10 Rekor yang Bisa Dipecahkan Lionel Messi pada 2021

"Messi bisa menjadi pemain pertama yang mencetak sembilan hattrick Liga Champions. Masih ada 9 rekor lainnya yang bisa dipecahkan."

Feature | 08 March 2021, 13:10
10 Rekor yang Bisa Dipecahkan Lionel Messi pada 2021

Libero.id - Bersama Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang menghiasi permainan indah di dunia sepak bola.

Salah satu hal yang sangat diingat dari Lionel Messi adalah dirinya telah memainkan seluruh kariernya bersama Barcelona. Pemain asal Argentina itu mencetak banyak gol dan memenangkan penghargaan dan gelar di sepanjang perjalanan kariernya.

Selain sebagai pemain yang sukses mencetak gol terbanyak di Barcelona dan La Liga sepanjang masa, La Pulga telah mencapai beberapa pencapaian luar biasa musim ini. Bahkan, dia menjalani salah satu penampilannya yang tidak biasa.

Untuk itu, mari kita lihat sepuluh rekor yang bisa dipecahkan Messi sebelum musim ini berakhir.

Sepuluh Rekor yang Bisa Diraih Lionel Messi Musim ini

Setelah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bersama satu klub, Messi dapat mencapai beberapa pencapaian lagi bersama klub dan negaranya pada 2021. Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat sepuluh di antaranya, tanpa urutan tertentu.


# 1. Menjadi pemain pertama yang mencetak 20 gol liga dalam 13 penampilannya secara berturut-turut.

Messi adalah salah satu dari dua pemain yang telah mencetak 20 gol liga dalam 12 musim kompetisi papan atas berturut-turut, pesaingnya tentu saja rival abadinya Cristiano Ronaldo.

Namun, pemain bertubuh mungil itu bisa menjadi yang pertama melakukannya dalam 13 musim berturut-turut jika dia mencetak gol lagi dalam kampanye La Liga 2020/2021.

Gol liga paling sedikit yang dia torehkan selama periode ini adalah 23 gol yang dia alami di musim 2008/2009. Setelah itu, dia mengumpulkan rekor 50 gol tiga musim kemudian.

# 2. Pemain kedua yang mencetak 50 gol di babak sistem gugur Liga Champions

Hanya Cristiano Ronaldo (67) yang mencetak lebih dari Lionel Messi (48) di babak sistem gugur Liga Champions. Namun, pencetak gol paling produktif kedua dalam sejarah tersebut sangat mungkin menggeser posisi rival abadinya tersebut.

Messi dapat mencapai angka 50 gol jika dia mencetak setidaknya dua gol dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar saat Barcelona dijamu PSG pekan depan.

Blaugrana membuntuti juara Prancis dengan skor 1-4 setelah kekalahan telak di Camp Nou. Situasi itu membuat Barcelona membutuhkan kapten andalan mereka untuk menciptakan perubahan haluan dalam hasil pertandingan selanjutnya agar tetap meraih kemenangan, meskipun hal tersebut dinilai mustahil.

# 3. Menjadi pemain pertama yang mencetak sembilan hattrick Liga Champions

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masing-masing mencetak rekor delapan hattrick di Liga Champions. Kini, keduanya memiliki kesempatan menjadi pemain pertama yang mencetak sembilan kali hattrick di ajang prestisius tersebut.

Ronaldo punya kesempatan pertama karena Juventus memainkan leg kedua babak 16 besar sehari sebelum Barcelona memainkan leg kedua mereka.

Namun, jika pemain Portugal itu gagal melakukannya, Messi bisa menorehkan rekor di Paris, di mana dirinya akan tercatat sebagai pemain paling banyak mencetak hattrick di kompetisi tersebut.

# 4. Memenangkan penghargaan El Pichichi kedelapan

Di antara banyak rekor La Liga yang diukir oleh superstar sepak bola. Ya, Messi memiliki penghargaan Pichichi terbanyak (pencetak gol terbanyak dalam satu musim La Liga) dalam sejarah kompetisi.

Musim lalu, Lionel Messi memutuskan hubungan dengan Telmo Zarra (6) untuk mengklaim rekor ini untuk dirinya sendiri. Meskipun awal yang lambat dalam penampilannya saat ini, pemain berusia 33 tahun ini memimpin daftar pencetak gol La Liga dengan 19 gol.

