8 Generasi Muda Garuda Berkarier di Luar Negeri, 5 Membela Klub Eropa

"Muda, bertalenta, dan ingin menguji diri di luar negeri, itulah potret terkini generasi penerus sepak bola Indonesia."

Feature | 23 February 2021, 09:28
8 Generasi Muda Garuda Berkarier di Luar Negeri, 5 Membela Klub Eropa

Libero.id - Muda, bertalenta, dan ingin menguji diri di luar negeri, itulah potret terkini generasi penerus sepak bola Indonesia, mereka semakin sering bepergian dan ingin membuktikan bahwa Indonesia tak cuman negara kepulauan luas yang kosong.

Jadi, siapakah anak-anak muda yang ambisius ini, di mana mereka bermain, dan harapan seperti apa yang harus atau minimal pantas untuk kita harapkan?

Bergabunglah dengan-AFC.com, situs resmi induk federasi sepak bola Asia itu menampilkan profil delapan pemain Indonesia yang kini berkiprah di luar negeri, rata-rata dari mereka berusia 21 tahun atau lebih muda lagi.
 
Lima diantara mereka berbasis di Eropa dan tiga lainnya di Asia, mari kita lihat pemain mana yang memiliki potensi terbesar:

1. Witan Sulaeman

Usia: 19 tahun
Klub: FK Radnik, Serbia
Bergabung: Februari 2020

Salah satu bintang dalam Kejuaraan AFC U-19. Pemain yang biasa beroperasi sebagai gelandang serang atau pemain sayap kelahiran Palu itu mencetak tiga gol di turnamen tersebut, dan itu ia lakukan hanya beberapa minggu setelah berusia 17 tahun. Sebelum itu, Witan telah mempersembahkan gelar ASEAN U-22 dan perak SEA Games untuk timnas Indonesia.

Bakatnya dilirik oleh klub liga Serbia yakni Radnik Surdulica pada Februari 2020, dan sejauh ini ia baru tampil dua kali di kompetisi tersebut. Keduanya pada Juni tahun lalu.

Tapi tenang, Witan memiliki cukup waktu untuk berkembang lebih jauh di liga yang menampilkan pemain seperti Takuma Asano itu. Selamat berjuang Witan.

2. Bagus Kahfi

Libero.id

Kredit: instagram.com/baguskahfiii

Usia: 19 Tahun
Klub: FC Utrecht, Belanda
Bergabung: Februari 2021

Bagus Kahfi bergabung dengan klub Belanda FC Utrecht kurang dari satu bulan yang lalu, dan saudara kembar Bagas Kafa ini akan memulai dari level junior.

Bagus adalah pencetak gol yang produktif di berbagai level umur, ia telah mengemas lebih dari 20 gol untuk Garuda Muda.

Bagus merupakan alumni yang menonjol dari program 'Garuda Select' Indonesia, sebuah tim yang dikirim untuk berlatih dan bertanding dengan klub-klub hebat di Inggris.

Di bawah asuhan mantan bintang Chelsea Dennis Wise, Bagus Kahfi telah mencuri perhatian banyak pihak dan dengan segala yang telah Bagus catatkan, tentu kita bisa bilang dia adalah prospek yang sangat baik.

3. Asnawi Mangkualam

Usia: 21 Tahun
Klub: Ansan Greeners, Republik Korea
Bergabung: Januari 2021

Asnawi memainkan peran penting dalam kemenangan PSM Makassar di Piala Indonesia 2019, Asnawi juga sudah mencatatkan debut untuk timnas senior sewaktu masih berusia 17 tahun, saat Indonesia melawan Myanmar empat tahun lalu.

Di level klub, ia sudah tampil 50 kali untuk PSM, termasuk tampil di Piala AFC. Dan tibalah masanya, pemian yang berposisi full-back itu, pada bulan lalu menandatangani kontrak dengan klub divisi kedua liga Korea yakni Ansan Greeners.

4. Egy Maulana Vikri

Usia: 20 Tahun
Klub: Lechia Gdansk, Polandia
Bergabung: Juli 2018

Eggy merupakan top skorer dalam Turnamen Toulon Prancis. Itu bukan sembarang turnamen, sebab banyak pemain hebat merupakan jebolan dari turnamen tersebut. Misalnya saja Cristiano Ronaldo.

Putra asli Medan yang memiliki nama lengkap Egy Mauala Vikri ini telah memastikan bergabung dengan ke tim papan atas liga Polandia yakni Lechia Gdansk.

Egy bermain sebagai pemain sayap atau gelandang serang, aksi-aksinya kerap memukau dan bahkan dianggap memiliki kesamaan dengan Lionel Messi.

