Kenalkan! Vivianne Miedema, Striker Paling Ditakuti di Liga Wanita Inggris

Biografi | 07 March 2021, 11:10
Kenalkan! Vivianne Miedema, Striker Paling Ditakuti di Liga Wanita Inggris
Vivianne Miedema. Kredit: instagram.com/viviannemiedema

"Saking hebatnya sampai usia 14 dia bergabung dengan tim laki-laki sampai kemudian diminta memilih."

Libero.id - Jika di Liga Premier Arsenal adalah klub medioker, kondisi berbeda  terjadi Liga Super Wanita (WSL). The Ladies Gunners memegang rekor 15 piala kompetisi kasta tertinggi Inggris dengan yang terbaru pada 2018/2019. Salah satunya berkat Vivianne Miedema.

Berkebangsaan Belanda, pemilik nama lengkap Anna Margaretha Marina Astrid Miedema itu lahir dan dibesarkan di Hoogeveen. Miedema tumbuh dengan budaya sepakbola. Bersama ayah dan adik laki-lakinya, Lars, Miedema sering melakukan perjalanan 190 km dari Hoogeveen ke Rotterdam untuk menonton Feyenoord. 

Pada usia 5 tahun, dia mulai bermain klub di kampung halamannya, HZVV. Ingatan pertama wanita kelahiran 15 Juli 1996 itu saat bermain sepakbola melibatkan dua gigi depannya yang ditendang oleh penjaga gawang lawan pada usia 6 tahun. Miedema adalah pencetak gol jempolan dan bermain di tim laki-laki. 

Lalu, setelah beberapa tahun bermain untuk HZVV, Miedema bergabung dengan VV De Weide pada 2009 dan menetap sampai 2011. Pada usia 14 tahun Miedema diminta membuat keputusan untuk beralih bermain ke liga wanita atau tetap bermain dengan tim pria.

Ketika keputusan harus dibuat, Miedema mendapatkan tawaran dari Heerenveen. Dia menandatangani kontrak profesional pertama saat berusia 14 tahun dan langsung bermain di Vrouwen Eredivisie 2011/2012.

Miedema membuat debut senior pada usia 15 tahun saat pertandingan melawan FC Utrecht pada 2 September 2011. Saat itu, dia menjadi pemain termuda yang tampil di Liga Wanita Belanda.  Dia mencetak 10 gol dalam 17 pertandingan untuk Heerenveen sepanjang musim debutnya.

Karier Miedema terus meroket di musim-musim selanjutnya. Pada transfer window musim panas 2014, dia menandatangani kontrak 3 tahun dengan Bayern Muenchen di Frauen-Bundesliga. Selama musim 2014/2015, dia menjadi bagian dari tim yang tak terkalahkan di Bundesliga dan memenangkan gelar untuk pertama kalinya sejak 1976. 

Miedema sempat tidak bahagia selama 3 bulan pertamanya di Jerman karena tidak bisa Bahasa Jerman. Tapi, pelan dan pasti dia mampu menyelesaikan kontrak 3 tahunnya dengan gemilang. Dia bermain 78 kali semua ajang dan mencetak 58 gol plus 2 trofi Bundesliga.

Kehebatan Miedema berlanjut ke tim nasional. Bersama Belanda U-19, dia membantu mempersembahkan Euro Wanita U-19 2014. Lalu, bersama skuad senior, Miedema mengantarkan Belanda menjuarai Euro Wanita 2017. Belanda mengalahkan Denmark dan Miedema mencetak 4 gol sepanjang turnamen.

Berkat performa di kompetisi antarnegara Benua Biru plus aksi memukau bersama Bayern, Miedema ditransfer ke Inggris untuk memperkuat Arsenal. Meski tawaran juga datang dari Liga Sepakbola Wanita Amerika Serikat (NWSL) yang terkenal, Miedema memilih Arsenal. Alasannya, Robin van Persie.

Sebagai pendukung Feyenoord, Miedema terinspirasi dengan Van Persie. Tapi, karena dia bermain untuk Bayern dan mengenakan jersey nomor 10, banyak yang menyebutnya sebagai Arjen Robben versi wanita. 

