Selamat Ulang Tahun!

Di Mana Mereka? Starting XI Glasgow Rangers Saat Juara 2010/2011

"Selain sempat bangkrut dan harus memulai dari kasta terbawah, Teddy Bears terakhir kali juara pada 2010/2011."

Feature | 10 March 2021, 08:28
Di Mana Mereka? Starting XI Glasgow Rangers Saat Juara 2010/2011

Libero.id - Kegembiraan pendukung dan anggota skuad Glasgow Rangers saat memastikan menjuarai Liga Premier Skotlandia 2020/2021 sangat beralasan. Selain sempat bangkrut dan harus memulai dari kasta terbawah, Teddy Bears terakhir kali juara pada 2010/2011.

Sepuluh tahun lalu, Rangers juga tampil sebagus saat ini. Berstatus juara bertahan 2008/2009 dan 2009/2010, para penghuni Ibrox Park mengatasi Glasgow Celtic di klasemen akhir dengan keunggulan 1 poin. Rangers memastikan trofi di pekan terakhir setelah mengalahkan Kilmarnock 5-1.

Rangers sangat beruntung saat menjuarai Liga Premier Skotlandia ketika itu. Pasalnya, dari 4 pertemuan dengan Celtic, hasilnya kurang bagus. Mereka menang 1 kali, imbang 1 kali, dan kalah 2 kali. Tapi, Celtic tidak terlalu beruntung karena cukup banyak bermain imbang (5 kali), meski hanya kalah 4 kali. Sementara Rangers kalah 5 kali, tapi hanya imbang 3 kali.

Lalu, bagaimana kabar starting line-up Rangers saat itu setelah 10 tahun berselang? Berikut ini ceritanya:


GK: Allan McGregor

Libero.id

Kredit: instagram.com/greegsy1

Usia sekarang: 39 tahun

Karier saat ini: Glasgow Rangers

Kiper veteran Skotlandia itu sangat diperlukan pada 2010/2011 dengan eksploitasi cekatannya menghasilkan 22 clean sheets, termasuk satu kali melawan Celtic dengan 5 pertandingan tersisa. Dia menyelamatkan penalti Georgios Samaras untuk membuat skor 0-0 pada April, yang berperan besar pada gelar Rangers.

Terlepas dari kepahlawanan di lapangan, McGregor tidak asing dengan kontroversi. Pada 2009, penjaga gawang kelahiran Edinburgh itu dilarang mewakili Skotlandia karena perannya dalamskandal Boozegate bersama Barry Ferguson. Duo ini terlibat dalam sesi minum dini hari saat akan membela Skotlandia. Insiden itu terjadi tepat setelah kekalahan melawan Belanda di Kualifikasi Piala Dunia 2010.

Setelah terungkap, mereka kembali berulah dengan menunjukkan isyarat tangan vulgar kepada media. Asosiasi Sepakbola Skotlandia (SFA) lalu memberikan hukuman seumur hidup.

Namun, setelah penunjukan Craig Levein sebagai pelatih baru, McGregor diperkenalkan kembali ke timnas dan kemudian memenangkan penghargaan Scottish Sports Writers International Player of the Year award for 2010/2011 atau hanya 2 tahun setelah Boozegate.

Sempat meninggalkan Rangers pada 2012, McGregor kembali pada 2018. Oleh Steven Gerrard, dia tetap diberi porsi lebih musim ini, meski terkadang harus bergantian dengan  Jon McLaughlin.


RB: Steven Whittaker

Usia sekarang: 36 tahun

Karier saat ini: Dunfermline Athletic

Steven Whittaker adalah obat sempurna untuk kepergian Alan Hutton ke Tottenham Hotspur pada 2008. Beralih dari peran bek kiri ke bek kanan, dia bermain lebih baik di posisi barunya.

