Kisah Han Kwang-song, Pemain Asia Pertama di Juventus Pulang karena Sanksi PBB

"Hanya dalam waktu 1 pekan, Juventus untung 100% dari penjualan Kwan-song."

Biografi | 16 March 2021, 05:48
Kisah Han Kwang-song, Pemain Asia Pertama di Juventus Pulang karena Sanksi PBB

Libero.id - Beberapa tahun lalu, Han Kwang-song pernah mengejutkan komunitas sepakbola Asia. Penyebabnya, pemain Korea Utara tersebut bergabung dengan Cagliari di Serie A. Orang semakin terkejut karena sang penyerang kemudian dikontrak Juventus. Lalu, di mana dia sekarang?

Lahir di Pyongyang, 11 September 1998, Kwang-song kanak-kanak memulai bermain sepakbola ketika diterima bergabung dengan salah satu akademi terbaik di Korea Utara, Chobyong Sports Club.

Setelah tampil menonjol di akademi, Kwang-song dikirim Pemerintah Korea Utara untuk mencoba peruntungan di Italia. Pada Januari 2017 saat berusia 18 tahun, dia menjalani trial di Cagliari. Dia sukses meyakinkan para pelatih klub Sardinia itu sehingga mendapatkan kontrak di skuad Primavera.

Tidak butuh waktu lama bagi Kwang-song untuk mendapatkan kesempatan debut di Serie A. Pada 2 April 2017, dia tampil menggantikan Marco Sau pada menit 86, ketika Cagliari mengalahkan Palermo 3-1. Kwang-song menjadi orang Korea Utara pertama yang bermain di Serie A atau orang Korea ketiga setelah Ahn Jung-hwan (2000-2002) dan Lee Seung-woo (2017-2018).

Seminggu setelah debut, Kwang-song kembali bermain saat melawan Torino. Kali ini, dia ikut mencetak gol, meski Cagliari menyerah 2-3. Gol itu lahir 5 menit sebelum wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertarungan.

Berkat penampilan bagus tersebut, pada 13 April 2017, Kwang-song menandatangani perpanjangan kontrak untuk terus bermain dengan seragam Cagliari hingga 30 Juni 2022. Dia kemudian melanjutkan musim 2016/2017 dengan memainkan total 5 pertandingan Serie A dan mencetak 1 gol.

Memasuki musim baru, Cagliari memutuskan meminjamkan Kwang-song ke tim Serie B, Perugia. Di klub itluah Jung-hwan dulu bermain saat di Italia. Dia memulai debutnya untuk klub di pertandingan putaran ketiga Coppa Italia melawan Benevento, yang dimenangkan Perugia 4-0. Pada 27 Agustus 2017, Kwang-song mencetak hattrick pada debut Serie B dalam kemenangan 5-1 atas Virtus Entella.

Sebelum kembali ke Cagliari pada 1 Februari 2018, Kwang-song mencetak 7 gol untuk Perugia dari 17 pertandingan Serie B 2017/2018. Pertandingan pertama Kwang-song sebagai starter untuk Cagliari dan di Serie A terjadi pada 27 Februari dalam kekalahan 0-5 melawan Napoli.  Dia memainkan 7 laga pada 2017/2018.

Pada 15 Agustus 2018, Kwang-song bergabung kembali ke Perugia dengan status pinjaman. Awalnya, dia tidak dapat bermain karena cedera. Lalu, setelah sembuh, Kwang-song mencetak gol melawan Ascoli dalam kemenangan 3-0. Dia mengakhiri musim 2018/2019 dengan 4 gol dalam 20 pertandingan Serie B.

Mendengar ada pemain Asia yang tampil bagus di Serie B, Juventus datang ke Cagliari. Pada 2 September 2019, La Vecchia Signora meminjam Kwang-song dari Cagliari untuk durasi 2 tahun, dengan kewajiban membeli di akhir periode.