Dalam beberapa kesempatan, Eggy tampil untuk skuat utama Lechia, termasuk saat klub itu memenangkan Piala Super Polandia pada tahun 2019.

Meski belum mendapat menit bermain reguler di level senior, kerja keras dan bakat yang ditunjukkan Eggy di level junior Lechia Gdansk patut untuk diapresiasi.

5. Elkan Baggott

Usia: 18 Tahun
Klub: Ipswich Town, Inggris
Bergabung: April 2019

Elkan Baggott adalah pemain yang telah menarik minat besar meskipun usianya masih muda 18 tahun. Berbeda dari pemain Indonesia lainnya dalam daftar ini, sebab Elkan telah tinggal sejak masa kanak-kanak di Eropa, dia merupakan produk akademi Ipswich Town,

Putra dari seorang ibu Indonesia dan ayah berkebangsaan Inggris ini memiliki postur tubuh tinggi menjulang, sebagai bek tengah Elkan mengidolai Virgil van Dijk dan Rio Ferdinand dan ia hanya tinggal membuktikan kecintaannya pada Indonesia dengan cara berprestasi di klub itu. Dan tak sungkan bila dipanggil untuk membela Indonesia.

6. Brylian Aldama

Libero.id

Kredit: instagram.com/brylianaldamaa

Usia: 18 Tahun
Klub: HNK Rijeka, Kroasia
Bergabung: Januari 2021

Salah satu bagian paling penting dalam skuad 'Garuda Select', dan baru akan berusia 19 tahun akhir bulan ini, dialah Brylian Aldama yang menyebrang dari Persebaya Surabaya untuk kemudian menyelesaikan kesepakatan dengan tim papan atas Kroasia , HNK Rijeka pada bulan lalu.

Brylian Aldama merupakan gelandang tengah yang berkelas, itu terbukti ketika dia selalu menjadi starter di setiap pertandingan saat Indonesia mencapai perempat final di Kejuaraan AFC U-16 pada 2018 yang lewat.

Diketahui, HNK Rijeka merupakan mantan klub striker Persija Jakarta dan timnas junior Kroasia yakni Marko Simic.

Di negeri Luka Modric itu, Brylian akan memulai di level yunior dan berharap bisa naik ke skuad senior. Melihat kemampuannya, Brylian hanya perlu bekerja lebih keras dan sedikit sabar.

7. Syahrian Abimanyu

Usia: 21
Klub: Newcastle Jets, Australia (pinjaman)
Bergabung: Februari 2021


Setelah bergabung dengan juara Malaysia Johor Darul Ta'zim pada Desember 2020, gelandang yang menjanjikan ini sekarang dipinjamkan ke Newcastle Jets, salah satu klub di Australia.

Dengan begitu, boleh dikatakan cepat atau lambat Syahrian Abimanyu menjadi pemain Indonesia murni pertama yang bakal tampil di A-League Australia.

Sebelumnya ada Sergio van Dijk, striker naturalisasi Indonesia yang pernah bermain untuk Brisbane Roar dan Adelaide United, tapi dia bukan Indonesia tulen.

Para penggemar tak sabar lagi untuk menyaksikan bakat dan kehebatannya di atas rumput lapangan Stadion McDonald Jones (kandang Newcastle Jets).

8. Todd Rivaldo Ferre

Libero.id

Kredit: instagram.com/rivaldoferre46_

Usia: 21 Tahun
Klub: Lampang FC, Thailand (pinjaman)
Bergabung: Desember 2020

Dan belum lengkap rasanya jika belum menyebut nama Todd Rivaldo Ferre, gelandang serang mungil yang menjadi sorotan karena mencetak hat-trick memukau dari bangku cadangan saat Indonesia melawan Qatar di Kejuaraan AFC U-19 pada tahun 2018.

Selepas dari timnas junior, pemuda asli Jayapura itu mulai membintangi klub lokal Persipura, dan muncul sebagai Pemain Muda Terbaik Liga 1 musim 2019/20, di tahun yang sama ia membantu Indonesia meraih gelar AFF U-22.

Dengan kabar tutup bukunya Persipura, Ferre kini melangkah lebih jauh, ia telah bergabung dengan Lampang FC, klub divisi kedua Liga Thailand dan Todd Feree kabarnya telah melakukan debut sebagai pemain pengganti pada hari Minggu yang lewat.

Demi penggemar Lampang dan masyarakat Indonesia berharap, atas dasar kecepatan dan kelincahannya, semoga debut itu merupakan awal dari kecemerlangan karier Todd Ferre.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network