Tapi, seperti McGregor dan banyak pemain lainnya, Whittaker hanya menghabiskan satu musim lagi dengan Rangers setelah kemenangan pada 2010/2011. Dia pindah ke Norwich City pada 2012. Tapi, kombinasi dari masalah cedera, bangku cadangan, prestasi The Canaries membuat Whittaker menghilang.

Pada usia 36 tahun, Whittaker sekarang memperkuat Dunfermline Athletic di kasta kedua kompetisi Skotlandia.


CB: David Weir

Usia sekarang: 50 tahun

Karier saat ini: Brighton and Hove Albion (pelatih akademi)

Kata veteran sering didefinisikan secara bias. Tapi, pada 2010/2011 David Weir adalah definisi sebenarnya dari bek tengah berpengalaman. Dia membimbing Rangers ke gelar juara liga ketiganya pada usia 41 tahun.

Setelah pensiun pada 2012, Weir langsung melatih Sheffield United. Tapi, hanya bertahan 1 musim. Sejak itu dia bekerja di Brentford, Rangers, dan Nottingham Forest di bawah Mark Warburton. Dia sekarang tercatat sebagai anggota staf pelatih di Akademi Brighton and Hove Albion dengan tugas mengelola pemain muda yang dipinjamkan ke klub lain.


CB: Madjid Bougherra

Libero.id

Kredit: instagram.com/bougherramadjid

Usia sekarang: 38 tahun

Karier saat ini: Aljazair A (pelatih)

Mitra sentral Weir di jantung pertahanan adalah Madjid Bougherra dari Aljazair. Dia meninggalkan Rangers pada musim panas yang sama setelah menolak perpanjangan kontrak. Kemudian, bergabung dengan tim Qatar, Lekhwiya, pada 2012 sebelum pindah ke Al-Fujairah di Uni Emirat Arab dan kemudian Aris di Yunani dan pensiun pada 2016.

Bougherra adalah pemain lain yang tugasnya di Ibrox akan dikenang lebih dari sekadar eksploitasi pertahanannya. Dia menikmati beberapa pertandingan yang tak terlupakan, terutama di Eropa. Dia mencetak gol solo run pada debut Liga Champions melawan VfB Stuttgart dan menjadi man of the match saat bermain imbang dengan Manchester United.

Dia juga dianugerahi penghargaan PFA Scotland Goal of the Season atas usahanya dalam menghancurkan Dundee United 7-1 pada  Desember 2009. Dan, tentu saja, dia meninggalkan bekas dalam pertandingan Old Firm, menerima denda dari SFA karena menghina wasit, Callum Murray.

Sekarang, Bougherra kembali ke negara asalnya. Dia menjadi pelatih Ajazair A. Itu adalah tim cadangan yang terdiri dari pemain-pemain dari liga lokal yang tugasnya bermain di kompetisi regional sekelas Piala Afrika.


LB: Sasa Papac

Usia sekarang: 41 tahun

Karier saat ini: pensiun

Sasa Papac adalah bek kiri asal Bosnia-Herzegovina, yang bermain 6 tahun di Ibrox Park sebelum cedera pangkal paha memaksanya pensiun pada awal 2012. Awalnya, diambil oleh Paul Le Guen sebagai bek tengah. Lalu, dipindahkan ke full-back di bawah Alan Smith dan segera tampil mengesankan plus memainkan peran kunci dalam perjalanan klub ke final Piala UEFA 2007/2008.

Setelah pensiun, Papac menjadi direktur olahraga di Zeljeznicar Sarajevo. Tapi, pada 27 Mei 2018 berhenti untuk mengerjakan hal lain yang tidak jauh dari sepakbola, yaitu mengurus SSB di kampung halamannya.


RW: Steven Naismith

Usia sekarang: 34 tahun

Karier saat ini: Hearts of Middlothian

Di musim perebutan gelar, Steven Naismith menikmati kampanye paling produktifnya dengan seragam Rangers. Dia mencetak 11 gol di liga, yang segera membuatnya mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Klub dan Pemain Terbaik 2010/2011.