Tapi, Juventus adalah klub raksasa. Kwang-song kalah bersaing dan segera dipindahkan ke Juventus U-23, yang berkompetisi di Serie C. Kemudian, pada 26 Oktober 2019, Kwang-song dipanggil ke tim utama untuk laga Serie A melawan Lecce. Dia menjadi pemain Asia pertama yang merumput untuk Juventus.

Dengan memiliki 1 pertandingan biasa-biasa saja dengan tim utama Juventus, Kwang-song dikembalikan ke Juventus U-23. Dia menyelesaikan kompetisi dengan memproduksi 1 gol dan 2 assist dalam 20 penampilan Serie C.

Sadar tidak memiliki kemampuan, tapi bernilai jual tinggi, Juventus segera mempermanenkan status Kwang-song pada 2 Januari 2020. Mereka membeli sang pemain dari Cagliari dengan 3,5 juta. Tapi, 6 hari kemudian, Le Vecchia Signora menjual Kwang-song ke klub Qatar, Al-Duhail, dengan 7 juta euro. Gila! Hanya 1 pekan, Juventus untung 100%!

Kwang-song melakukan debut untuk Al-Duhail di semifinal Piala Qatar, 10 Januari 2020, dalam kemenangan 2-0 atas Al-Sailiya. Dia masuk sebagai pengganti Edmilson Junior pada menit 83. Lalu, dia membuat debut di Liga Qatar pada 24 Januari 2020, dengan kemenangan 3-1 atas Al-Arabi.

Gol pertama Kwang-song untuk Al-Duhail terjadi pada 6 Februari 2020. Dia memproduksi 2 gol melawan Muaither pada perempat final Piala Qatar dan timnya menang 4-0. Lalu, pada 11 Februari 2020, Kwang-song memulai debut di Liga Champions Asia (LCA) melawan Persepolis dan membantu timnya menang 2-0.

Sepanjang musim itu, Kwang-song mencetak 5 gol dalam 14 pertandingan domestik, dan memainkan 2 pertandingan LCA. Dia membantu timnya memenangkan Liga Qatar dan ditunjuk untuk mewakili tuan rumah di Piala Dunia Antarklub 2020, yang dimundurkan ke Februari 2021.
 
Akibat uji coba rudal nuklir Korea Utara, karier Kwang-song terhenti

Meski bermain bagus dan menjuarai Liga Qatar, Kwang-song justru tidak masuk skuad Piala Dunia Antarklub. Bahkan, kontraknya dihentikan sepihak pada akhir 2020. Al-Duhail dan Qatar tidak berani mempekerjakan Kwang-song karena sanksi PBB yang melarang perusahaan-perusahaan asing mempekerjakan orang Korea Utara sudah berlaku.

Sanksi itu dari Resolusi PBB No.2375, yang disahkan pada 11 September 2017. PBB membatasi impor minyak mentah dan produk minyak sulingan Korea Utara. Usaha patungan yang dilarang meliputi ekspor tekstil, kondensat gas alam, dan impor cairan. Mereka juga melarang warga negara Korea Utara bekerja di luar negeri di negara lain.

Ada lagi Resolusi PBB No.2397, yang disahkan pada 22 Desember 2017 setelah peluncuran rudal balistik antarbenua Hwasong-15. Di situ disebutkan repatriasi semua warga negara Korea Utara yang mendapatkan penghasilan di luar negeri dalam waktu 24 bulan.

Siaran The Voice of America (VOA) mengutip pakar sepakbola Italia, Marco Bagochi, menyebut Al-Duhail awalnya akan meminjamkan Kwang-song ke Selangor di Liga Super Malaysia. Tapi, otoritas di Malaysia mengintervensi proses itu sambil menunjukkan ada konsekuensi berat jika Selangor mempekerjakan Kwang-song.

Selanjutnya, tidak diketahui lagi nasib Kwang-song hingga hari ini. Bahkan, media-media olahraga Korea Selatan mencoba menghubungi agen Kwang-song. Tapi, selalu gagal. Kemungkinan besar Kwang-song kembali ke Korea Utara melalui China. Ada lagi rumor yang menyebut di masih di China untuk menjalani pemulihan cedera.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network