Semuanya sudah jelas karena Rashford menjadi pemain paling sukses di generasi itu. Dia tetap menjadi tulang punggung MU, meski berganti-ganti pelatih sejak era Sir Alex Ferguson berakhir.


LW: James Weir

James Weir kelahiran Preston dan menjadi kapten MU U-21 selama musim itu. Dia bermain lebih banyak dari pemain lainnya. Seperti Fosu-Mensah, dia juga melakukan debut seniornya dalam kemenangan 3-2 melawan Arsenal. Tapi, Weir secara sukarela meninggalkan MU tak lama kemudian, pada musim panas 2016.

Dia bergabung dengan Hull City. Kemudian di Liga Premier. Tapi, gagal membuat pengaruh sebelum bergabung dengan Wigan Athletic dengan status pinjaman dan kemudian Bolton Wanderers. Sekarang, pemain berusia 25 tahun itu pindah ke FK Pohronie di Slovakia. Dia mencetak 5 gol dalam 16 penampilan musim ini.

"Melihat teman anda tumbuh dengan mendapatkan peluang memacu semua orang dan mengangkat atmosfer. Kita semua sadar bahwa di MU semua akan mendapatkan peluang. Tapi, untuk melihatnya benar-benar terjadi itu hebat," kata Weir saat itu, kepada Manchester Evening News.


FW: Will Keane

Setelah menghabiskan 4 periode dengan status pinjaman, Will Keane berusia 23 tahun ketika MU U-21 gagal mengalahkan Man City. Keane meninggalkan MU pada musim panas 2016. Setelah sempat bersama Ipswich Town di League One, dia sekarang berada di Wigan Athletic.


Sub: Scott McTominay

Libero.id

Kredit: instagram.com/scottmctominay

Scott McTominay yang berusia 18 tahun nyaris tidak tampil untuk U-21 pada 4 tahun lalu. Tapi, dia sekarang diantara gelandang paling penting MU era Ole Gunnar Solskjaer.


Sub: Demitri Mitchell

Mitchell hanya membuat satu penampilan senior untuk MU, yaitu pertandingan terakhir musim 2016/2017 di bawah Jose Mourinho. Bek sayap ini juga pernah dua kali dipinjamkan dengan Hearts of Midlothian. Tapi, dia absen sepanjang musim 2019/2020 karena cedera lutut. Sekarang, Mitchell ada di Blackpool bersama mantan Pelatih Liverpool U-23, Neil Critchley.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network