Pertunjukan eksplosif Naismith di Skotlandia menarik perhatian Everton, yang mengontraknya pada 2012. Di sana, dia mengumpulkan 123 penampilan dan mengesankan para pendukung di Goodison Park dengan permainan sayapnya yang tajam. Dia juga salah satu dari 31 pemain yang mencetak hattrick sempurna di Liga Premier.

Setelah Everton, Naismith bergabung dengan Norwich City sebelum kembali ke Skotlandia untuk memperkuat Hearts of Middlothian. Sayang, musim lalu timnya menderita degradasi setelah kompetisi berakhir lebih awal karena Covid-19.


CM: Steven Davis

Libero.id

Kredit: instagram.com/s_davis_8

Usia sekarang: 36 tahun

Karier saat ini: Glasgow Rangers

Gelandang energik adalah jimat Rangers sepanjang 2010/2011. Dia juga meninggalkan klub pada 2012, bergabung dengan Southampton, dan membentuk reputasi yang tangguh di bawah Mauricio Pochettino. Dia menikmati 6 musim penuh sebagai pemain reguler untuk The Saints, membantu klub ke final Piala Liga 2016/2017, sebelum kembali ke Rangers secara permanen pada 2019.

Pemain Irlandia Utara itu tampil cemerlang selama tugas pertamanya di klub, memainkan peran kunci dalam perjalanan ke final Piala UEFA 2008, serta meraih Pemain Terbaik 2010 versi PFA Skotlandia.

Setelah 10 tahun, David kembali mengangkat trofi Liga Premier Skotlandia dengan perintah yang berasal dari Gerrard.


CM: Maurice Edu

Usia sekarang: 34 tahun

Karier saat ini: pensiun

Maurice Edu adalah kerabat yang tidak dikenal ketika  bergabung dari Toronto FC pada 2008. Tapi, pemain Amerika Serikat (AS) yang agresif itu segera menjadi detak jantung lini tengah Rangers.

Dia menikmati 4 tahun di Glasgow sebelum panggilan telepon dengan Juergen Klinsmann meyakinkan Tony Pulis untuk mengontraknya ke Stoke City pada 2012. Sayangnya dia tidak dapat memberikan pengaruh apa pun untuk The Potters dan hanya bertahan 2 musim dengan 1 penampilan.

Kemudian, Edu berkelana melintasi Atlantik kembali ke AS untuk bergabung dengan Philadelphia Union dan kemudian Bethlehem Steel sebelum mengundurkan diri pada 2017. Sekarang, dia menikmati hidupnya jauh dari sepakbola sebagai orang biasa di Negeri Paman Sam.


LW: Kyle Lafferty

Usia sekarang: 33 tahun

Karier saat ini: Kilmarnock

Setelah meninggalkan Rangers, Kyle Lafferty bermitra dengan Paulo Dybala di Palermo. Dia juga membuat hanya 1 penampilan untuk Norwich City di Liga Premier 2015/2016 sebelum kembali ke Rangers via Hearts pada 2018.

Tapi, setelah hanya satu musim dan lima gol, Lafferty telah meninggalkan Glasgow lagi. Dia bergabung dengan Sunderland, kemudian Reggina, dan sekarang dengan Kilmarnock.

Pemain asal Irlandia Utara ini telah mewakili 13 klub sepanjang karier. Tapi, hanya memenangkan trofi di Rangers dan Palermo (juara Serie B). "Lafferty dijual sebagai hasil dari permintaan yang tepat dari pelatih saya, Beppe Iachini," ujar Presiden Palermo, Maurizio Zamparini, kepada Radio 24 pada 2014.


FW: Nikica Jelavic

Usia sekarang: 35 tahun

Karier saat ini: pensiun

Meski hanya tampil 23 kali pada 2010/2011, Nikica Jelavic mencetak 16 gol dan menjadi topskor kedua klub. Secara total, dia mengantongi 36 gol dalam 56 pertandingan di Rangers, sebelum bergabung dengan Naismith di Merseyside dan kemudian ke Hull City serta West Ham United.

