10 Pemain Glasgow Rangers Terbaik Sepanjang Masa

"Sejak dilatih oleh Steven Gerrard pada 2018 lalu, Rangers perlahan tapi pasti mulai mengembalikan nama besar mereka."

Feature | 26 February 2021, 11:54
10 Pemain Glasgow Rangers Terbaik Sepanjang Masa

Libero.id - Sejak dilatih oleh Steven Gerrard pada 2018 lalu, Rangers perlahan tapi pasti mulai mengembalikan nama besar mereka, tidak hanya di Scottish Premiership, tetapi juga di pentas eropa. Di musim ini, James Tavernier dan kawan-kawan suskes memenangkan 14 pertandingan di kompetisi domestik atau 100 % kemenangan. Di ajang Liga Eropa, The Gers juga masih menjaga asa untuk bisa berbicara banyak di eropa setelah memenangkan pertandingan melawan Antwerp dengan skor 4-3 dua hari yang lalu (19/02/21).

Namun jika berbicara Glasgow Rangers, sebenarnya salah satu klub tersukses di Skotlandia itu memiliki sejumlah pemain hebat yang berperan dalam masa kejayaan mereka 25 tahun silam dan penting untuk melihat siapa saja sosok terbaik tersebut yang mungkin kini menjadi inspirasi kebangkitan The Gers.

Dilansir dari bleacherreport.com, berikut 10 pemain Rangers terbaik sepanjang masa:

1.Ally McCoist

Dengan total 355 gol di semua kompetisi bersama Glasgow Rangers, wajar pria Skotlandia itu dianggap sebagai salah satu striker paling ditakuti di Eropa.

Selama 15 tahun masa jabatannya di Gers, McCoist berperan penting dalam 19 gelar domestik yang diraih mereka. Pencapaian puncaknya adalah memenangkan penghargaan Sepatu Emas Eropa pada tahun 1992 dan 1993, menjadi orang Skotlandia pertama yang melakukannya, fantastis.

2.Andy Goram

Merupaka jebolan akademi West Bromwich Albion, Andy Goram adalah salah satu yang terbaik dalam urusan menghalau bola ke gawang Rangers. Nama Goram lebih dikenal pada tahun 90-an. Pemain internasional Skotlandia itu mendapat julukan "The Goalie" dan pada tahun 2012 ia terpilih sebagai penjaga gawang terbaik tim, meskipun ada persaingan ketat dari penggantinya Stefan Klos.

Penjaga gawang kelahiran Bury itu bermain 185 kali untuk Teddy Bears, dan ia juga sempat bermain sebentar di Manchester United, tepatnya di tahun 2001.


3.Jorg Albertz

"The Iceman" bisa dibilang salah satu anak kesayangan para pendukung Rangers. Gelandang Jerman itu tiba dengan harga 4 juta Poundsterling pada tahun 1996 dari Hamburger SV. Dan selama lima tahun bertugas di Skotlandia, ia memenangkan banyak hati pendukung The Blues dengan tendangan bebasnya yang khas, selain itu ia juga sangat terampil dalam mengatur lini tengah. Pada tahun 2001, pemain dengan 3 caps bersama timnas Jerman itu meninggalkan Ibrox Stadium karena ia tidak disukai oleh manajer saat itu, Dick Advocaat.


4.Ian Durrant

Selama 13 tahun membela Rangers, peman internasional Skotlandia itu telah membuat hampir 250 penampilan dan memainkan peran utam dalam semifinal Liga Champions musim 1992/93.

Durrant meninggalkan klub pada tahun 1998, tetapi sekali lagi bergabung dengan Gers pada tahun 2007 untuk mengambil posisi sebagai pelatih tim utama.

5.Barry Ferguson

Merupakan jebolan asli akademi Rangers, Barry Ferguson adalah pemain yang akan selalu dikenang jasanya.