Namun, jurnalis yang menulis buku tentang sepakbola Belanda, David Winner, justru melihat gaya permainan Miedema sebagai campuran dari Marco van Basten dan Dennis Bergkamp. Dia menggambarkan Miedema sebagai pencetak gol yang intensif dan produktif. 

"Dia mencetak gol dengan kaki kiri dan kanannya. Kepalanya. Dia menentukan gol. Bagi saya, dia hanyalah striker yang lengkap. Dia yang terbaik saat ini. Dia selalu menjadi ancaman, tidak peduli di menit apa pertandingan itu. Saya pikir gerakannya sangat pintar dan kemampuan finishing yang fenomenal. Ketika dia di depan gawang, dia sangat tenang," kata mantan striker Arsenal, Kelly Smith, dikutip Yahoo Sports.

Pujian juga datang dari mantan pemain Swedia, Nilla Fischer. Dia menggambarkan Miedema sebagai pemain yang cerdas dan pintar. "Dia benar-benar mencoba untuk pergi ke titik buta anda dan kemudian bergerak ketika anda tidak siap," ucap Fischer, dilansir The New York Times.

Uniknya, pada 2019, Miedema pernah mengatakan bahwa dirinya lebih seperti gelandang serang daripada penyerang. "Saya tahu saya memiliki kualitas mencetak gol. Tapi, saya suka mengatur orang. Saya suka menjatuhkan dan mengambil bola serta melihat apakah saya bisa mengirim seseorang melewati gawang," ungkap Miedema kepada The Guardian.

Bukti kehebatan Miedema terlihat nyata di Arsenal. Pada musim debut (2017/2018), dia membantu The Ladies Gunners menjuarai Piala FA Wanita setelah mengalahkan Manchester City 1-0. Satu-satunya gol di laga itu diciptakan Miedema. 

Semusim berselang Miedema membawa Arsenal juara WSL. Itu gelar liga pertama mereka setelah 7 musim. Musim itu juga diakhiri Miedema dengan 22 gol alias menjadi pencetak gol terbanyak. Dia mengalahkan bintang Inggris milik Man City, Nikita Parris, yang hanya mampu mencetak 19 gol. 

Meski pada 2019/2020 Arsenal kehilangan gelar juara, Miedema tetap tajam. Dia mengakhiri musim lalu dengan mempertahankan status topskor. Miedema mencetak 16 gol dan membiarkan Bethany England (Chelsea) mengemas 14 gol. Di musim yang sama, Miedema juga menjadi topskor di Liga Champions Wanita dengan 10 gol.

Untuk WSL 2020/2021, Miedema juga tetap garang. Dari 15 laga, Arsenal memang masih tertahan di posisi 4 dengan tertinggal 12 poin dari sang pemuncak klasemen, Chelsea. Tapi, dia sudah memproduksi 13 gol atau lebih baik 2 gol dari Sam Kerr dan Fran Kirby (Chelsea).

Kehebatan Miedema mencetak gol bukan hanya dihasilkan bersama klub. Ketika membela Belanda, dia juga menjadi penjebol jala lawan yang jempolan. 

Bahkan, pada 15 Juni 2019, Miedema menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa tim wanita Belanda setelah mencetak gol ke-60 dalam kemenangan 3-1 melawan Kamerun di Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis. Dia memecahkan rekor Manon Melis.

Pada turnamen di Prancis itu, Miedema memimpin Belanda ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah. Pada akhirnya, mereka ke final sebelum dikalahkan AS.

"Jika anda ada di Piala Dunia (Wanita) dan mencetak gol, anda akan senang. Jika anda ada di Piala Dunia (Wanita) dan membuat rekor, anda harus sedikit gila. Sebab, semua orang akan membicarakan anda. Anda tahu itu akan datang sehingga saya bangga hal itu terjadi," ungkap Miedema saat itu, di situs resmi FIFA.

Hingga hari ini, Miedema telah memiliki 71 gol dari 93 pertandingan internasional bersama Belanda. Jumlah itu berarti jauh meninggalkan 50 gol milik Van Persie di sektor pria.

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Wanita Seksi Anak Pesepakbola dan Manager Sepakbola

Klasemen