Pemain Kroasia itu terbukti kurang sukses di Liga Premier dan akhirnya mencari padang rumput baru dengan pindah ke China pada 2016 untuk membela Beijing Renhe dan Guizhou Zhicheng. Dia kembali ke Kroasia bersama Lokomotiva pada 2020 dan pensiun pada 2021.


FW: Kenny Miller

Libero.id

Kredit: instagram.com/millerkenny09

Usia sekarang: 41 tahun

Karier saat ini: Western Sydney Wanderers (asisten pelatih)

Selama masa kejayaannya, Kenny Miller adalah seorang yang terdefinisi secara klinis, memenangkan Sepatu Emas Liga Premier Skotlandia 2010/2011 dengan 21 gol, dan melakukannya dengan hanya membuat 18 penampilan.

Mantan pemain nasional Skotlandia itu pergi musim panas itu ke Bursaspor dan melanjutkan ke Cardiff City, Vancouver Whitecaps, dan kembali ke Rangers pada 2014. Dia secara resmi gantung sepatu musim panas lalu setelah berjuang bersama Partick Thistle.

Miller hanyalah salah satu dari segelintir pemain pemberani untuk mewakili Rangers dan Celtic. Dia menjadi pemain ketiga sejak Perang Dunia II yang telah bermain di Old Firm untuk kedua klub.


CADANGAN

Vladimir Weiss

Usia sekarang: 31 tahun

Karier saat ini: Slovan Bratislava

Dipinjam dari Manchester City, Vladimir Weiss adalah pemain sayap yang licik. Tapi, karena satu dan lain hal, banyak faktor yang tidak berhasil untuk pemain berusia 31 tahun itu saat di puncak karier. Sejak meninggalkan Etihad Stadium, dia pindah ke Pescara, Olympiakos, Lekhwiya, Al-Gharafa, dan sekarang di Slovan Bratislava.


John Fleck

Usia sekarang: 29 tahun

Karier saat ini: Sheffield United

John Fleck baru berusia 19 tahun ketika itu. Dia akan menjadi legenda Rangers jika klub tidak dipaksa turun kasta karena bangkrut. Dia bergabung dengan Coventry pada 2012. Sheffield United lalu mengamankan jasanya pada 2016 dan bertahan hingga hari ini.


El Hadji Diouf

Libero.id

Kredit: instagram.com/elhadji_diouf11_officiel

Usia sekarang: 40 tahun

Karier saat ini: pensiun

Penyerang lincah menghabiskan paruh kedua 2010/2011 dengan status pinjaman di Ibrox Park dari Blackburn Rovers. Setelah Skotlandia, mantan pemain Liverpool itu tampil untuk Doncaster, Leeds United, dan Sabah sebelum mengakhiri karier bermainnya pada 2015.


David Healy

Usia sekarang: 40 tahun

Karier saat ini: Linfield (pelatih)

David Healy adalah lulusan Manchester United dan bergabung dengan Diouf pada Januari 2011. Tapi, dia hanya tampil 8 kali dan mencetak 1 gol. Saat ini bertanggung jawab atas Linfield di Irlandia Utara.


James Beattie

Usia sekarang: 43 tahun

Karier saat ini: pensiun

James Beattie bergabung dengan Rangers pada 2010 setelah gagal di Stoke City. Dia diharapkan untuk tampil banyak. Tapi, kombinasi cedera dan kehilangan bentuk permainan membatasi dirinya untuk 7 penampilan. Dia akhirnya pergi ke Sheffield Utd sebelum bergabung dengan Accrington Stanley dan kemudian menjadi pelatih.

Beattie memimpin Stanley selama 58 pertandingan sebelum pergi pada 2014. Dia telah melatih di Birmingham City dan Sheffield Wednesday.




Hasil Pertandingan Rangers FC


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=cftVjjr7ZQA

Artikel Pilihan


Daun Media Network