Antara tahun 1997 dan 2003, pemuda Skotlandia itu banyak mendapatkan pujian dari para kritikus, pendukung dan pemain, dan ia diangkat sebagai kapten tim pada usia 22 tahun. Ferguson juga memenangkan Writers' Player of the Year Award sebanyak dua kali dalam tiga tahun.

Namun, setelah musim yang mengecewakan di Blackburn Rovers, Ferguson kembali pada tahun 2006 untuk tiga tahun lagi dan, secara keseluruhan, membuat lebih dari 300 penampilan untuk Rangers. Mantan pemain blackpool itu  juga membuat 82 penampilan di kompetisi Eropa bersama Rangers, yang membuatnya menjadi pemegang rekor penampilan Eropa di klub tersebut.

6.Richard Gough

Richard Gough akan tercatat dalam buku sejarah sebagai orang Skotlandia pertama (meski ia lahir di Swedia) yang dijual dengan harga lebih dari 1 juta Poundsterling, ketika ia menandatangani kontrak dengan Gers pada tahun 1987.

Bek tengah dengan tinggi badan semapai itu kemudian menjadi kapten dalam perjalanan meraih gelar liga berturut-turut yang dikenal dengan nama " Nine in a Row " dan selama dekade yang ia habiskan di Ibrox, Gough telah memainkan hampir 300 pertandingan untuk tim. Gough juga menjadi pemain reguler di tim nasional Skotlandia serta mengemas 61 caps untuk negaranya.

7.Brian Laudrup

Saudara dari Michael Laudrup itu adalah pemain asing yang paling terkenal yang pernah bermain untuk The Blues.

Pemain Denmark itu menikmati empat tahun yang sukses di Rangers, bermain lebih dari 100 kali dan mencetak 33 gol, termasuk penampilannya yang luar biasa di Final Piala Skotlandia 1996 di mana ia mencetak dua gol dan membuat tiga assist. Dalam karir yang cemerlang, Laudrup juga pernah bermain untuk Bayern Munich, AC Milan, Fiorentina dan Chelsea sebelum pensiun pada tahun 2000 bersama Ajax.

8.Jim Baxter

Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Skotlandia, Jim Baxter juga dapat dihitung sebagai salah satu pemain terbaik Rangers untuk pencapaiannya yang luar biasa di era 60-an.

Pemain yang dijuluki "Slim Jim" itu bergabung dengan klub pada tahun 1960 seharga 17.500 Poundsterling dari Raith Rovers, sebuah rekor pada saat itu, dan memenangkan 10 trofi dalam lima tahun yang dihabiskannya di Skotlandia. Sayangnya, pengaruh minuman dan perjudian merampas kariernya dan ia pensiun pada usia 31 tahun.

9.Davie Cooper

Ruud Gullit pernah menyebut Davie Cooper sebagai pemain terhebat yang pernah ia lawan dan menamainya di XI Terbesar di majalah Four Four Two.

Pemain sayap kiri Skotlandia bermain 377 kali untuk Rangers selama 12 tahun disana dan golnya melawan Celtic di Final Piala Dryburgh 1979 dianggap oleh beberapa orang sebagai gol terbesar sepanjang masa. Mantan manajer Rangers Walter Smith pernah berujar bahwa "Tuhan memberi Davie Cooper sebuah bakat. Dia tidak akan kecewa dengan bagaimana itu digunakan."

10.John Greig

Meski berposisi sebagai seorang pemain bertahan, John Greig yang selama 15 tahun berada di Ibrox Stadium adalah salah satu pemain terbaik The gers, dimana dalam 755 penampilan di semua kompetisi ia sukss mencetak 120 gol.

Greig juga menjadi kapten tim ketika mereka memenangkan satu-satunya kehormatan Eropa mereka hingga saat ini, Piala Winners Eropa 1972, mengalahkan Dynamo Moscow 3-2 di Barcelona. Sikap bertahan dan sikap pantang menyerah Greig mengokohkan tempatnya sebagai salah satu pemain Rangers terhebat yang pernah ada.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Rangers FC


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network