Jika dia terus melakukannya hingga akhir musim, Messi akan memenangkan penghargaan Pichichi kedelapan sekaligus memperpanjang rekor dan melanjutkan cengkeraman empat tahun dari penghargaan yang didambakan itu.

# 5. Pemain pertama yang mencetak gol dalam 18 musim La Liga berturut-turut

Libero.id

Lionel Messi

Messi adalah satu-satunya pemain dalam sejarah La Liga yang mencetak gol dalam 17 musim berturut-turut. Pemain Argentina itu tidak pernah gagal mencetak gol dalam kompetisi tersebut sejak debutnya di La Liga pada 2004/2005.

Alumnus Newell's Old Boys itu memiliki rekor 463 gol di kompetisi tersebut, sebuah penghitungan yang bisa meningkat sebelum akhir musim yang sedang berlangsung.

Jika Messi memilih untuk bertahan di Barcelona setelah musim panas, dia bisa menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 18 musim berturut-turut di La Liga.

# 6. Pemain pertama yang mencetak gol dalam 17 musim Liga Champions berturut-turut

Musim ini, Lionel Messi menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 16 musim Liga Champions berturut-turut, sebuah rekor yang kemudian ditiru oleh pemain Prancis, Karim Benzema.

Sejak gagal mencetak gol dalam satu-satunya pertandingan Liga Champions pada 2004/2005, Messi selalu mencetak gol di setiap edisi kompetisi sepak bola Benua Eropa tersebut.

Terlepas dari apakah dia akan terus bertahan di Barcelona, Messi bisa menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 17 musim berturut-turut di kompetisi itu akhir musim ini.

Fakta itu akan membuat La Pulga menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam 17 kampanye di Liga Champions. Rekor itu saat ini masih dia bagi dengan Benzema dan Ryan Giggs.

# 7. Assist terbanyak dalam sejarah Liga Champions

Lionel Messi telah mengoleksi 36 assist di Liga Champions, hanya tertinggal lima assist dari pemimpin sementara Cristiano Ronaldo.

Dengan asumsi rival bebuyutannya melambat dalam kategori assist musim ini, Messi bisa memiliki peluang mencatatkan rekor ini atas namanya. Namun, peluang ini bisa dikatakan masih jauh dalam bayangan La Pulga.

# 8. Pemain kelima yang membuat 150 penampilan Liga Champions

Dengan 148 penampilan di Liga Champions (penyisihan grup hingga final), Messi berada di urutan kelima dalam daftar pembuat penampilan terbanyak sepanjang masa di kompetisi tersebut.

La Pulga sejauh ini tertinggal dua pertandingan lagi untuk menjadi pemain kelima yang memainkan 150 pertandingan dalam kompetisi tersebut. Mimpi itu dapat terlaksana apabila El Barca dapat membalikkan defisit ketertinggalan mereka, 1-4, dari PSG pada leg kedua nanti.

# 9. Pemain dengan penampilan terbanyak untuk Argentina


Dengan 71 gol, Messi adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Argentina. Namun, La Pulga (142 laga) belum menjadi pencetak rekor penampilan terbanyak bersama negaranya. Javier Mascherano (147) dan Javier Zanetti (143) berada di depan Messi saat ini.

Namun, dengan turnamen Copa America yang segera berlangsung dan beberapa Kualifikasi Piala Dunia 2022, Messi berada di jalur yang tepat untuk menyalip Mascherano dan menjadi pemain Albiceleste dengan penampilan terbanyak tahun ini.

# 10. Memenangkan penghargaan Ballon d'Or ketujuh

Libero.id

Lionel Messi

Messi memenangkan penghargaan Ballon d'Or keenam pada 2019, sekaligus mengakhiri rivalitas La Pulga dengan pesaing terhebatnya, Ronaldo, di tanah Spanyol.

Messi sebenarnya menjalani musim yang sangat mengecewakan musim ini, tapi dia telah kembali menunjukkan tanda-tanda kebangkitan beberapa pertandingan terakhir.

Jika dia menghasilkan prestasi gemilang hingga akhir musim ini dan melakukannya dengan baik di Copa America bersama Argentina, Messi bisa memenangkan penghargaan Ballon d'Or ketujuh yang dapat memperpanjang rekornya tahun ini.

Saat ini, dia bukan kandidat utama meraih penghargaan tersebut. Tapi, banyak hal dapat berubah seiring berjalannya waktu. Kita lihat saja mampukah La Pulga merealisasikannya!

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network